Ngabuburti Enaknya Ngapain?

[Senin, 14 September 2009]

Ngabuburti Enaknya Ngapain?
Asyiknya Ama Temen, Nikmatnya Bareng Keluarga

NGGAK kerasa puasa tinggal seminggu lagi. Dan nggak kerasa pula kita dah ngejalanin puasa selama 30 hari. Dari 30 hari jalan, biasanya yang paling asyik itu adalah saat menjelang berbuka puasa. Ada aja cara temen-temen kita menunggu saat-saat itu. Temen-temen nyebutnya ngabuburit.
Saat kru indikasi nyoba nyebar 300 polling ke temen-temen di beberapa SMA ketauan kalo 26,4 persen responIn ngabisin waktu nunggu buka dengan nonton film. Emangnya asyik nunggu waktu berbuka puasa sambil nonton film? Kata Rizkia Putri Zakka, temen kita dari SMAN 9 cara itu lumayan asyik untuk ngilangin rasa lapar.
Sebenernya aku tuh cuma diajakin ama temen-temen nonton film. Padahal sebenernya aku ada ekskul di sekolah, ternyata nonton film pas ngabuburit asyik juga,” kata Rizkia yang duduk di kelas X.
Sedangkan Hendri Perdana dari SMA Muhammadiyah 1 Jogja lebih milih jalan-jalan keluar rumah daripada nonton film di rumah. “Bosen kalo cuman di rumah, mending jalan-jalan aja. Ya tergantung pengennya kita mau kemana. Biasanya sih muter-muter kota Jogja. Apalagi kalo bareng temen-temen, tambah rame en seru pastinya,” jelas Hendri siswa kelas XI IPS 2 ini.
Dan ternyata kebiasaan ngabuburit sambil jalan-jalan itu juga dilakukan oleh 23,6 persen responIn.
Trus aktivitas apalagi yang sering dilakuin temen-temen. ‘’Nongkrong pastinya,’’ Nabilla Oktiva dari MAN 2 Jogja kelas X yang didukung 23,6 persen responIn lainnya.
Biasanya mereka nongkrong ama temen-temen sambil ngegosip. “Ya mendingan nongkrong bareng temen-temen di tempat biasa. Daripada boring kalo cuman di rumah,’’ kata Nabilla yang sering ngabisin waktu dengan nongkrong di Malioboro.
Ngabuburit sambil ngeliat pemandangan Jogja di waktu sore sambil menikmati semilirnya angin emang bikin kangen. Suasana seperti itu bisa dinikmati bareng temen-temen atau bareng keluarga. Paling tidak 30,9 persen responIn milih ngabuburit bareng temen-temennya. Seperti dilakuin Rahmindya Anung dari SMAN 8 Jogja yang ngrasa lebih seneng ngabuburit bareng temen-temennya. “Biasanya sih aku isi dengan latian basket. Tapi kalo lagi nggak ada latian, ama temen-temen sering keluar bareng sore-sore. Sambil nunggu buka di warung makan daerah Seturan. Pokoknya seru deh,” kata Anung.
Sementara 40,4 persen responIn merasa lebih nyaman kalo ngabuburit bareng keluarga. Menurut Anselma Aprila Prihantari dari SMAN 2 Jogja ngabuburit bareng keluarga itu asyik. “Ya biasanya kalo bareng keluarga kita ngumpul bareng, trus nonton tv, ato cuma sekadar jalan-jalan sambil nunggu buka puasa di luar rumah. Kalo aku emang non muslim, tapi ayahku muslim, jadi aku nemenin beliau buka bersama. Ngabuburit bareng keluarga tuh nyaman. Kan kita nggak punya banyak waktu luang, jadi itu kesempatan bagus buat kumpul ama keluarga,” papar siswi kelas XI IPA 5.
Sebenernya, mau ngabuburit bareng ama temen-temen ato bareng keluarga itu nggak masalah, karena yang terpenting adalah puasa kita tetep lancar. Apalagi puasa kita tinggal seminggu lagi. So, tetep semangat. (eza)

--------------------------------------------------

Di Rumah Nggak Selalu Ngebosenin

RASA bosen terkadang muncul selama bulan puasa, terutama pada jam-jam mendekati maghrib. Lantas bagaimana menanggapinya?
Canda Devi Umi dari SMAN 11 Jogja punya beberapa tips buat ngegantiin suasana boring kalian disore hari. Devi juga termasuk dari 48,3 persen responIn yang sering di rumah saat ngabuburit. “Aku sih ngabuburit di rumah aja, kalo mau keluar tuh perasaanku malesss banget. Kerjaanku abis pulang skul langsung tidur, trus bangun kalo dah deket-deket adzan maghrib. Abis itu mandi trus online. Kalo dah denger adzan maghrib, seneng banget rasanya,” katanya.
Lain lagi dengan Larasati Nur Pratama, temen dari SMAN 2 Jogja ini lebih suka ngabuburit di tempat tongkrongan. “Kalo ngabuburit biasanya di tempat tongkrongan, karena kalo terus di rumah biasanya bikin boring. Di tempat tongkrongan bareng temen-temen kita sebenernya juga cuma ngobrol-ngobrol en canda-candaan gitu aja, tapi tetep asyik. Dan tentunya puasa yang kita jalanin, nggak bakal kerasa,” jelas Laras kepada kru Indikasi yang kebetulan nongkrong bareng di kawasan Malioboro.
Selain Larasati, masih ada 16,9 persen responIn lain yang lebih suka ngabuburit di tempat tongkrongan.
Kalopun disuruh milih, ngabuburit di rumah ato tempat tongkrongan, Muhammad Insan Tawakal ngasih pendapat. Muhammad Insan dari SMA Muhammadiyah 1 Jogja bilang, kalo di rumah nggak bikin bosen. “Karena lebih menyenangkan kalo kumpul bareng keluarga di rumah, bikin aku nggak bosen. Becanda-becandaan sambil nunggu buka puasa, khan bikin kita tambah akrab ama keluarga,” ujar siswa kelas XI IPS 4 yang asal Kalimantan.
Pergi ngabuburit bakal lebih asyik dan seru kalo dilakuin bareng temen-temen sepergaulan. Mau temen sekolah, ato temen maen aja, it’s oke koq. Itu yang dirasain ama temen kita Shavira Amanda Muhandri dari SMAN 3 Jogja. “Aku sebenernya nggak terlalu sering ngabuburit, tapi kalo ada temen-temen sepergaulan ato temen sepermainan, ya aku ikut nongkrong. Biasanya, aku ke rumah temen bareng-bareng ato cuma nonton ama jalan-jalan aja. Yang terpenting bareng-barengnya itu,” jelas Shavira. (eza)

--------------------------------------------------

In Talk

Dulu Andalkan Jurus Tidur

MENDENGAR adzan maghrib sepanjang Bulan Ramadan begitu menyejukkan. Apalagi setelah seharian penuh menahan haus, lapar, dan hawa nafsu guna memenuhi kewajiban puasa di Bulan Ramadan. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan sembari menunggu waktu berbuka, apalagi setelah melakukan aktivitas rutin.
Ngabuburit merupakan nama beken di Bulan Ramadan dan sudah banyak diketahui masyarakat. Ngabuburit berasal dari Bahasa Sunda yang artinya menghabiskan waktu untuk menunggu waktu berbuka puasa dengan hal-hal yang menyenangkan. Banyak sekali hal-hal yang bisa dilakukan saat ngabuburit. Dulu, tidur merupakan jurus andalan untuk menghabiskan waktu menunggu buka puasa. Sekarang pun sebagian orang masih mengandalkan jurus tidur. Namun sekarang belakangan ngabuburit diisi dengan nongkrong bersama teman atau jalan-jalan keliling kota.
Banyak kegiatan positif bisa dilakukan saat ngabuburit, seperti diskusi ringan, browsing internet untuk nambah pengetahuan di dunia maya. Atau juga bisa nonton film bareng temen-temen. Olahraga sore dengan tujuan menyegarkan otot-otot badan atau jalan-jalan di sekitar kota. Dan yang harus dihindari adalah melakukan hal-hal atau tindakan yang merugikan atau mengancam orang lain. Seperti mengganggu ketenangan dan keamanan.
Ngabuburit sudah identik dengan kegiatan yang spesifik dan menonjolkan kegiatan keagamaan, seperti pergi ke masjid pada jam-jam 16.00 untuk mengaji, baca doa, dan tadarusan bareng jamaah lain atau kegiatan yang lekat di bulan Ramadan. (per)

Drs. Soeprapto, SU.
Dosen Sosiologi UGM

--------------------------------------------------

In Voice

Mohammad Hanif, XII IPS 4, SMA Muhammadiyah 1 Jogja
Pernah ngabuburit ke Pantai Depok. Tu pas acara pengajian kelasku. Jadi kita rame-rame ke Pantai Depok, terus ada pengajian dari guru agama sekolah, dan serunya, sebelum buka ada acara bakar-bakar ikan, jagung, dan lain-lain. Intinya, seneng dan fresh. hehehe …


Anisa Anggi Dinda, XII IPA 1, SMAN 3 Jogja
Ngabuburit jarang keluar rumah. Lebih sering ada di rumah, buka bareng keluarga. Jam 4 sore udah stand by buat masak, kadang-kadang nyoba resep baru ama mamaku yang jago masak. Jadi ngabuburitku sekalian cooking experience.



Neza Aninda Mirza, XII IPS, SMAN 8 Jogja
Kadang-kadang nonton sambil nunggu buka. Abis nonton langsung ke penjual burjo yang paling deket ama bioskop. Itu aku lakuin bareng temen-temen. Lumayanlah, ngabuburit yang menyenangkan dan murah sekalian ngirit. hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja