Mengunjungi Dunia Komik Jepang

[Selasa, 4 Agustus 2009]

SMAN 7 Bikin Chisai Koto de Ookii Henka
Mengunjungi Dunia Komik Jepang


AWALNYA kayak mimpi masuk ke dunia komik. Itu kesan awal waktu nyemak proses ekskul Jepangnya temen-temen SMA Negeri 7 Jogja. Karena salah satu cara untuk ngebuktiin eksistensi mereka soal Jepang. Maka mereka pun ngadain festival yang Jepang banget. Acara puncaknya digeber hari Minggu (2/8) lalu. Tajuk acaranya pun Jepang buanget, Chisai koto de ookii henka. Wuih, apaan tuh?
“Sebuah langkah kecil untuk sebuah langkah besar. Maksudnya gitu. Kita ngelakuin ini khan awalnya kecil-kecilan, terus dibuat jadi tambah oke,” terang Nila Rezha Diyestia Rakhma, siswi kelas XII IPA 3 yang kebagian job bendahara.
Festival ini bisa dibilang beragam dan disediain buat SMP, SMA, dan umum. Soalnya ada lomba Moji o Yomimasu (membaca huruf Jepang), Kaku (menulis), shodo (menulis kanji Jepang), doojinshi (menggambar), menghias bento (kotak bekal makan) buat temen-temen SMP sama SMA. Terus kalau buat umum, ada festival band lagu-lagu Jepang, karaoke lagu-lagu Jepang, dan pastinya cosplay.
Tujuan kegiatan ini buat ngenalin Nihon Soshiki ke masyarakat luas, utamanya biar jadi inspirasi temen-temen komunitas Jepang yang ada di Jogja. “Pecinta budaya Jepang di Jogja rasanya udah banyak, khususnya coplay. Makannya kami bikin acara yang bisa mewadahi mereka,” tambah cewek yang akrab dipanggil Ezha ini.
Nah, karena yang punya gawe temen-temen ekskul SMAN 7 Jogja, pesertanya nggak boleh siswa dari SMAN 7 Jogja. Iya lah, masa ya iya dong… kalau pesertanya dari SMAN 7 Jogja kan bisa terjadi kecurangan.
Pastinya, nggak gampang dong bikin acara yang heboh macam ini. Ada banyak kendalanya. Apaan aja? “Kendalanya, pas kemarin ini kan sekolah-sekolah pada libur jadinya kami kesulitan buat nyebarin undangan ke sekolah-sekolah. Udah gitu, pasang posternya juga lumayan mepet hari H,” jelas Ratih Eva Nurvita selaku Ketua Panitia.
Meski banyak kendala yang mereka hadapi, pastinya mereka nggak gampang nyerah dan tetap semangat dong. Buktinya acara bisa dibilang meriah dan disambut penuh antusias ama pecinta-pecinta budaya Jepang, terutama pecinta karakter kartun Jepang. Salut deh buat temen-temen Nihon Soshiki yang udah sukses bikin acara keren banget. Pokoknya jangan gampang nyerah deh… Ganbate kudasai!! (gun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja