Spesial Kartini 2009 (Share)

(20 April 2009)
Pilih Baju Adat Aceh

21 April bisa jadi hari yang slalu aku tunggu, karena aku pengen selalu bisa memperingati hari lahir R.A Kartini. Menurutku hari Kartini emang wajib hukumnya untuk diperingati!
Dengan begitu, aku selalu bisa ngerasain semangat juangnya. Beliau merupakan sosok yang inspiratif menurutku. Dari kecil aku udah tau kalo yang dikerjain Kartini adalah sebuah ide perubahan bagi wanita di mata masyarakat. Karena kultur kita dulu atau (mungkin beberapa) ampe sekarang, cewek itu dinomorduain setelah cowok.
Di SD aku dulu, memperingati hari Kartini wajib make kebaya ke sekolah karena akan ada upacara peringatan. Jujur, sebenernya aku kurang begitu suka harus pake kebaya ke sekolah. Soale aku dulu tomboy banget. Jadi paling nggak bisa kemana-mana pake jarik gitu. Nggak bebas.
Tapi dengan begitu aku tau kalo cewek jaman dulu itu kesiksa banget, karena mau nggak mau kudu pake kebaya. Nggak kayak kita sekarang bisa bebas pake kaos oblong, rok kotak-kotak, celana jeans, sepatu kets, dan lain-lain.
Akhirnya pas SMP penderitaanku berakhir. Karena sekolahku nggak mewajibkan pake kebaya, melainkan pake baju adat. Asikk! Dengan bangga aku ngusulin baju adat Aceh ke mama. Kenapa? Karena hanya di baju adat Aceh aja yang cewenya pake celana. Hahaha.. Di sekolah aku diledekin abis-abisan ama temen-temen, “Eh ini kan hari Kartini, kok pake baju Aceh?” kata mereka. Aku cuek sambil jawab,”Nggak papa, kan ada juga pahlawan wanita dari Aceh, namanya Tjoet Nyak Dien tau.”
Nah kalo pas SMA kan aku udah di Jakarta ya, jadi nggak ada acara pake baju adat ke sekolah. Palingan cuman upacara ama pidato dari kepala sekolah soal Kartini. Nggak diperingati secara fisik sih intinya. Tapi aku tetep seneng, karena menurutku peringatan hari Kartini nggak mesti secara fisik, karena peringatan secara fisikpun nggak jadi bermakna kalo kita nggak tau soal sejarahnya. Banyak lho anak sekolahan, tapi nggak tau banyak soal pahlawan-pahlawan yang berjuang untuk negara kita. Semoga temen-temen bukan termasuk dari mereka ya!
Bagi pemuda-pemudi harapan bangsa, jangan sampe lupa sama sejarah bangsa kita sendiri ya. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawan. Kita masih wajib baca-baca buku sejarah, dianalisa, terus dicari value-nya! Nggak cuma dibaca, diapalin, terus pas ujian dapet nilai bagus. Untuk para cewek-cewek, kita harus sadar akan potensi kita. Tiap orang punya cara yang berbeda untuk bisa memberikan “sumbangan” untuk negara. Kalo Kartini pake surat, kalo Cut Nyak Dien dan Christina Martha Tiahahu dengan memanggul senjata di medan perang, begitu juga kita yang udah menikmati kemerdekaan ini. Gali potensi kita untuk bisa “nyumbang” negara. Are you ready?

Syaharani – Penyanyi Jazz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja