Cara Moega Tunggui Waktu Berbuka

[Selasa, 15 September 2009]
Ngabuburit, Bikin Pasar Kaget


NUNGGU saatnya buka puasa sambil ngadain acara bareng temen-temen itu asyik banget lho. Kayak yang dilakuin ama temen-temen dari SMA Muhammadiyah 3 (Moega) Jogja. Acara itu mereka adain selama tiga hari, dari 8 ampe10 September lalu. Acara itu dikasih nama Pasar Kaget Moega. Mereka adain di halaman sekolah. Meski digelar dengan sederhana, namun mereka cukup kompak untuk narik pengunjung buat ngicipin takjil kreasi temen-temen Moega.
“Ini ngelanjutin kesuksesan tahun kemarin. Jadi, tahun ini dibikin dengan target lebih sukses dari tahun sebelumnya,” terang Neni Adityanti yang njabat Ketua Bidang PKW (Pendidikan Kewarganegaraan).
Kegiatan ini emang sengaja dibikin buat ngelatih kemandirian temen-temen Moega dalam berwirausaha. “Ada sepuluh stan yang ikutan, dari kelas sepuluh ampe kelas sebelas. Modalnya ya dari mereka sendiri, terus untungnya juga buat mereka. Acaranya dimulai jam tiga sore ampe menjelang bedug maghrib,” terang Neni yang duduk di kelas XI IPA 4.
“Oh ya, biar tambah semangat, stan-stan ini juga dilombain! Kriteria penilaiannya meliputi kekompakan, kreasi, dan kebersihan,” tambah Neni.
Meski begitu bukan berarti mereka cuma cari duit buat pribadi aja lho! Karena lewat acara ini, temen-temen Moega dapet pengalaman, gimana susahnya cari duit. Selain itu, di acara ini mereka juga nyiapin kotak amal buat disumbangin ke korban gempa di Tasikmalaya.
By the way, apa nggak capek tuh puasa-puasa harus teriak-teriak nawarin takjil? Apalagi pas sore-sore yang konon puncak-puncaknya diserang rasa laper . “Ya, nggak dong! rata-rata temen ngejalaninya penuh semangat. Soalnya, selain sambil ngeceng, juga bisa seru-seruan ama temen-temen lain. Jadi nggak kerasa deh, tau-tau dah waktunya buka puasa,” jelas Endi Yogananta yang jadi Ketua Panitia acara.
“Dari pada puasa ama males-malesan, khan mendingan diisi dengan kegiatan sekalian ngabuburit,” tambah Endi.
Ke depannya, Endi berharap acara ini bisa terus dilaksanain tiap Bulan Ramadan. “Ini khan baru tahun kedua. Pengennya, ini jadi agenda tahunan sekolah. Jadi, tiap tahun pas Bulan Ramadan selalu ada, dan harus bisa lebih baik di tahun-tahun berikutnya,” ujar Endi yang kini duduk di kelas X. Okay deh, sukses buat Moega! (gun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja