Ekstra Kulikuler

(Senin, 27 April 2009)
Basket Keren, Musik Bikin Beken

NGGAK heran kalo Vicky dan Vita punya banyak fans di skulnya. Mereka juga cukup beken. Vicky yang kece (keren dan ceriwis) juga dikenal sebagai jagoan basket di skulnya. Apalagi tim skulnya sering jadi jawara. Sementara Vita adalah keyboardis kebanggaan band skulnya.
Ada nggak ya, temen–temen kita yang seasik dan seberuntung Vicky dan Vita? Pasti seneng banget deh punya bakat atau hobby yang bisa bikin kita berprestasi dan disuka banyak temen-temen di skul. Trus ekskul apa yang paling disuka en digandrungin ama responIn? Apakah ekskul yang digelutin Vicky dan Vita masih digandrungi? Ato ekskul yang diikutin Cristiano Ronaldo dan Anna Kournikova? he...he...he...
Mayoritas (40 persen) responIn milih basket sebagai ekskul favorit di skulnya, terus 30% milih musik. Meski disuka, tapi belum tentu diikutin loh. Buktinya meski 40% suka ama basket, tapi yang ikutan ekskul basket di skul cuma 36%, beda banget ama ekskul musik. Meski hanya disuka 30% responIn, tapi yang ikutan metik gitar, gedebukan di belakang drum, nggesek biola dan nyanyi ada 33,3%.
Seperti diutarakan Ryan Christyanto. Siswa kelas XII IA SMA Bopkri 1 Jogja itu juga tenar di skulnya gara–gara pernah dikirim ke Australia mewakili tim bola basket DBL (Deteksi Basketball League) melawan tim basket SMA di negeri kanguru. “Aku seneng banget bisa maen basket, apalagi pas jadi Champion DBL Radar Jogja 2008, trus dikirim ke Aussie, ampe susah banget ngungkapinnya,” kenang Ryan.
Beda lagi dengan Laurensius Dhion dari SMA Pangudi Luhur. Dia suka basket bukan karena menyalurkan bakat ato hobby, tapi sekadar pengen eksis aja. “Basket itu keren, so pasti banyak cewek yang suka. Jadi boleh donk numpang eksis dan keren lewat ekskul basket..ha..ha..ha..,” selorohnya sambil tertawa.
Bosen dengan basket, ato capek gara-gara basket? Jangan khawatir, khan masih banyak ekskul lain yang bisa dipilih dan diikutin. Contohnya ekskul musik yang juga digandrungi responIn. Katanya sih biar beken gitu, kali aja bisa punya band dan bisa manggung bareng ama Coldplay, Nidji ato Mulan Jamilah, jha..ha..ha…
“Aku suka maen musik, makanya ikut ekskul musik. Di ekskul aku niup recorder, coz dari kecil aku bisanya ya cuma maenin itu. Jadi kalo diitung-itung, sekarang aku mungkin udah grade master nya recorder kali ya, ha..ha..ha…” ujar Insan siswi kelas X SMA Negeri 9 Jogja.
Katanya, seru juga bisa maen alat tiup kayak recorder, setidaknya dia bisa nglatih pernafasan dan bisa ngasih nafas buatan bagi temen-temen yang membutuhkan. Ikut ekskul musik kayaknya nggak harus mahir maen alat musik. Buktinya Grecia Natalie Liem dari Santa Maria Jogja ikut ekskul musik tanpa bisa maen alat musik. Justru dengan ikut ekskul musik, Grecia berharap bisa maen semua alat musik. “Kalo bisa maen alat musik itu enak. Ada hiburan buat kita pas lagi sedih,“ ujar Grecia yang mulai mahir metik-metik senar.
Apapun alasan responIn emang slalu kita terima dengan lapang dada, mau jadi tempat nyalurin hobi, ajang cari jodoh, ampe numpang eksis, asal ekskul bisa bikin responIn lebih berprestasi dan bikin bangga sekolah, why not? (had)

------------------------------------------

Takut Mati Gaya, Ikutan Ekskul

BANYAK alasan responIn buat ikutan ekskul, mulai dari ajang penyaluran hobi, sekadar pengen eksis, pengen ngebanggain sekolah kalo ada lomba, ampe pengen dapet banyak temen. Semua itu udah dibuktiin ama pilihan responIn. Mayoritas (47,5 persen) responIn ngaku ikutan ekskul karena hobi. Sedangkan 20 persen responIn ikut ekskul karena cuma pengen ngisi waktu luang.
Itung-itung ngembangin kesenengan biar tambah oke lagi di bidang tertentu. Kayak yang diungkapin Jordie Rindra Wibowo dari SMA Negeri 8 Jogja. “Aku ikut basket karena sejak SMP udah suka basket. Jadi sayang kalo nggak dilanjutin. Sekalian biar tetep eksis juga diskul,” kata Jordie.
Dengan ikut ekskul, setidaknya banyak pengalaman dan ilmu yang bisa diperoleh, boring banget khan kalo di skul cuma belajar dan belajar. Nah ekskul bisa jadi tempat buat refreshing, nyalurin bakat ato hobby.
Biar nggak mati gaya, ada juga responIn yang ngisi waktu luangnya dengan ikutan ekskul. “Daripada ngelakuin kegiatan negatif, mending ikut ekskul. Udah ketauan dampak positifnya,” ujar Setyadi Eko Jati siswa kelas XI SMA Negeri 5 Jogja.
Soal manfaat, mayoritas (56 persen) responIn menilainya sebagai tempat untuk nyalurin hobi. Mereka nganggep ekskul bisa jadi tempat ngembangin diri. Terus 30 persen responIn menempatkan ekskul sebagai tambahan kegiatan di luar jam pelajaran.
“Setelah ikut ekskul, sekarang aku jadi kenal futsal. Padahal semula cuma iseng aja. Ya daripada mati gaya setelah pulang skul, mending maen futsal,” kata Arif. (sha)

------------------------------------------

IN TALK
Perbanyak Ragam Ekskul

Ekskul itu satu kegiatan yang wajib diikuti. Karena tiap siswa/i bisa mengembangkan bakatnya dari ekskul. Secara umum, ekskul harus diperbanyak pilihannya. Tapi selama ini ekskul hanya itu-itu saja. Kenapa diperbanyak? Mengingat perkembangan zaman yang menuntut SDM berkualitas dan memiliki keahlian tertentu. Maka sebaiknya pihak sekolah mulai memikirkan jenis-jenis ekstrakulikuler yang dapat berguna dan disenangi banyak siswa/i.
Sukses Risdiyanto Guru Bahasa Inggris SMA Budi Mulia 2 Jogja

------------------------------------------

IN-VOICE

Ikut ekskul, khususnya basket emang bener-bener asyik. Aku jadi seirng ikutan event di luar sekolah. Tapi skul tetep numero uno, prestasi harus seimbang, di skul berprestai, tapi di basket juga kudu berprestasi biar skulku makin oke!!
Camellus Julio CT kollese Debrtitto XI Bahasa


Ekskul itu nyalurin hobi, karena aku seneng banget futsal, he..he..he… Jadi harusnya sekolah juga harus ngasih fasilitas yang memadai. Selama ini sekolah dan temen–temen masih kurang care ama fasilitas ekskul yang ada.
M. Yudhistira SMAN 9 XII is


Ekskul buat nyalurin bakat, nyari temen, dan nambah wawasan en pengetahuan. Sekolah juga harus nambah tenaga pengajar dan fasilitas yang layak, biar ekskul di skul bisa lebih maju.
Paramitha SMA BOPKRI 1 XII Bahasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja