Even Skul

[Senin, 1 Juni 2009]
Bikin Event di Skul, Why Not?
Jadi Sarana Nambah Temen dan Nyalurin Hobi

ENAKNYA ngapain ya, biar skul kita bisa makin eksis, dikenal banyak orang and bikin siswa-siswinya makin kompak + kreatif? Bikin onar? Ihh nggak banget deh! Ngejuarai Olimpiade Sains? Hmm... boleh juga, tapi masih kurang seru. Trus apa donk? Banyak hal yang bisa dilakuin, mungkin salah satu yang ampuh adalah bikin event di sekolah.
Buktinya mayoritas (94 persen) responIn ngaku sekolahnya pernah bikin event. Dan yang biasa dibikin tuh Pensi ato Pentas Seni (70,2 persen), so event yang bikin tubuh sehat dan kuat serta menumbuhkan jiwa sportif! Yups, apalagi kalo bukan event olahraga macam Basket, Volly, Futsal, dan sejenisnya. Untuk event olahraga ini, didukung 21,7 persen responIn.
Tapi kudu inget juga, kalo bikin event tuh nggak mudah. Butuh tenaga ekstra keras, ide-ide kreatif plus inovatif, komitmen panitia juga harus kuat, ekstra dukungan dari sekolah (baik guru ama temen-temen), serta masih banyak kebutuhan lain yang harus disediakan. Nggak mudah khan? but di balik kesusahan pasti ada kemudahan.
Setidaknya itu yang pernah dialamin ama Arief Setyawan (16) dan temen-temennya dari SMA Negeri 4 Jogja. “Seru banget deh kalo ada event di sekolah, kebetulan aku pernah jadi panitia event sekolah pas Januari lalu. Awalnya sih susah juga, coz kita nggak pake tenaga EO (event organizer). Guest star kita Seringai, tapi dengan semangat dan kerjasama baik panitia dan sekolah, akhirnya acara berjalan lancar dan sukses,” kenang Arief.
Arief juga nambahin, dengan adanya event di skulnya, setidaknya bisa nunjukin eksistensi ama kreativitas siswa-siswi SMA Negeri 4 Jogja. “Bangga aja kalo bisa punya event buat sekolah. Selain bisa nunjukkin kreativitas temen-temen satu skul, khan juga bisa jadi ajang promosi skul,” tambahnya.
Tiap skul pasti punya konsep pensi yang beda. Misal Pensinya SMA Negeri 4 Jogja bisa dinikmati masyarakat umum, sementara Pensinya temen-temen Stece (Stella Duce 1 Jogja) sifatnya lebih intern. Sarah Paradiska (17) dari Stece ngejelasin, meski di skulnya ada pensi, tapi pensinya lebih bersifat intern and only for Stece. “Pensi tempat kita (Stece,Red) memang untuk intern. Tapi seru, heboh banget. Coz nggak cuman band and guest star aja yang ditampilin. Tapi juga ada jingle antar kelas, and lomba modern dance,” terangnya.
Trus, kira–kira manfaat apa aja ya yang bisa dikantongi jika bikin event di skul? Mayoritas (44,7 persen) responIn ngerasa dengan Pensi bias nyalurin hobby dan bakat. Sementara 20,5 persen lainnya menilai dengan Pensi bisa nambah temen.
Seperti diutarakan Maria Arnia (16) dari Stero (Stella Duce 2 Jogja). “Dengan ada event di skul-ku, bakat temen-temen bisa lebih tersalurkan, dan nggak rugi latian keras selama ekskul. Seperti latian cheers and latian orkestra, coz biasanya mereka tampil pas pensi,” kata Maria.
Lain halnya ama Sarah Pradiska. Cewek yang hobi banget ndengerin musik ini ngrasa dapat manfaat dengan adanya pensi di skulnya, yakni nambah jumlah teman and bisa kenal ama teman-teman yang jauh dari kelas. “Skulku khan gede, siswinya juga banyak. Jadi nggak mungkin bisa deket and kenal satu sama lain, nah dengan Pensi bisa mempererat tali persaudaran antar siswi,” ungkap temen dari Stece ini. (had)

--------------------------------------

Dari Ultah Ampe Agresifnya OSIS

GUYS, kreativitas temen-temen SMA itu emang nggak boleh diremehin lho. Karena mereka kebanyakan bisa sukses bikin acara-acara gede. Nggak tanggung-tanggung konsep yang mereka usung. Out of box banget mikirnya! Emang itu cerminan anak muda zaman sekarang (cie…..).
Ngebuat event di skul itu pasti ada alesannya. Bisa jadi untuk nandain ultah sekolah. Yups, bener banget 52,8 persen responIn punya pendapat kalo event di skul diadain untuk nandai ultah skulnya.
Temen dari SMA Stero (Stella Duce 2) Esther Maria Dimitri juga bilang begitu. ‘’Kalo pas ultah sekolah, sekolah kita pasti bikin acaran intern. Seru banget, semua kelas ikut ngedukung. Mulai class meeting ampe debate Bahasa Inggris antar kelas,’’ jelas Esther.
Kalo temen dari SMA Stama (Santa Maria) juga punya acara meriahin ultah, tapi konsepnya beda. “Pasti dimeriahin ama acara lomba buat anak-anak SMP. Kalo pas gitu aku seneng, karena bisa partisipasi,” ujar Dimitria Lena Narulita Ketua Voice of Stama.
Well, bisa dibilang yang namanya event itu udah kentel banget ama anak-anak SMA. Bahkan mereka nggak cuma bikin event untuk dinikmati sendiri. Tapi juga untuk umum.
Selain untuk peringatan ultah sekolah, 25,8 persen responIn juga bilang peran aktif anak-anak OSIS juga menetukan. Seperti kata Artharini Kun Pujiati dari SMA Muhammadiyah 3 (Muga) Jogja, kalo OSIS di skulnya aktif banget. Maka event di skulnya jadi padet banget. Mulai pembukaan taun ajaran baru ampe penutupan. ‘’Acaranya juga enggak monoton band aja, tapi juga ada bazaar makanan,’’ kata Atha yang penyuka novel yang juga terus ngedukung event-event di SMA Muga Jogja.
Soal frekuensi ato produktivitas tiap skul ngadain event emang beda-beda. Tapi minimal tiap satu tahun bikin satu kali event. Buktinya 32,7 persen responIn setuju ama hal itu. Misal bikin event perpisahan buat temen-temen kelas 3. “Aku udah dua kali ngalamin pensi pelepasan kelas 3. Tiap taun beda-beda konsepnya, and keren banget. Walopun cuman ngeband di skull aja, tapi soulnya kerasa banget,” ujar Nella Caroline dari SMA Stella Duce 1 Jogja.
Selain itu kebijakan tiap sekolah soal event juga nggak sama. Seperti di SMA Kolese de Britto diterapkan rolling panitia. ‘’Katanya sih biar nggak monoton. Selain itu mereka juga bias belajar,’’ kata Alfiat Kurniagraha dari de Britto. (sha)

--------------------------------------

INTALK

Edukasi dan Perhatikan Norma

JIKA event sekolah dikelola secara baik oleh peserta didik, pasti akan berjalan sesuai harapan. Sebagai guru, kami tetap akan mendukung dan mengarahkan mereka. Semuanya harus sejalan dengan visi dan misi sekolah.
Even-even rutin sekolah seperti ulang tahun sekolah, 17 Agustus, dan berbagai macam hari besar lain, sebenarnya memberikan pelajaran berharga bagi peserta didik. Mereka banyak belajar tentang mengorganisasi sebuah acara, dan meningkatkan daya apresiasi terhadap seni. Selain itu sekolah juga dapat keuntungan bisa jadi lebih dikenal di masyarakat luas.
Perlu diperhatikan, pengisi even sekolah harus memperhatikan norma, jangan sampai norma dan kaidah yang berlaku dilupakan. Dengan diadakannya even sekolah, sebenarnya memberikan angin segar, sebab peserta didik diberi suasana yang beda. Dan tak bisa dipungkiri, peserta didik memang menyukai even sekolah. Di sini mereka bisa refreshing dari kejenuhan belajar di kelas.

Antonius Haryanto SPd
Guru Fisika SMA Stece Jogja

--------------------------------------

INVOICE

Panitia event skul harusnya jangan itu-itu aja. Kasian panitianya, pasti pada capek. Mending ada rolling gitu. Hmm… selain itu bisa juga diagendain di bulan-bulan tertentu. Biar lebih fokus and maksimal. Aku bangga ama pensi yang dihasilin sekolahku, cuz sukses. Apalagi ampe diomongin di depan sekolah laen. Gimana gitu rasanya..
Izza Zukhrufia SMAN 8. kelas X SBI 2


Event skul yang seru itu adalah even yang bisa narik anak-anak buat ngikutin acaranya. Harusnya ada nilai edukasinya juga. Eits…tapi inget, jangan nglupain tujuan para bapak/ibu guru kita. Mereka khan pengennya acara tuh ngehibur en ngedidik. Kayak workshop yang ngebuat kita lebih tau en bisa belajar langsung.
Kurnia Fitriatun XA SMA 1 Kasihan Bantul.


Asyik aja kalo di skul ada event gitu, selain kreatif, juga punya banyak manfaat buat sekolah. Bisa bikin sekolah makin eksis dan dikenal banyak orang.
Arnanda Arvi, Kelas X SMA Negeri 6 Jogja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja