Jenis Musik (Share)

[Senin, 29 Juni 2009]

Musik Lokal yang Penting Gampang Diinget

Most of the people pasti suka ngedengerin musik. Ato mungkin lebih tepatnya ‘butuh’ musik. Aku tiap hari pasti ngedengerin musik. Selain emang bener-bener butuh musik buat nemenin hari-hariku, musik itu ada hubungannya ama profesi aku sebagai seorang VJ (video jockey). Jadi kerjaannya juga nggak bisa jauh-jauh ama yang namanya musik. Kudu punya pengetahuan luas soal musik juga. Nah dasarnya aku emang suka ngedengerin musik. Segala jenis musik! Mungkin itu yang jadi nilai plus buat aku. Dengan mudah aku bisa ngedengerin semua macem musik.
Khan biasanya orang yang suka metal agak susah ngedenger musik yang menye-menye, atau sebaliknya. Di Indonesia aku ngedengerin semua musik, meski sekarang ini lagi banyak band-band baru bermunculan. Apalagi market program televisi tempat aku kerja tuh band-band Indonesia, jadi aku kudu tau perkembangan musik di Indonesia dong.
Aku ngedengerin hampir semua jenis musik. Pokoknya musik yang enak didenger aja. R&B, pop, jazz, swing, dan lain-lain. Nggak ada spesifikasi, yang penting easy listening dan nggak berisik aja.
Kalo ditanya soal penyanyi favorit luar negeri, waduhh buanyaakk banget. Cuman yang paling favorit ya Diana Krall. Kalo dalam negeri aku paling suka Park Drive. Emang masih asing nama band ini di telinga temen-temen. Musik mereka tuh soulfull, jazz, dan ada dance-nya juga. Enak lah kalo didengerin di segala suasana. Hehehe.. Eh tapi aku juga seneng banyak band Indonesia yang lain kok. Peterpan, Letto, Netral, Superman is Dead, dan masih banyak lagi.
To be honest, musik tuh berpengaruh ama kehidupanku sehari-hari. Misalnya kalo pagi-pagi bangun tidur aku ngedengerin lagu yang agak nge-rock biar semangat. Kalo lagi macet ngedengerin lagu yang swing atau jazz biar adem. Hehehe.. Yang jelas lagu-lagu yang biasanya aku puter tuh ada hubungannya ama aku mau kemana, lagi ngapain, mood aku gimana. Kebanyakan aku puter lagu pas lagi di mobil.
Beberapa tahun yang lalu aku pernah ditawarin ngisi posisi vokal di sebuah band. Jadi ceritanya vokalis band itu keluar, nah aku ditawarin buat ngisi posisi yang bolong itu, sekalian buat garap album mereka yang kedua. Tapi terpaksa aku tolak, soalnya kebetulan aku juga baru jadi VJ. Daripada keteteran, aku pilih salah satu. Aku pilih tetep jadi VJ deh.
Jadi VJ tuh seru banget. Aku bisa tau perkembangan musik di negeri atau tanah air. Aku juga pengen tau gimana dan apa yang ada di belakang sebuah pembuatan album, terus bisa kenal ama banyak musisi juga, pokoknya seru aja liat perkembangannya mereka. Misalnya aja, Ryan D’Masiv. Dulu aku interview mereka pas mereka baru aja ngeluarin album dan pas aku juga baru jadi VJ, ampe sekarang alhamdulillah kita dikenal banyak orang.
Aku juga jadi tau gimana perbedaan musik Indonesia dan luar negeri yang bener-bener mencolok. Musik lokal tuh yang penting gampang diinget dan gampang dinyanyikan. Sedangkan musik nuer negeri tuh instrumennya rumit dengan lirik yang menyentuh.
Pernah lhooo aku interview band-band luar semacam My Chemical Romance, The Click Five, dan Guy Sebastian.
Hmm.. Dulu sebelum jadi VJ, aku pernah jadi penyiar di salah satu radio nasional. Temen-temenku bilang kalo kupingku termasuk kuping yang peka banget ama lagu. Aku bisa bedain lagu mana yang bakal lama di chart, lagu mana yang bakal digandrungi, dan sebagainya.
Pas duduk di bangku SMA Pembangunan Jaya Jakarta, aku juga pernah bikin band. Menurutku, zaman-zaman SMA mah kayaknya nggak lengkap aja kalo nggak main band. Hehehe.. aku pegang bass waktu itu.
Sampai sekarang aku dah bisa nguasain gitar. Kalo bass dan drum aku bisa main, tapi belum bisa nguasain. Tapi kalo ditanya mau ambil posisi apa seumpama aku jadi personil band, aku bakal jawab: VOKAL! Gimana ya, aku suka nyanyi aja. Keren aja menurutku.
Ketertarikan aku ke musik tuh emang gede banget. Pokoknya suatu hari nanti, entah kapan, aku pengen ngehasilin sesuatu di bidang musik. Entah bikin lagu buat seseorang, ato bantuin band rekaman, atau featuring ama band apa gitu. Hahaha.. (arm)

Ben Kasyafani – VJ, presenter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja