Memasak di Budi Mulia Dua

(Selasa, 7 April 2009)
SMA Budi Mulia Dua Jogja
Pelajaran yang Bikin Kenyang

BIASANYA, kalo jam pelajaran ampe kepanjangan bikin temen-temen jadi boring. Tapi nggak begitu bagi temen-temen di SMA Internasional Budi Mulia Dua Jogja. ‘’Apalagi kalo ikutan pelajaran Culinary Art,’’ sergap Aisha Hanum, murid kelas XI itu penuh semangat.
Hmmm…dari namanya aja udah bikin perut tambah laper nih…. karena tampaknya ini jenisnya “maknyuss…” di televisi itu ya? Eits, ternyata nggak jauh beda. Bahkan yang ini bukan cuman icip-icip aja, tapi lebih seru lagi karena ada wajib masaknya sekalian. Kalo di Indonesia lebih populer dengan sebutan tata boga.
Pelajaran yang bikin perut tambah laper ini bisa diikuti tiap Selasa jam setengah tiga ampe jam empat sore. Yaitu di saat-saat cacing perut pas pada demo, jadi klop buanget..!
Pelajaran ini emang asik banget, karena semua bahan yang mau dimasak udah komplit disediain ama sekolah. Muridnya cukup bawa pisau dan celemek. Jadi, di sekolah tinggal praktek dan makan… hmmm… mantab cing!
“Kita terbagi dalam kelompok-kelompok. Tiap kelompok ada lima orang. Ada yang bagian ngiris, numis, de..el..el,” imbuh Aisha Hanum.
Katanya sih, udah banyak banget resep yang dicoba di Lab Culinary Art (padahal maksudnya cuman dapur sekolah,red). Dari masakan nusantara, luar negri, ampe eksperimen gabungan. “Pernah bikin kroket dengan bahan ketela. Hasilnya lumayan juga. he..he..he..kenyang,” kesan Abdul Aziz Purnama Adi, yang juga andalan tim basket SMA Budi Mulia Dua.
Trus, kira-kira menu apa yang jadi favorit mereka ya? “Ayam goreng Habang!!” serempak mereka kompak teriak. Ayam ras jenis baru kale? “Itu ayam yang digoreng, trus dimasak pake cabe atau ayam saos merah. Ini makanan khas Kalimantan,” jelas Lukman Arief.
Ternyata, mereka nggak cuman masak-masak terus dimakan, tapi juga mencoba memamerkan masakannya ke teman-temannya. Terutama pas ada Open House BMD, anak-anak Culinary Art buka stand lalu jual masakan karya mereka sendiri. Hasilnya, laris manis boss…!
Selain cerita soal kesuksesan, temen-temen culinary art juga ngaku sering gagal juga. ‘’Namanya aja belajar, pasti ada pahitnya juga. Apalagi kalo pas gosong, jadi betul-betul pait rasanya. Salah satu yang masih terkenang pas bikin Sponge Cake. Eee…. cake-nya malah kemps. Akhirnya kita kasih nama Cake Bantat, he...he..he...” kenang Dzakiya Dina yang akrab dipanggil Zazi. (gun/arm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja