Pelajaran di Suka dan di Benci (Share)

(Senin, 13 April 2009)
I Love You Matematika

Mata pelajaran idolaku cuma satu, kesenian. Dari SD aku udah cinta mati ama pelajaran ini. Gimana nggak? Nurut aku kesenian itu pelajaran yang nggak pake mikir. Kita cuman dituntut nari, nyanyi, nggambar, trus dinilai ama guru. He…he…he... apalagi, aku udah suka main musik sejak kecil. Hmm.. jadi tambah cinta deh!
Nginjak bangku sekolah menengah, aku mulai rajin ngeband ama temen-temen. Siang malem aku ngeband, sampe kadang lupa waktu. Namanya juga masih anak-anak. Itu yang bikin nilai-nilai akademikku ancur.. tapi yang ini jangan ditiru ya temen-temen.
Pas SMA aku sekolah di Sekolah Menengah Musik (SMM) di Jogja. Aku milih sekolah ini karena emang bener-bener pengen ngembangin bakat musikku. Trus alasan yang lain karena pengen menghindari pelajaran yang dibenci sejuta umat, Matematika. Yup. Ini salah satu usahaku buat bisa lepas dari matematika. Tapi ternyata.. semua nggak berjalan seperti yang kubayangkan.. Matematika masih berkeliaran di kehidupan sekolahku. Wish math will never exist lah! Ha…ha…ha... ekstrim ya? Ternyata di SMM masih ada pelajaran-pelajaran wajib seperti Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, dan ehem... Matematika!
Alih-alih cari jalan untuk ngejauhin matematika, aku malah nemuin solusi buat “mencintai” pelajaran mematika itu. Kelas matematika yang biasanya ayem banget, aku bikin fun. Misalnya, dulu pas ujian matematika aku bikin lomba. Aku ngajak beberapa temen-temen buat cepet-cepetan ngumpulin lembar jawaban ke meja guru, trus yang bisa ngumpulin pertama dikasih standing applause. Nah aku selalu menang. Bukan. Bukan karena aku pinter matematika. Tapi ujiannya aku jawab A semua! Lagi-lagi yang ini jangan ditiru ya temen-temen. He…he…he... Gara-gara itu, aku jadi suka matematika.
Lalu pelajaran Bahasa Indonesia jadi momok baru. Emang, sebagai pemuda Indonesia, kita kudu cinta bahasa Indonesia. Apalagi pelajaran ini nggak susah-susah amat. Tapi, masalahnya ada pada guru yang mengampu pelajaran itu. Beliau killer banget, dab! Apesnya, aku terlibat beberapa kasus yang bikin aku diinget-inget ama guru yang sekaligus jadi wali kelasku itu. Karena banyaknya kasus yang aku buat, akhirnya aku di DO dari sekolahku.
Pesanku buat para pemuda-pemudi harapan bangsa yang lagi benci ama satu pelajaran, bikin suasana pas belajar mata pelajaran itu jadi fun. Contohnya aku yang awalnya benci ama matematika, akhirnya jadi suka gara-gara aku adain lomba cepet-cepetan ngumpulin lembar jawaban ujian. Nah.. yang jangan dicontoh itu sewaktu aku benci sama mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hanya karena aku benci ama gurunya, aku jadi benci juga ama pelajarannya, dan itu semua berhasil bikin aku dikeluarin dari sekolah. (arm)

ERIX – vokal dan bassis Endang Soekamti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja