Saat Dipercaya Temen jadi Tempat Curhat

[Senin, 10 Agustus 2009]

Saat Dipercaya Temen jadi Tempat Curhat
Banyak yang Nggak Segan Berbagi Pacar


SOAL pacar ato berantem ama sahabat merupakan persoalan yang sering didenger ama responIn yang sering jadi tempat curhat para temen-temennya. Sedikitnya ada 92 persen dari 300 responIn yang emang pernah jadi tempat curhat temennya.
Salah satunya temen kita Rasmadanti Drajat dari SMA 1 Depok. “Kata temen-temen, aku selalu ngedengerin kalo mereka curhat en aku ngasih solusi. Minimal bisa ngehibur lah, he..he..he Pokoknya, banyak deh masalah temen-temenku ini,” papar Rasmadanti sambil tertawa.
Trus kira-kira persoalan apa sich yang banyak dicurhatin? Kata para responIn, 31,2 persen yang dicurhatin adalah soal rebut-ribut ama pacar. “Aku banyak dicurhatin ama temen cewe di skulku, mereka curhat masalah pacarnya. Ada yang diduain ama cowonya, trus ada yang cuma salah paham. Ya gitulah,“ ujar Moch Rooby Rafsanjani dari SMA Muhammadiyah 1 Jogja.
Pemain inti tim basket dari Muhi kelas xii IPS 2 inipun mengaku sering bingung jika harus ngadherpi soal itu.
Tapi ada juga lho responIn yang dicurhatin bukan masalah pacar, tapi masalah dengan sahabatnya. Ada sekitar 17,8 persen responIn yang dicurhatin soal persahabatan tersebut.
Salah satunya Butet Ika Fitrina Siregar dari SMA 6 Jogja. Dia lebih banyak dicurhatin soal konflik antar teman. “Mereka kebanyakan curhat soal konfliknya ama temen-temennya. Ada yang ngekhianatin persahabatannya gara-gara salah satu temennya ngerebut pacarnya. Banyak banget deh latar belakang laen,” tegas pemain voli yang kini udah Kelas XII IPS 2.
Trus reaksi responIn setelah ngedenger temennya curhat kayak itu gimana sih rasanya? Ternyata 64,3 persen responIn nasehatin mereka cara menyikapi masalahnya. Ternyata para responIn ini baik-baik ya, he..he..he..
Mikhael Elsafan dari SMA Kolese de Britto kelas XI Ips 2 ngaku sering banget dicurhatin temennya dan selalu ngasih mereka nasehat. “Aku sih cuma ngasih solusi aja, en nasehatin mereka. Tapi soal penyelesaiannya kembaliin ke masing-masing. Aku nggak mau terlalu ikut campur lebih dalam.”
Ada juga lho responIn yang sampe nganggap temen curhatnya itu sodara. Buktinya ada sekitar 51,8 persen responIn yang bilang kayak gitu. “Anggep mereka sodara, dia khan curhat dan butuh bantuan kita. Ya mungkin orang itu emang lagi bingung, makanya dia butuh sodara buat jadi temen curhat. Lagian kita beruntung banget lo kalo dijadiin tempat curhat, berarti kita udah dipercaya ngebantu nyelesein masalah mereka,” jelas Ramdini Ajeng Gayatri dari SMAN 9 yang kini di kelas XII IPA.
Tapi pendapat Yonathan Williem dari SMA Kollese de Britto kalo dirasakan emang agak beda. Dia termasuk dalam 14,9 persen responIn yang nyebut temen yang suka curhat itu orang stress. “Orang yang sering curhat itu stress, karena banyak masalah. Maka cerita ke temen dapat ngurangin masalah. Mungkin temen yang diajak cerita dapat kasih jalan keluar sehingga dapat ngurangin stress mereka,” jelas Yonathan yang lebnih akrab disapa Yonk-yonk ini. (eza)

------------------------------------------

Mereka Anggap Kita Sodara

KITA wajib ngebantu temen yang punya masalah. Tapi, curhatnya ya jangan ampe berlebihan, apalagi ampe ngebuat kita yang ngedengerinnya jadi bosen. Hasil penelusuran kru Indikasi ketahuan kalo 14 persen responIn bosen ngadepin anak yang suka curhat, apalagi materi yang dicurhatin Cuma itu-itu aja.
Ampe–ampe Redita Ayu Renjani dari SMAN 2 Jogja ngerasa pengin nyumpelin mulut temennya itu kalo mula curhat yang itu-itu juga. “Bosen juga sih, apalagi yang diomongin yang itu-itu aja. Khan jadi monoton, he..he..he…. Bukannya aku jahat lho ato nggak mau ngebantu. Tapi khan wajar kalo kita juga punya pikiran kayak gitu. Kita sendiri yang jadi bĂȘte,” ujar siswi kelas XI IPA ini.
Tapi syukurlah, karena 84 persen responIn nggak bosen kok. “Ya nggak bakal bosen lah. Ya itulah gunanya kita punya temen. Selalu ada di saat seneng ato sedih. Jadi ya nggak salah kalo bantu mereka,” jela Ashari Erdianto dari SMKN 2 Depok kelas XII TP-A yang ikutan ekskul PMR.
Dari yang nggak bosen dengerin curhat itu 54,7 persen di antaranya punya penilaian bahwa itu emang udah tugasnya ngebantu temen. “Kita sebagai temen wajib ngebantuin, tapi ada batesannya. Tergantung apa yang bisa kita kasih,” kata Rahmindya Anung Harsiwi dari SMAN 8 Jogja kelas XI IPS.
Sedangkan 18,7 persen lainnya mau jadi temen curhat lantaran pengen tau kondisi temen-temennya yang curhat itu. “Kalo ngedenger orang curhat, selain bisa ngebantu temen, kita juga bisa tahu karakter dan kondisi temen kita yang punya masalah itu. Dan bisa jadi lebih akrab lagi ama mereka. Akan bagus lagi kalo kita bisa ngebantu mecahin masalahnya,” kata Artharini Kun Pujiati dari SMA Muhammadiyah 3 kelas XII IPS 2 anak Jakarta yang suka komik Detective Conan.
Maka, jangan biarin temen-temen kita yang lagi punya, karena mereka sangat butuh kita. Dan sebagai teman kita wajib bantu mereka. (eza)

------------------------------------------

IN TALK
Harus Bisa Jaga Rahasia

TIAP orang pasti pernah menceritakan sesuatu hal ke orang lain yang sudah di anggapnya dekat, dengan harapan akan dapat masukan yang bisa meringankan beban, hingga hal yang mengganjal itu bisa terselesaikan.
Hidup tak bisa sendirian, pasti butuh orang lain untuk membantu, meski hanya masalah sepele. Ya, curhat adalah perilaku bercerita soal masalah yang dilakukan seseorang yang terbebani masalah yang belum terselesaikan, dan butuh masukan atau sekadar bercerita, agar ia nggak sendirian menahan masalahnya. Curhat adalah kegiatan yang positif, karena bila kita punya masalah dan nggak kuat memikirkan masalah itu, lebih baik menceritakan masalah itu ke teman, orang tua, anggota keluarga, bahkan guru. Karena dengan bercerita, sedikit banyak sudah meringankan beban dan pemikiran supaya bisa hidup tenang, tidak terbebani masalah tersebut.
Dengan bercerita, kita juga bisa dapat dukungan, solusi dan motivasi biar bisa semangat lagi, dan masalah bukanlah sebuah hal besar yang mengganggu hidup kita.
Jadi teman curhat merupakan sebuah kesempatan langka. Karena belum tentu semua orang bisa jadi pendengar atau sekaligus jadi pemberi solusi yang jitu. Sebagai seseorang yang dianggap bisa membantu menyelesaikan masalah, teman curhat juga harus bisa jaga rahasia, karena kepercayaan itu susah didapatkan. Nasehat yang diberikan teman curhat adalah bentuk pertanggungjawaban, karena semua orang pasti tak mau melihat teman atau orang terdekat susah sendirian memikirkan masalahnya, dan pasti kita ingin membantu, meski hanya sedikit.
Jadi pendengar yang baik juga merupakan bentuk perhatian pada teman yang baru kesusahan. Namun, hati-hati memilih teman curhat. Pilih orang yang benar-benar mampu menjaga rahasia. Bisa aja teman yang dulunya sahabat, dan sudah tau rahasia masing-masing, tiba-tiba hubungannya jadi jauh dan bisa-bisa rahasia yang dulu disimpan disebarkan ke orang lain. Jadilah teman curhat yang cerdas dan bisa menjaga rahasia, karena teman adalah bagian dari kehidupan kita. (per)

Dra. Tri Susilowati
Guru Bimbingan Konseling SMAN 1 Banguntapan, Bantul


------------------------------------------

IN VOICE

Sahabatku dah biasa cerita apa aja ke aku. Jadi tempat curhat itu nyenengin lho, bisa bantu temen yang lagi susah biar gak bingung terus. Kasian juga ngeliat temen susah sendirian, tapi topiknya tetep gak jauh-jauh dari masalah cinta. Walaupun mboseni, tapi buat sahabat sementara bosennya aku lupain.hehehe
Fitriana Santi Wahida Putri, XII IPA 3 SMAN 1 Banguntapan


Jadi temen curhat tu kudu bisa ngasih solusi en pendapat, biar masalahnya cepet selesai. Tapi itu aja nggak cukup, perlu ditambahin motivasi juga biar temenku bisa semangat lagi kaya biasanya. Temenku udah tak anggap sodara, jadi susah seneng ya bareng-bareng.
Arifin Mustafa, XII IPS 2 SMA Muhammadiyah 1 Jogjakarta


Semua orang pasti pernah curhat dan jadi temen curhat tu artinya kita dipercaya bisa bantu nyelesain masalah. Walopun peran kita kecil, yang penting temen tuh nggak boleh susah. Biasanya sih, kalo pada curhat kalo enggak masalah cinta ya pertemanan. Tapi aku usahain bantu biar masalahnya cepet beres.
Laila Fitriyani, XI Busana 3, SMKN 6 Jogjakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja