Jenis Musik

[Senin, 29 Juni 2009]
Musik Jadi Bagian dari Hidup

KETIKA nada-nada indah dipadu ama deretan kata penuh makna, pasti bakal disukai banyak orang, alias pasti didengerin deh. Apalagi sekarang, yang namanya musik udah jadi kebutuhan keseharian yang dikonsumsi orang dari berbagai lapisan.
Nggak peduli musik itu dari genre apa, selalu saja ada penikmatnya. Mulai hip-hop, rock and roll, pop, dangdut, atau apapun bisa jadi soundtrack hidup kita. Nggak jarang musik itu jadi temen kita di kala ngadhepin banyak persoalan, seperti lagi patah hati atau apapun.
Buktinya 96,4 persen responIn ngaku sering banget ngedengerin musik. Bahkan banyak yang mengaku tiada hari tanpa ngedengerin musik. Di antara temen-temen responIn ngaku kalo musik itu udah kayak nasi. ”Sebelum tidur aku pasti ngedengerin musik dulu, biar tidurnya bisa lebih tenang. Apalagi musik itu cocok untuk ngebawa aku ke alam mimpi,” ujar Iwan Christiawan, teman dari SMA Kolese De Britto.
Penyuka grup musik naif ini ngejadiin musik sebagai pengantar tidur, dan katanya sih bisa ngebantu dia masuk ke dunia mimpi.he..he..
Sementara 3,5 persen responIn ngaku nggak sering-sering banget ngedengerin musik. Alesan mereka kebanyakan nggak punya waktu lagi untuk ngedengerin musik. Di antara yang nggak terlalu sering dengerin musik itu di antaranya adalah Yulita XF dari SMA Stella Duce 2. ”Aku nggak sempet soalnya udah capek,” kata penyuka hitam merah yang waktunya habis untuk belajar.
Sedangkan soal aliran musik yang jumlahnya buanyak banget itu membuat responIn agak bingung nentuin aliran yang mereka sukai. Katanya sih, semua aliran emang enggak ada yang jelek, tergantung selera. Yups... meski begitu tampaknya musik popo, mellow cukup disukai oleh responIn. Karena dari data polling yang disebar 48 persedan mellow.
Salah satu alasan mereka suka jenis musik itu karena nadanya ngegrove banget buat responIn yang sedang jatuh cinta.
Temen kita Doni Susilo dari SMA Bopkri 1 ngungkapin kalo pop itu dia banget. ”Aku seneng ama semua jenis lagu pop. Karena itu ngebuat aku lebih berwarna tiap harinya,” katanya.
Lain ama pendapat Yohanes Miko dari SMA Bopkri 2 yang lebih suka lagu mellow yang lagi update, ”Ngebuat aku jadi lebih santai. Lebih ngehayatin idup yang nggak tentu ini,” kata Yohanes Miko yang demen banget ama tokoh kartun Sponge Bob.
Demikian pula temen-temen responIn banyak yang terus ngikuti perkembangan musik agar dianggap nggak ketinggalan zaman.
I Desak Nyoman dari SMA 9 Jogja misalnya. ”Aku seneng dengerin musik yang lagi update, coz aku suka ngeliat perkembangannya,” kata gadis kelahiran Bali ini.
Kalo soal pengaruh dari musik, 79,3 persen responIn ngaku kalo musik itu pengaruhnya gedhe banget. ’’Kalo lagi patah hati pasti larinya ke musik. Jadi lebih ngerasa soulnya, ngerasa pas banget tuh lagu buat kisah cintaku,’’ kesan Anis Surya dari SMA 1 Babarsari.
Kalopun dilacak dari data polling yang disebar, bisa diketahui kalo 17,14 persen responIn hidupnya terpengaruh ama musik. Tapi ada juga mereka yang ngedengerin musik sekadar buat have fun doank.
Kata temen kita Jusuf Arif dari SMA Muhammadiyah 1, musik cuma jadi pelengkap hidup. ”Aku jarang dengerin musik ampe terpengaruh, yah cuma buat seneng-seneng aja.”
Kalo soal band atau tokoh musik idola mereka, 72,1 persen responIn masih nentuin dari segi karya musiknya. ”Aku suka band yang alirannya rock. Soalnya bikin hidupku tambah semangat,’’ ujar Lilang Larasjiwo dari SMAN 6 Jogja yang ngefans banget ama Superman Is Dead.
Sedangkan orientasi lain disampaikan Getrudis Novrin dari Sma Stella Duce 1 yang suka band karena personelnya ganteng-ganteng. (sha/eza)

------------------------------------

Ada Mellow, Ada yang Jingkrak Jingkrak

DUNIA musik Indonesia makin rame aja. Group band maupun penyanyi solo dengan wajah-wajah baru trus bermunculan. Sehingga kalo nentuin band favorit jadi rada-rada sulit juga ya. Tapi setidaknya dari hasil penelusuran kru Indikasi, ternyata 34,3 persen responIn milih Peterpan, Kerispatih dan Ungu sebagai band favorit mereka. Sedangkan band beraliran rock, metal, punk, reggae dan sejenisnya macam Slank, Shaggy Dog, dan Superman Is Dead, berada di urutan kedua, 15,7 persen.
Banyak hal yang ngebikin responIn suka ama band-band idola mereka, mulai dari lirik lagunya yang dalem, melodi dan progress akornya enak didenger, ampe performance yang oke. Agnes Yulita dari STERO (Stella Duce 2 Jogja) misalnya, dia paling suka ama Kerispatih, coz katanya lirik lagunya dalam banget en suara vokalisnya juga enak banget didenger. “Suaranya Sammy (vocalis Kerispatih, red) yang rendah dan lirik lagunya yang dalem bener-bener menggugah hati seperti lagu demi cinta dan tak lekang oleh waktu,” ujar cewek yang suka browsing ini.
Beda halnya Devalana dari SMA N 6 Jogja, dia justru lebih suka musik yang bikin jingkrak-jingkrak, macam musik Rock, Punk, Metal dan semacamnya. “Seneng aja ama musik yang bisa bikin kita lebih semangat menjalani hidup, macam punk. Apa lagi denger lagu-lagunya Superman Is Dead dan Shaggy Dog , asyik banget deh,” katanya.
Selain grup band favorit, kira-kira alat musik favorit dan pengen dikuasain ama responIn itu apa aja ya ragamnya? Setelah melalui proses perhitungan yang cukup panjang, akhirnya diketahui bahwa 35 persen responIn seneng en pengen banget nguasain alat musik petik yang namanya gitar, sedangkan 17,4 persen pengen jadi penabuh drum. “Pengen banget bisa maenin gitar, kayaknya keren banget deh kalo cewek jago maen gitar, apalagi bisa lebih jago dari cowok,” kesan Devi. (had)

------------------------------------

IN-TALK

Musik itu Energi Positif

Musik itu salah satu energi positif bagi semua manusia, tanpa golongan umur. Untuk anak muda, musik itu sebuah media tempat aktualisasi diri. Musik juga sebuah ajang kreativitas. Pertunjukan musik anak-anak muda yang banyak ngangkat tema anak muda diwarnai dengan penuh semangat, bebas dan tegas, sesuai karakter anak muda penuh semangat.
Musik juga bisa menjadi sarana motivasi diri agar belajar lebih semangat dan menikmati semua hal yang dilakukannya. Kebebasan yang dianut sering disalah gunakan dengan kegiatan yang merugikan diri sendiri. Contohnya, saat manggung di depan khalayak ramai, tak jarang mereka nenggak minuman keras biar lebih pede di atas panggung, lebih bebas dan bisa berekspresi segila-gilanya.
Untuk itu, kepribadian kuat adalah pegangan terbaik untuk bisa memilih mana yang baik buat diri sendiri dan mana yang harus dihindari, agar kegiatan kita lebih berguna. Karena pribadi yang kuat juga menentukan karakter. (per)

Turino S.Pd, M.Sn
Ketua Program Studi Musik SMK Negeri 2 Kasihan Bantul


------------------------------------

IN-VOICE

Reggae itu musik favoritku. Nada-nadanya bikin hati lebih tenang and nyaman. Maka musik reggae itu bisa inspirasiku sebelum ngelakuin kegiatan sehari-hari. Beli kaset and dengerin radio tiap hari ngedukung banget hobiku dengerin musik.
Bendiat Panji, 3 Tekstil SMKN 5 Jogja


Beat musik hip hop udah ngalir di hidupku. Nadanya yang jedag-jedug ngebuat aku jadi pingin goyang. Pokoknya aku udah enggak bisa lepas dari hip hop, ampe gaya baju aja aku ikutin.
Lingga, Taman Madya kelas X


Musik tu memberi warna di hidup, memberi energi positif yang bikin semangat berangkat ke sekolah, kebetulan aku juga gitaris, jadi musik bisa jadi tempat tepe-tepe ama cewek-cewek . hehehe
Sigit Nugroho, X-B SMA KOLOMBO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja