Social Networking

(Senin, 16 Maret 2009)

Pasukan Abu-Abu Jogja dan Social Networking
Yuuk..Temanan di Dunia Maya

WAOW…teknologi komunikasi semakin dahsyat aja menembus berbagai lini. Tak terkecuali kita-kita juga bisa manfaatin nya secara maksimal. Termasuk dalam membangun pola pertemanan yang tidak saja hanya dilakukan di dunia nyata. Tapi juga bisa berteman dan menjaga silaturahmi melalui dunia maya.

Bahkan cara-cara itupun makin lama makin digandrungi banyak temen kita. Cara pertemanan yang lebih ngetren dengan sebutan Social Networking atau Jejaring Sosial itupun semakin banyak pilihannya. Ada Facebook, Friendster, My Space, dan masih banyak lagi lainnya.

Maka, sejauh mana cara itu disukai temen-temen Jogja dan fasilitas apa yang mereka pilih, semua itu disampaikan oleh temen-temen responIn (sebutan koresponden indikasi,Red). Dan sejauh mana pula tementemen kita yang masih duduk di bangku SMA mengenal dan memanfaatkannya?

Ternyata dari 200 poling yang disebar khsusus untuk temen-temen SMA, 94 persen responIn ternyata sudah mengerti yang dimasud dengan social networking.

Tapi yang punya atau menerapkan fasilitas itu cuman 92,7 persen. Jadi emang bener kalo ngerti itu nggak harus memiliki, he..he..he…

Nah, situs jejaring sosial yang paling banyak dikunjungin atau jadi favorit responIn adalah Facebook (52,7 persen) disusul Friendster (42 persen).

Banyaknya temen–temen responIn yang punya Facebook menempatkan system pertemanan dunia maya itu sebagai dolanan favorit mereka (43,3 persen), selain itu ada yang tertarik karena tampilannya menarik dan mudah dimaenin (30,7 persen) sehingga responIn jatuh hati ama yang namanya facebook atau yang akrab kita sebut dengan FB (bukan BF loh). Adanya fi tur chating dan mudah nemuin temen juga membuat repsonIn betah banget maen FB, “Seru aja maenan FB, bisa chating dan gampang banget nemuin temen–temen yang belum jadi temenku di FB,“ ujar Yuda siswa SMA Negeri 11 Jogja.

Lain halnya Yuda, Dhyana dari SMA Negeri 3 Padmanaba yang menyatakan suka maen Facebook karena FB itu katanya Dhayana bangeettttt. Loh koq gitu ??

“Aku itu anaknya cerewet, supel dan suka punya banyak temen makanya pas maenan FB aku ngerasa nemuin Dhyana,” seloroh gadis yang doyan online ini. Terus Dhyana bangetnya dimana?? kok nggak nyambung ya??

Perlu temen–temen tahu, kalo si empunya Facebook si Zuckerberg mendapatkan penghargaan dari Majalah Forbes sebagai miliuner ”self made” termuda di planet ini. Then saat ini ada lebih dari 175 juta pengguna aktif dengan berbagai fasilitas yang ada di Facebook, kini situs ini jadi situs keempat yang paling sering dikunjungi di dunia. Waow…

Demam facebook ternyata tak hanya melanda temen–temen responIn, team Indi (sebutan wartawan Indikasi,Red) sebenernya juga lagi demam facebook juga loh, tiap di kantor mereka on-line terus sampe lupa diri (tapI nggak gila loh). (had)

---------------------------------------------

Nambah Temen dan Ngurangin Musuh
Untuk Cinta Damai

SIAPA bilang temen-temen SMA di Jogja hanya suka musuhan ama tawuran? hare gene tawuran ?!! Capcay day, he..he..he.... Nambah temen dan ngurangin musuh (cinta damai) ternyata adalah hal yang paling disuka oleh responIn. Buktinya mereka yang punya Facebook, Friendster maupun Social Network dan lainnya, 60 persen di antara responIn mengaku punya tujuan baik, yakni buat nambah temen ama ngurangin musuh alias cinta damai cuy. Sedangkan 20 persen lainnya punya social networking yang dipake sebagai alat komunikasi, entah untuk komunikasi ama pacar, temen, ortu, pakdhe bahkan sampe eyang kakung..

“Sudah nggak zamannya musuh–musuhan, apalagi sampe tawuran segala, mumpung sekarang banyak fasilitas buat nambah temen. Apalagi sekarang kita udah bisa nambah temen lewat social networking napa nggak itu kita manfaatin,” ujar siswa SMA Muhammadiyah 1 Jogja Mochammad Robby Rafsonjani atau yang akrab lebih akrab dipanggil Oby Nying–Nying.

Apa yang diomongin Oby Nying–Nying itu emang banyak benernya, mumpung banyak fasilitas buat nambah temen sebanyak–banyaknya, kenapa nggak kita manfaatin dengan baik dan benar. Sudah seharusnya kita cinta damai dan bersama kita bisa!!! Loh kok malah kayak slogan pemilu 2004?

Farid yang siswa Budi Mulia Dua Jogja yang juga pemain basket di DBL Radar Jogja 2009 menambahkan, bahwa nambah musuh itu mudah, tapi kalo nambah temen itu susah banget makanya nggak gampang kan punya banyak temen, buktinya kita kudu online dulu. (had)

---------------------------------------------

In-Voice

Nissa A Pilar, SMA Muhammadiyah 1 Jogja
"Untung sekarang ada social networking, jadi bisa nambah banyak temen. Terus enaknya punya social networking kayak Facebook atau friendster, bisa ketemu ama temen-temen dari TK hingga SMA."



Devi Umi P, SMA Negeri 11 Jogja
"Awalnya sih pengen iseng aja bikin facebook, eh malah ketagihan. Dulu sering banget online pas masih belum sibuk banget di OSIS. Sekarang sibuk banget, jadinya FB-ku hampir tak terurus, aku sempet kaget aja pas kemaren buka FB-ku, banyak banget friend request nya, ada lebih 100 orang yang belum aku confirm, maaf buat yang belum aku confirm, coz capek banget mengconfirm satu persatu.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja