Orkestra Stella Duce 2 Jogja

(Selasa, 14 April 2009)
SMA STELLADUCE 2
Asyiknya Gabung di Stero Orkestra

ANAK SMA ngeband tuh dah biasa, tapi kalo mereka main orkestra? Itu baru luar biasa. Dan hal luar biasa itu dah dilakoni ama temen-temen kita dari SMA Stella Duce 2 ato yang lebih kesohor dengan sebutan SMA Stero Jogja.
Sebenernya orkestra itu bagian dari kegiatan ekskul Stero, trus kelompoknya dikasih nama Stero Simphony Orchestra. Ekskul yang diasuh Pak Jendra dan Mas Wahyu ini emang banyak digemari ama anak-anak Stero. Tapi untuk gabung di dalamnya nggak gampang coy. Karena harus melalui tes segala.
Seperti mereka harus ngejalani pelatihan dasar biola selama kurang lebih 5 bulan. Setidaknya itu yang udah dialami Anastasia Melani siswa kelas XI IS. “Diajarin megang biola yang bener, diajarin nggesek biola yang bener, dan yang paling sulit belajar baca not balok,” kenang Anastasia.
Dan ternyata perjuangan untuk bergabung di Stero Simphony Orchestra gak cuma itu man! Karena ngumpulin niat untuk latian juga penting banget. “Kadang-kadang kita suka males datang latihan karena capek atau lagi gak mood. Apalagi kalo yang datang latihan dikit, kita jadi gak bisa rasain feel lagu yang kami bawain,” ungkap Yosephine Laura Rachelita yang bertugas menggesek cello.
Beratnya tantangan itu nggak lantas bikin para musisi berhenti berlatih. Kesadaran, tanggungjawab dan keinginan memberikan tampilan terbaik buat sekolah. Orkestra ini beranggotakan 20 orang. Mereka terbagi menjadi beberapa bagian, string section seperti violin, biola alto (viola), cello. Masih ada section tiup kayu seperti flute, clarinet. Juga ada section gitar.
Soal prestasi yang mereka dapet juga cukup membanggakan guys! Mereka sering manggung di beberapa gereja di Jogja. “Di Orkestra Stero aku pertama kali main di EKM (Ekaristi Kaum Muda) Gereja Santo Antonius Kotabaru dan Misa Natal 2008,” jelas Catharine Emaniar yang biasa dipanggil Ine. Selain itu mereka juga pernah ngantongin predikat juara 1 musikalisasi puisi di SMA Kolese De Britto. ‘’Kami besok (16/4) kita juga dapat undangan manggung ngisi acara Rakornas dan pertemuan suster-suster Carolus Boromeus se-Indonesia,’’ kata Ine.
Untuk bisa main dan ngapalin lagu ama nada-nadanya, mereka kudu bisa menjiwai lagunya dulu. “Lagu-lagunya sweet benget. Apalagi pas kita menghayati lagu itu,” kesan Lucia Ari Wahyuningtyas si violis soal lagu-lagu pop yang dimainkan dengan aransemen baru.
Mereka juga ngaku bangga bisa gabung di Orkestra Stero. “Karena orkes bukan sekadar ekskul, tapi tempat bagi mereka yang mau belajar musik. Mulai dari nol atau mengembangkan bakat bermusiknya. Ekskul orkestra bukan hanya ajang main-main, tapi kita juga belajar tanggung jawab menjalankan tugas,” tambah Ine yang ngikut jejak kakaknya di bidang musik.
Pengalaman temen-temen Stero ini bisa ngasih kita titik terang, bahwa sekolah itu nggak cuma belajar doang. Tapi juga kesempatan buat ngembangin hobi dan bakat. (sha)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja