Plastic Funtastic

(Selasa, 21 April 2009)
Plastic Funtastic
Bukan Sekadar Have Fun

SEBENERNYA banyak komunitas di Jogja yang ngumpul nggak sekadar have fun lho. Tapi ada juga yang sengaja ngumpul untuk saling tukar ilmu. Salah satunya yaitu komunitas Plastic Funtastic.
Komunitas ini anggotanya para pecinta kamera mainan ato yang lebih keren disebut Toy Cam. Jadi jangan remehkan yang namanya kamera mainan ato Toy Cam, karena meski bahan dasarnya cuman plastic, namun hasil jepretan kamera ini dahsyat juga lho. ‘’Komunitas ini kami namakan Plastic Funtastic karena yang kita pake emang kamera plastik,’’ ujar mahasiswa Filsafat UGM, Hafidz Maulana.
Menurut dia, awal berdiri namanya bukan Plastic Funtastic. Namun karena ada perbedaan visi, misi dan lain-lain terpaksa dibikin komunitas baru. ‘’Yang lebih sistematis dan jelas,” ujar Hafidz.
Selain itu mereka juga pengen lebih mandiri, maksudnya supaya bisa berdiri sendiri en bisa bebas berkreasi. Menurut Hafidz, Plastic Funtastic berdiri sekitar bulan Januari 2009.. so usianya masih seumur jagung, tapi yang gabung di komunitas ini udah banyak lho.
Kalo gabung di Plastic Funtastic, mereka nggak lagi sekadar motret ato setidaknya nggak asal motret. Jadi harus punya tanggungjawab atas foto yang diambil, take a picture. ‘’Artinya supaya mereka punya konsep dan tujuan jelas. Soalnya kita pake roll film dan sekarang harganya mahal, trus susah juga kalo nyarinya,’’katanya.
Intinya sih, supaya ngirit gitu loh. Nah itu yang kemudian membuat plastic fantastic nggak sekadar komunitas have fun aja, tapi mereka juga belajar bertanggungjawab, dan bisa sharing ama temen, keren khan guys?
“Pake kamera mainan yang masih pake roll film itu bagi kami lebih punya arti dan kesan tersendiri lho. Apalagi kalo motret trus liat hasilnya. Beuhhh keren banget coy! Trus kalo kalian semua mau gabung, masuk aja ke forum kita, di Plastic Funtastic Yogyakarta (Facebook), dan jangan lupa di add ya,” ujar Latan’ Rizky, Mahasiswa Fakultas Pertanian UGM yang juga aktif di komunitas.
Menurut dia, gabung di Plastic Funtastic bakal asyik dan nggak ngebosenin. ‘’Bisa dapet banyak pengetahuan ama skill-skill motret yang baik, benar dan bertanggungjawab. Kayak bagaimana nyikapi obyek yang kurang pencahayaan dan banyak lagi. Kita punya prinsip jangan terbatas dengan keterbatasan alat, tapi manfaatkanlah keterbatasan alat itu,” kantanya. Oke, see you guys. (eza)

Istilah-istilah :
Multi Exposure : gabungan dua gambar ato lebih jadi satu frame
Red scale : Hasil foto jadi merah karena filmnya dibalik
Pin hole : kamera lubang jarum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja