Ambalan Padmanaba

[Selasa, 30 Juni 2009]
Ambalan Padmanaba
Jago Ngumpulin Penghargaan

NGOMONG soal pramuka di skul SMA, jadi inget ama SMA Negeri 3 Jogja. Skul yang kondhang ama sebutan Padmanaba ini emang punya ekskul yang namanya Ambalan. Lho?! Apa hubungan Ambalan ama Pramuka??
Ambalan ini wadah Pembina Pramuka. Kalau pas SD kita kenal namanya siaga, terus pas SMP ada yang namanya penggalang. Nah, kalau dijenjang SMA namaya ambalan. Di SMA Negeri 3 ada ambalan Yos Sudarso buat yang cowok, dan ambalan Kartini buat yang cewek.
Ambalan ini udah ngetop banget di SMA Negeri 3. Soalnya, prestasi temen-temen ambalan SMA Negeri 3 ini udah banyak banget. “Tiap taun tuh ada event taunan namanya PDT(Pengembangan Desember Tradisional). Nah, di PDT itu kita selalu nyabet juara. Taun kemaren kita bawa pulang enam piala,” terang Fajar Hardiantoro, pradana ambalan Yos Sudarso.
Wah, setahun aja bisa dapet enam piala, gimana kalo sepuluh tahun ya?! Pasti sekolahnya penuh ama piala dari ambalan doang…hehehe
Rahasia sukses mereka udah jelas karena kekompakan. Ya iya lah, Padmanaba gitu lho! Masalah kekompakan emang udah kentel banget buat temen-temen Padmanaba, apalagi ambalan. Tapi, nggak cuma kompak, pastinya mereka juga harus tetep disiplin dan tanggung jawab. Ya kayak salah satu isi dasa darma pramuka. Disiplin, berani, setia. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya.
Pastinya, temen-temen ambalan pengen terus konsisten ama prestasinya tiap tahun. Makannya, tiap awal taun ajaran baru, mereka ngadain open house buat temen-temen baru yang mau gabung ama ambalan. Buat masuknya sih, mereka nggak ada seleksi khusus, tapi yang mau gabung diberi kesempatan buat nyiapin diri plus mental.
“Yang mau ikut emang nggak ada seleksi khusus, cuma kita kasih waktu buat merenung gitu siap apa nggak. Kalo dah mantep banget, tiga bulan kemudian kita lantik,” terang Bramasti Pramudyawardani, siswi kelas XI IPA 1 yang juga anggota Ambalan Kartini.
Yang menarik, di ambalan ini ada kelas-kelasnya. Kelasnya nggak cuma dari kelas satu ampe kelas tiga aja, tapi juga ampe kelas enam. Wah, kayak pas SD aja, ampe enam tahun. So, alumni masih berperan aktif banget di kegiatan-kegiatan ambalan. “Kalo anggota yang udah lulus SMA itu masih tergabung di sini, nanti kalo sudah kelas enam ada pelepasnnya,” terang Chirstida Estu Wastika, anggota Ambalan Kartini yang juga menjabat jadi penegak wakil ketua Kuartir Cabang.
“Biasanya, kalo udah pelepasan pun alumni-alumni yang ikutan ambalan masih sering dateng buat sekedar kumpul,” tambah cewek yang duduk di kelas XI IPA 1 ini. Ya jelas dong, secara ikatan alumninya Padmanaba kan emang udah kuat banget. Sip banget tuh…kalo ikatan Padmanaba tetep kuat dijamin deh prestasi terus meningkat. Tetep semangat aja deh buat temen-temen ambalan Yos Sudarso dan ambalan Kartini. Salam Pramuka! (gun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja