Tari Klasik Jogja

(Selasa, 28 April 2009)
Gemulainya Tari Klasik Jogja

NGGAK ada salahnya khan kalo sesekali kita nengok kekayaan budaya lokal yang mulai terkikis. Maksud Indikasi pengennya kita-kita juga peduli untuk melestarikannya. Karena sebenarnya ketika kita mulai kenal ternyata asyik juga.
Saat Indikasi ngedatengin sebuah sanggar tari klasik Jogja di kompleks Purawisata, ternyata asyik lho. Di tempat itu masih ada beberapa anak muda yang lagi lenggak lenggok gemulai. Ihhhh…bikin gemes deh…
Sanggar Tari Purawisata ini belum lama berdiri, sekitar awal Januari 2009 lalu. Meski baru, tapi pas Sekaten di Alun-Alun beberapa waktu lalu mereka udah berani mentas lho.
Katanya, sanggar ini dibentuknya karena pihak Purawisata pengen kasih alternatif baru. ‘’Alternatif lain di luar produk budaya Ballet Ramayana dan masih mengangkat kesenian rakyat yang hampir punah,’’ ujar Novianto, sekretaris sanggar tari Purawisata.
Menurut dia, nantinya di Purawisata nggak cuman ada Ballet Ramayana, tapi juga ada tari-tari klasik Jogja. ‘’Rencananya dikasih nama Java Grebek yang merupakan gabungan tari klasik dan tari garapan,’’ katanya.
Sedangkan di sanggar tari purawisata diajarkan beberapa jenis tari, seperti tari golek, tari surung dayung, kenyotinembe, asmorodono, ayun-ayun, dan lambang sari.
Yang ikutan di sanggar ini lumayan banyak. Minimal bakal tumbuh regenerasi penari-penari klasik Jawa, karena mereka dibagi dalam beberapa kelas. Kelas A untuk yang masih TK ampe kelas 2 SD, Kelas B dari SD kelas 3 ampe kelas 6. Kelas C dari SMP ampe mahasiswa. ‘’Masih ada Kelas D yang khusus untuk anak laki-laki kelas 3 SD sampe seterusnya.’’
Dan ternyata pesertanya juga nggak cuman dari seputaran Jogja lho. ‘’Aku bukan asli Jogja, tapi seneng mempelajari tari klasik Jogja. Ternyata nggak sulit, cuman kuncinya ada di keseriusan dan kerajinan saat berlatih. Pasti bias,’’ kesan Kidung Ardha Marsela salah satu anggota sanggar.
Sanggar tari ini dibuka untuk umum loh, jadi kalian semua bisa pada ikut belajar tari di sini. Kalo lulus ujian nanti bisa dapet sertifikat. Ada dua macam sertifikat, dari Purawisata dan kalo dah lulus ujian terakhir dapet sertifikat dari Dinas Pariwisata Indonesia. Waow, lumayan buat nambah daftar prestasi di CV kalian.
Jadi, kalo serius pengen belajar nari, gabung aja di Sanggar Tari Purawisata. So, kembangin truz seni budaya negara kita dan jangan sampe direbut ama negara lain. Oke? (eza)

Istilah-istilah :
Muryani busana : Berdandan atau berhias
Ngilo sampur : Ngaca
Embat-embat asta : Meluruskan tangan
Tasikan : Bedakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja