Sampek Engtay ala JB - Stece

[Selasa, 1 September 2009]

Sampek Engtay ala JB - Stece
Ajari Disiplin lewat Tontonan


LAGI-lagi SMA Kolese de Britto (JB) ama SMA Stella Duce 1 (Stece) unjuk kekompakan lewat panggung teater. Emang, dua sekolah ini kayaknya nempel terus kayak perangko! Dan kali ini lakon teater mereka angkat dari cerita Cina kuno, Sampek Engtay. Pementasannya di Taman Budaya Yogyakarta Sabtu (29/8) lalu keren banget and tiketnya aja sold out.
Tapi punya tiket pun juga bukan jaminan pasti bisa nonton, karena saat pertunjukan dimulai, tiket dah nggak berlaku lagi. Meski punya tiket otomatis nggak boleh masuk. Jadi penonton harus betul-betul tertib dan ngikutin aturan mainnya.
Tak kalah menarik adalah nyari jawaban atas pertanyaan kenapa sich koq Jebe ama Stece ini sering banget ngadain pentas teater bareng? “Emang sebenernya teater Jebe dan Stece itu gabung. Sebelumnya, kita udah sering banget ngadain pentas teater kecil-kecilan. Nah, sekarang waktunya buat bikin pentas teater yang heboh banget,” jelas Gregorius Ragil Wibawanto, yang njabat Pimpinan Produksi.
Pentas teater Sampek (diperankan Patricia Melati,red) Engtay (diperankan Yehezkiel Setiawan,red) malam itu juga merupakan bagian dari rangkaian ulang tahun Jebe dan Stece yang ke-61. Wuih, ulang tahunnya aja barengan, pantes kompak banget! “Tapi yang pasti, ya acara ini sebagai bentuk ekspresi anak-anak teater. Masa kita cuman latihan terus nggak pernah mentas?! Sama juga boong dong!” terang cowok gondrong yang akrab dipanggil Ragil ini.
Karena ini pertama kali Jebe ama Stece ngadain teater besar, kendalanya juga ada-ada aja. “Jujur, kita nggak pernah ngadain acara kayak gini. Secara tiba-tiba dihubungin ama pembimbing teater, Pak Didik (Ant. Didik Kristantohadi,Red). Bingungnya waktu mau nyebar proposal. Jadinya ya asal nyebar aja, untung ya bisa kelaksana,” ujar Ragil yang duduk di kelas XII IPS 3.
“Kalau aku sich kesulitannya itu waktu harus nolak penonton yang mau masuk tapi udah telat, khan jadi nggak enak gitu,” tambah Suryo Hapsono yang kebagian tugas Host Manager.
Emang profesionalisme panitia keliatan banget dari ketepatan waktu acara dan ketegasan mereka ama penonton yang dateng telat. Waktu pementasan udah berjalan, penonton yang telat udah nggak boleh masuk lagi, meski mereka punya tiket. “Ya itu semua kita lakukan buat menghormati temen-temen kami yang pentas. Mereka udah latian lama, nyiapin semuanya secara mateng, kan nggak enak kalau harus keganggu sama yang dateng telat,” terang Suryo yang duduk di kelas XII IPS 1. Salut deh sama komintmennya!
Panitia yang juga ditangani secara gabungan (jebe-Stece) itu udah nyiapin acara dengan mateng banget. Hasilnya juga nggak main-main, semua tiket laku kejual. “Kami udah dari bulan Juni nyiapin semuanya. Seneng banget apresiasi dan dukungan temen-temen cukup gede, dan yang nonton bisa penuh,” terang Veronika Galuh si bendahara.
“Harapan kita sih, tahun-tahun beriktunya kita bisa lakukan ini lagi dengan acara yang beda dan pastinya lebih kreatif,” tutup Ragil.
Tetep kompak deh buat Jebe dan Stece! Kekompakan kalian terus ditunggu di acara-acara lain! (gun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja