Pelajaran di Suka dan di Benci

(Senin, 13 April 2009)
Olahraga Bikin Sehat, Matematika Bikin Pusing

PELAJARAN di skul selain bikin kita bete, pusing, ngantuk, dan lain sebaginya, ternyata masih ada juga pelajaran yang bikin kita nggak ngantuk, bahkan bikin tubuh kita sehat dan kuat. Apalagi kalo bukan pelajaran olahraga. He..he..he
Yup, karena nggak bikin ngantuk dan bikin tubuh kita jadi lebih sehat, nggak heran deh kalo olahraga jadi pelajaran yang paling disuka ama responIn, pelajaran olahraga meraih suara terbanyak untuk pelajaran yang paling disuka dengan 37%, disusul pelajaran yang ada kaitannya ama Teknologi Informasi 28%. Banyak responIn yang ngeluarin unek – unek mengapa mereka suka banget ama pelajaran yang selalu ngeluarin keringat sehat ini, salah satunya adalah Hanif Muhammad dari SMA Muhammadiyah 1 Jogja, “Olahraga itu enjoy dan bikin kita melek di pagi hari, selain itu suasana serius tapi nyantai yang aku peroleh di pelajaran ini justru makin bikin seneng ama pelajaran ini. Bahkan aku sampai bercita–cita jadi guru olahraga,” selorohnya sambil ketawa.
Beda lagi ama Vetty Vera dari Stella Duce 1 Jogja. Cewek manis yang kulitnya sawo matang ini suka banget ama pelajaran olahraga karena ngerasa dapet anugerah dari Tuhan dan punya talenta di bidang olahraga. “Aku bersyukur banget diberi kelebihan ama Tuhan, sehingga aku ngerasa punya talenta di bidang olahraga, khususnya basket.”
Vera -- sapaan akrab Vetty Vera-- yang jagoan basket di sekolahnya juga nambahin, bahwa suka olahraga karena bikin sehat jasmani rohani. ‘’Kita jadi punya raga yang sehat dan jiwa sportif,” katanya.
Selain pelajaran olahraga yang jadi Most Favourite Lessons, pelajaran Teknologi Informasi juga jadi pelajaran kedua yang paling disuka responIn. Era globalisasi yang erat kaitannya ama kecanggihan teknologi jadi salah satu faktor mengapa Teknologi Informasi juga disuka responIn.
Seperti diutarakan Fransisca yang juga temen sekelas Vera. “Kalo aku, paling seneng banget ama pelajaran Teknologi Informasi, coz sekarang kan zamannya IT, jangan sampe deh kita jadi generasi penerus yang gaptek.”
Kalo ada pelajaran yang disuka, so pasti ada pelajaran yang dibenci dan justru bikin responIn lebih semangat buat belajar, meski nggak donk dan susah banget mahaminya. Pelajaran berhitung seperti Matematika (35% ) dan Fisika(30%) bikin responIn pusink dan capek dehh…. he..he..he
“Matematika selalu jadi mimpi burukku saat ujian, meski nggak pernah dapet nilai jelek, namun sebel juga rasanya, coz nggak pernah dapet nilai yang bisa bikin aku tersenyum lebar, ha..ha..ha,” ujar Gus Randy dari SMA Muhammadiyah 1 Jogja.
Banyak cara dan usaha yang dilakuin ama Gus Randy agar cinta mati ama pelajaran matematika, mulai dari bergaul dengan genk si pandai (kutu buku dan jawara olimpiade matematika) hingga berdoa dan puasa senin – kamis. Salut deh buat Randy, yang udah banyak berusaha mencintai matematika. (had)

---------------------------------------------

Berdoa Khusyuk, Belajar Lebih Giat

APA yang harusnya kita lakuin saat kita nyoba untuk mencintai sesuatu yang nggak kita cinta dan nggak kita suka? Berusaha mencintainya, berdo’a, beramal soleh, dan membuang sampah pada tempatnya. He..he..he

Salut deh buat para responIn, meski nggak suka ama pelajaran yang bikin mereka pusink, toh responIn masih berusaha untuk nggak benci ama itu pelajaran, 42% responIn memilih jalan berdo’a agar mereka nggak benci–benci amat ama pelajaran yang bikin responIn bete, terus 37% responIn nyoba belajar lebih giat supaya bisa sayang ama pelajaran yang mereka benci.

Seperti yang diutarakan Arinda Febriana, siswi dari SMA Negeri 6 Jogja. “Biar aku nggak benci ama pelajaran yang bikin aku susah banget dapet nilai bagus, aku selalu berusaha mencintai apa adanya dan minta ajarin ama temen-temen yang selalu jadi jawara kelas.”

Nggak jauh beda ama si Arinda yang ngandelin para jawara kelas atau kutu buku, Farid Nurul Iman, siswa kelas XI SMA Budi Mulya Dua Jogja. “Hoky banget deh punya temen Si Kutu Buku, bisa kita andelin dalam segala medan pertempuran, baik pas belajar bareng di rumah maupun pas ujian di kelas. “

Farid juga nambahin, “Selain minta bantuin si kutu buku, cara efektif yang sering aku lakuin adalah berdo’a dan memohon petunjuk-Nya.”

Jalan yang ditempuh Arinda dan Farid, kayaknya bisa kita tiru tuh, biar kita nggak terus-terusan negative thinking ama pelajaran yang susah banget kita pelajarin dan kita pahamin. So, kenapa kita kudu benci ama pelajaran? Masih banyak hal yang bisa bikin kita lebih mencintainya. Kita harus nyoba lebih terbuka aja. Jangan ngejudge diri kita nggak bisa. Berdoa juga udah termasuk usaha jitu. He..he..he..
(had/sha)

---------------------------------------------

IN-TALK

“Guru harus lebih bisa membaca keadaan muridnya. Istilahnya, guru harus lebih peka terhadap keinginan anak. Jangan sampai anak-anak jenuh mendengar gurunya berbicara. Guru jangan takut membuat cara atau metode pembelajaran yang baru. Hal ini dilakukan untuk menarik simpati murid. Untuk siswa dan siswi SMA, faktor guru sangat mempengaruhi. Sebaiknya guru melakukan sharing langsung dengan murid. Hal ini dilakukan untuk lebih mengetahui keinginan si murid itu sendiri.. Seperti olahraga yang selalu dalam kelompok. Sebaliknya eksak harus dikemas sedemikian rupa supaya lebih menarik minat dan menambah semangat belajar para siswa. “ (sha)
Nur Rosyidah.S.Pd.SMA 1 Teladan Yogyakarta

---------------------------------------------

IN-VOICES

Muh.Ilham SMA muh.Kolombo Xii IPA
“Nurut aku matematika itu ngebosenin, tapi tergantung dari babnya. Kalo olahraga adalah obat untuk kejenuhan kita selama seminggu di kelas. “



Puput Adhi SMA 1 Teladan Yogyakarta XI IPS
“Guru yang ngebosenin kudu rajin buat inovasi. Jangan di kelas terus.. biar nggak jenuh gitu. Mata pelajaran yang berat itu kudu kita dapetin suasana yang santai dan ceria.“


Clara Tabita Putri Sularso SMA Stella Duce 1 Xi IPS
“Metode pembelajaran buat pelajaran yang ribet and susah itu seharusnya Sersan (serius tapi santai). Biar gak spaneng banget. Yah…benernya kalo ngerti topiknya seh gampang. Kayak olahraga yang selalu menyenangkan.” (sha)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja