Smada-Mache Nyantri Bareng

[Selasa, 8 September 2009]

Januari Pratana dan Beta Puspitaningrum Raih Santri Award

BULAN Ramadan jadi momen yang pas banget buat kita untuk ngedeketin diri ama Sang Pencipta. Makanya, temen-temen SMA Negeri 2 (Smada) Jogja ngadain program pondok pesantren. Yaitu kegiatan yang digelar di Pesantren Mu’alimah Sorosutan Jogja berlangsung sejak Kamis (3/9) ampe Sabtu (5/9) lalu.
Buat temen-temen Smada, kegiatan ini berkesan banget. Apalagi, kegiatan mereka barengan ama temen-temen SMA Negeri 5 (Mache) yang juga lagi nyantri di tempat sama.
“Seneng juga kita bisa ketemu ama temen-temen Mache. Biar pun kegiatan kita nggak barengan, tapi pas makan saur atau buka bisa ketemu. Jadi, bisa saling ngejaga silaturahmi,” ungkap Westry Sekar Fitriana siswi Smada kelas XI IPA 5.
Temen-temen Mache juga nggak kalah antusias ngikutin kegiatan ini. Soalnya selain nambah-nambah pahala dan ilmu selama puasa, juga nambah akrab ama temen-temen Smada. “Pastinya seru banget bisa jalanin puasa barengan ama temen-temen Smada meski cuman tiga hari doang. Sempet sharing-sharing juga, pokoknya seru deh!” terang Hana Fildzah Minhalina dari Mache kelas XII IPS 2.
Selain ngejalin keakraban, banyak juga yang didapet dari kegiatan wajib untuk kelas XI kedua sekolah ini. “Pastinya, dari kegiatan ini kita dapet pencerahan, tapi yang lebih penting, ya dapet ilmu-ilmu Islam baru yang belum kita denger sebelumnya,” jelas Fitrizha Rachmadea Gonta, cewek kelas XI IPA 5 yang akrab dipanggil Dea.
“Kalo aku sich, udah biasa ama kegiatan kayak gini. Dengan ikutan kegiatan kayak gini jadi bisa lebih cinta ama Allah. Menariknya, di sini suasananya santai, jadi berasa kekeluargaan banget. Jadi, nyerep ilmunya nggak ngebosenin gitu, tapi fun banget,” tutur Saskia Reka Maheswari yang duduk di kelas XI IPS 3 Mache.
Emang, kegiatan pesantren ini dikemas seseru mungkin, supaya temen-temen Smada dan Mache nggak ngerasa bosen ato terpaksa ngikutin kegiatan. Ya dong, kalo beribadah cuma karena diwajibkan ama sekolah ya sama juga boong. “Wah, pokoknya meski kita di sini tujuannya ngedalemin ilmu agama, tapi tetep dikemas menarik. Serunya tuh, kalo kita abis makan piringnya kan dicuci sendiri. Jadi, kita cucinya rame-rame, keliatan kompak banget deh!” terang Redita Ayu Renjani yang duduk di kelas XI IPA 5 Smada ini.
Untuk nambah semangat para santri, panitya pun bikin award santri terbaik. Award ini ditentuin sendiri ama pembimbing mereka. Kriterianya aktif dan selalu antusias ngikutin kegiatan. Dari Mache, terpilih Januari Pratana dan dari Smada terpilih Beta Puspitaningrum yang dapet award. “Nggak nyangka aja bisa dapet award kayak gini soalnya emang kayaknya aku biasa aja. Mungkin karena emang aku udah ngerasa ibadah itu wajib jadi ngikutin kegiatan ini enjoy banget,” ungkap Beta tanpa maksud nyombong. Wesss.. yang dapet award nih yeee..
“Emang sich, materi-materi pesantren ini menarik banget. Jadinya, aku selalu pengen tahu dan akhirnya bikin aku sering banget nanya deh!” terang Januari Prantana yang akrab dipanggil Ratri. “Pokoknya, semua yang udah didapet dari kegiatan ini berguna banget. Harapannya sich nggak cuma di bulan puasa atau pas nyantri aja inget ama Yang Di Atas, sampek kapan pun dilakuin,” tutupnya.
Selamat ngejalanin puasa deh buat temen-temen yang ngejalanin. Buat temen-temen Smada ama Mache moga-moga apa yang udah didapet pas nyantri bisa dilakuin sehari-hari. Amin. (gun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja