SMKN 2 Depok Ngrayain Ultah

[Selasa, 7 Juli 2009]

SMKN 2 Depok
Pesta Mural ampe Wayangan Ngrayain Ultah

ULTAH sekolah emang sering jadi momen pas buat ngadain aneka acara macam pensi ato lomba-lomba olahraga, kayak basket antar kelas ato classmeeting, lomba futsal antar sekolah. Pokoknya apa aja asal bikin penduduk sekolah seneng dan disetujui kepsek bakal dilakuin deh.
Ini juga yang bikin temen-temen kita SMKN 2 Depok (STEMBAYO) ngebikin serangkaian acara di sekolahnya. Yup. Buat ngerayain 37 tahun sekolahnya mereka bikin acara macem-macem cing! Mereka ngebikin macem-macem lomba, mulai lomba mural, pembuatan pupuk biopori, voli antar jurusan, tenis buat bapak dan ibu karyawan sekolah; seminar kewirausahaan dari Kopma UNY, pensi untuk intern skul, sampe pagelaran wayang kulit yang jadi puncak perayaan! Wuihh.. mantab,dab!
Lomba mural udah mereka gelar pas pertengahan Juli, tepatnya 24 Juni 2008 lalu. Di lomba ini mereka ngangkat lima tema, hemat energi, bebas rokok, global warming, efek rumah kaca (eits, ini efek rumah kaca beneran lho, bukan gambar personel band efek rumah kaca di tembok! hehe..), dan penghijauan.
Tiap jurusan wajib ngirim jagoan nggambar buat coret-coret tembok yang udah disediain di lapangan sepak bola. Kebayang dong, hari Minggu itu di lapangan sepak bola Stembayo jadi banyak anak yang ribet ama pylox dan cat.
“Lomba-lomba ini diadain buat ngisi waktu luang sebelum rapotan, soalnya banyak banget jam kosong! Jadi biar waktunya efektif dan biar temen-temen masih semangat nyantronin sekolahan. Hehehe..” beber Okkho Budhi Agung yang jadi ketua pelaksana rangkaian acara ini. Wahh.. siasat jitu, bos!
Sementara Senin malem (29/7) puncak acara ulang tahun sekolah kejuruan yang juga lagi menyambut gelar SBI (Sekolah Berstandar Internasional) akhir ini nyuguhin gelaran wayang kulit. Lakon yang diangkat Babat Alas Mertani. Konon denger-denger lakon ini masih ada hubungannya ama Stembayo ato SMKN 2 Depok. “Stembayo kan dulunya alas (hutan, red) ilalang sebelum akhirnya dibangun lembaga pendidikan seperti sekarang ini,” ungkap Bapak Bambang Irianto, sebagai Sekretaris Kepsek.
By the way, dalang yang didaulat buat nyeritain lakon itu ternyata guru Stembayo juga lho! Buset dah lengkap bener nih sekolah. Ada teknisi komputer, montir otomotif, sampe dalangnya juga ada! Namanya Ki Anang Prawoto. Kalo pengin ngerti, nih dalang nggak lain adalah guru Teknik Elektronika Audio Video.
“Alasan ngadain pagelaran wayang kulit ini emang selain Stembayo belum pernah ngrayain ultah besar-besaran, sekaligus juga sebagai ruwatan. Karena tahun ini banyak prestasi yang diraih para siswa yang membawa nama sekolah. Jadi ini lebih ke simbol rasa syukur. Apalagi ada guru yang juga berprofesi sebagai dalang. Hehehe..” lanjut Pak Bamabang. Lhaaaa.. pantes aja, pak.
Acara ini juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan, Dra. Hj. Suyamsih, Mpd. Ada juga dari dunia usaha (rekanan), Komite sekolah, PT. TUV cabang Jogja yang sekalian ngasih SMM (Sistem Manajemen Mutu) ISO 9001: 2008, dan juga para sesepuh kampung dan Camat setempat.
“Acara ini bagus sekali karena menjalankan misi dari visi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sleman yaitu melakukan pendidikan yang berkualitas dengan berlandaskan budaya bangsa,” komentar Bu Suyamsih mengenai acara puncak perayaan ultah Stembayo ini.
Patut diacungi dua jempol deh temen-temen dan guru-guru Stembayo yang berhasil bikin acara ultah sekolahnya dengan kemasan menarik dan mendidik alias edutainment! (arm)

1 komentar:

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja