Ke Skul Dianter Ortu ato Berangkat Sendiri

[Senin, 3 Agustus 2009]

Ke Skul Dianter Ortu ato Berangkat Sendiri
Bisa Ngirit Bensin dan Aman


INDAH dan segernya matahari pagi begitu kerasa saat kita berangkat ke skul sekolah (asal nggak musim ujan lho). Apalagi kita ditemeni ama orang tercinta, maksudnya papa en mama gitu. Ceilaaaa.... ke skul ditemeni ortu, papa en mama...? Waow emang enak, nyenengin ato balah bikin BeTe ya? Ke skul dianter ortu akan kerasa enjoy ato sebaliknya, itu perlu ditanyain ke hati kalian.
Retoris banget emang kalo tanya soal ke skul bareng ortu. Tentunya ada yang mau ngejawab jujur, en ada juga yang gak mau ngejawab jujur karena malu. Tapi yang pasti saat kru indikasi turun ke lapangan dan ngumpulin data dari 300 an temen-temen SMA bisa ketahuan kalo 11,11 persen diantara responIn sejara jujur ngejawab kalo masih dianter ortu. ”Aku udah kebiasaan ke skul dianter bapak. Abis rumahku jauh banget. Ya udah,.... mau gimana lagi?” Begitu pengakuan jujur temen kita Arum Ayu dari SMA Colombo.
Jadi sedikitnya ada 77,78 persen responIn yang udah nggak dianter ortunya. Tentu banyak alesan yang mereka lontarkan soal itu. Seperti Rahmat Khoirul dari SMA Muhammadiyah 3 Jogja. Katanya sih dia dah nggak dianter ortu karena sejak kecil emang berangkat ke skul sendirian aja.
Kadang nyenengin juga lho ke skul dianter ama ortu. Pengakuan itu dimiliki oleh 38,9 persen responIn. Katanya sih kalo dianter ortu bisa ngirit bensin. ’’Ya mau gimana, kalo bensin udah mepet. Ya mending dianter bapak,” kata Fauzal dari SMK Piri sambil ketawa cuek.
Kalo masalah safety sih emang bisa diandalin. Kebukti 44,4 persen responIn ngerasa aman banget kalo ke skul dianter ortu. Ya emang itu yang dirasakan ama Fadillah dari SMAN 1 Jogja. ”Aku ngerasa jadi anak yang dijagain banget kalo dianter ama dijemput ortu. Makanya aku seneng,’’ katanya saat menanti kedatangan papanya.
Sedangkan 77, 78 persen teman kita yang udah nggak dianter ortu itu mayoritas pada berangkat sendiri. Yah namanya udah SMA, masak nggak bisa berangkat sendiri, gitu kata sebagian besar teman kita ini. Seperti yang dilontarkan Alfia Ayu dari SMAN 6 Jogja. ”Ngapain dianter ortu, khan aku dah bisa berangkat sendiri.”
Dan di antaranya ada 16 persen responIn terpaksa nggak dianter ortunya karena kesibukan kerja. Istikhomah dari SMKN 2 Jogja ngalami hal itu. ”Ya gimana, bapak udah nggak ada waktu lagi. Jadinya aku harus berangkat sendiri,” katanya sambil ngebenerin letak kacamatanya.
Well...guys, kalo udah begini tahu khan alesan-alesan mereka. Tapi dianter ortu ato nggak yang penting sekolah jalan terus. Kita tetep aja harus semangat. Kalaupun ke skul dianter ortu ya tetep aja ada sisi positifnya. Jangan anggap itu hal yang memalukan. Karena bagaimana pun mereka itu sayang ama kita-kita cuiy. Jelas mereka pengin tetep ngejagain kita. Dan buat yang ke skul berangkat sendiri, ya itu udah pilihan. Jadi tetap aja semangat ya sob! (sha)

---------------------------------

Aku Khan Udah Dewasa!!

DARI 300 responIn temen SMA yang jadi target kru Indikasi, kita akan ngutip dikit salah satu pengalaman mereka. Ya....kita ambil aja contoh temen kita yang ngerasa nggak seneng kalo ke skul harus dianter-anter ama ortunya.
Hmm.... kita emang nggak bisa nyalahin kalo temen kita punya inisiatif berangkat ke skul tanpa didampingi ortu. Karena dianya emang udah gede. Dan nggak bisa dibantah lagi ketika dianya ngerasa pengen dianggep dewasa. ’’Emang bener kita udah gede sekarang, jadi nggak usahlah ortu ikut-ikut capek nganterin kita ke skul. Kita khan udah harus belajar lebih mandiri,’’ lontar Aswin Bahar dari SMAN 1 Kasihan Bantul.
Dari data temen-temen yang ngaku berangkat ke skul tanpa didampingi ortu, 28,57 persen di antaranya ngerasa malu jika dianggep anak kecil.
Contohnya ya si Aswin Bahar tentunya. ”Biar kita lebih mandiri. Masak kemana-mana masih harus ama orang tua?” katanya lebih memantapkan alesan.
Sementara beberapa alesan lain yang banyak dilontari temen-temen yaitu dengan dianter ortu itu akan ngebatesin ruang pergaulan mereka. Minimal itu sih alesan Dedik Kholis dari SMK Taman Karya Jogja. ’’Ya jelaslah, kalo dianter jemput ortu nggak bisa bebas. harus langsung pulang rumah lah ato apalah. Jadi aku nggak bisa nongkrong-nongkrong dulu ama temen! Rugi donk kalo nggak ngobrol-ngobrol dulu,” katanya.
Yupz, emang kita nggak bisa nyalahin mereka, tapi tetep aja kita harus inget ama ortu. Kalaupun ortu pengin kita tertib itu jelas ada alesannya. Kalopun udah bisa berangkat sendiri, artinya udah diberi kepercayaan ama ortu, tentunya kita juga nggak boleh abaikan kepercayaan mereka. (sha)

---------------------------------

IN TALK
Dianter Ortu Jaminan Rasa Aman

SALAH satu kewajiban orang tua ke anak adalah memberi rasa aman kepada anaknya. Di antaranya diwujudkan dalam bentuk ngantar anak sekolah. Karena dengan begitu orang tua merasa nyaman sekaligus tahu persis bahwa anaknya aman, sampai sekolah dengan selamat dan tepat waktu.
Sebenarnya orang tua tidak hanya bertugas antar jemput anak ke sekolah. Tapi lebih dari itu dengan mengantar dan menjemput anak ke sekolah merupakan jaminan bagi anak agar merasa aman dan bisa pulang tepat waktu. Apalagi suasana keamanan saat ini tidak stabil.
Akhir-akhir ini, yang namanya berangkat sekolah diantar orang tua dianggap hal yang kuno. Bahkan anak itu dianggap anak kecil oleh sebagian temennya.
Sementara anak yang berangkat sekolah naik kendaraan sendiri, dia harus bertanggung jawab terhadap dirinya, maupun orang lain. Karena situasi jalanan belum tentu sesuai pikiran. Semua bisa saja terjadi dan harus ada antisipasinya. Dari sisi hukum contohnya, bentuk tanggung jawab pengendara dibuktikan dengan kepemilikan SIM. Kepemilikan SIM mutlak bagi pengendara kendaraan pribadi karena itu sudah diatur UU. Namun realita sekarang, banyak anak-anak usia sekolah yang belum punya SIM, tapi mereka sudah diizinkan mengendarai motor oleh orang tuanya.
Maka untuk meminimalisir resiko yang ada, dianter orang tua adalah salah satu solusi agar bisa mendapatkan rasa aman hingga sampai sekolah. (per)

A. Riyanto, Guru SMAN 9 Jogja

---------------------------------

IN VOICE

Udah kebiasaan berangkat sendiri sejak dari SD. Biasanya berangkat bareng temen-temen, jadi rame. Ini juga baru usaha bikin SIM biar bisa bawa motor sendiri. Jadi nggak ngrepotin ortu. Itung-itung jaga diri biar mandiri. Hehehe….
Abdurrobi Al Askari, SMK Muhammadiyah 3 Jogja, X Otomitif 1


Kadang-kadang masih dianterin ama ortu. Namanya juga ortu, wajar kalo sering khawatir ama anaknya. Tapi aku juga usaha buat ngeyakinin ke mereka kalo aku juga bisa sendiri.
Rosita Carolin, SMAN 1 Ngemplak, kelas X C


Kadang juga masih dianter ortu. Kalo dah gitu aku ngarasa aman. Seneng juga sih ortu masih begitu perhatian. Tapi kadang ortu juga ngasih kepercayaan ke aku buat berangkat sendiri.
Cindy Winingsih, XI Busana 3, SMKN 6 Jogja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja