Misa Bersama Seluruh Sekolah Katolik

[Selasa, 24 November 2009]

Orang Muda Menggugah Dunia


JUMAT 20 November 2009 lalu ribuan kursi di bawah naungan terpal biru menyambut kami di SMA Kolese De Britto. Acara misa bersama seluruh sekolah Katolik di Jogja mulai SMP, SMA, dan SMK itu mempersatukan kami. Terlihat beberapa anak saling bertukar sapa dan lainnya hanya saling memandang dengan kikuk.
Kursi-kursi pun segera terisi saat suara gamelan mengalun merdu. Ternyata, gamelan itu dimainkan anak-anak SD Kanisius Sengkan. Walau baru diberi tahu 2 hari sebelum misa, penampilan mereka mampu menarik perhatian umat. Seketika suasana berubah khidmat saat lagu “Karena Cinta” dilantunkan. Meski lagu itu telah usai, petugas misa yang sudah siap sedari tadi tetap bergeming. Baru ketika bonang berkumandang, penari-penari dengan baju jingga melenggang menuju altar diikuti petugas misa.
Misa bertema “Orang Muda Menggugah Dunia” dilakukan dengan tujuan melibatkan orang muda dalam gereja sesuai nota pastoran 2009. Misa berjalan lancar meski terlambat 30 menit. Sekitar lima ribu pelajar se-kevikepan DIY hadir pada acara ini. Meski cuaca panas membuat teks misa berubah fungsi menjadi kipas, perkataan Romo selalu direspon baik. Bahkan saat Romo minta dua orang maju ke altar saat homili, wakil dari SMA Kolese De Britto dan SMA Pangudi Luhur dengan sigap maju. Tampaknya semua orang menikmati misa ini. Saat komuni, duo Maria Lea (SMA Stella Duce 1) dan Andrew (SMA Kolese De Britto) menyanyikan lagu “The Prayer” dengan sangat indah. Umat spontan menyambutnya dengan tepuk tangan meriah.
Setelah Romo memberi berkat di akhir Ekaristi, sebuah teater kolaborasi pelajar dari berbagai SMA bertema sama ditampilkan. Unsur tari dan musiknya begitu memikat, sehingga umat tetap duduk di kursinya hingga pemain terakhir turun dari panggung. (lila nathania-Stella duce1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja