Ujian Akhir Semester

[Senin 8 Juni 2009]
Banyak Cara Taklukin UAS

PERASAAN deg-degan emang sering muncul saat temen-temen kita mau ngadepin Ujian Akhir Semester (UAS) seperti saat-saat ini. Gimana nggak deg-degan, karena yang namanya UAS itu sangat nentuin nasib temen-temen kita. Apakah mereka bakal jadi penghuni tetap di kelasnya ato sukses melangkah lebih maju.
Supaya deg-degannya nggak kebangetan ampe bikin jantungan, harusnya temen-temen udah nyiapin belajar sejak lama. Nah, sekarang apa bener temen-temen udah nglakuin cara itu? Kru Indikasi pun nelusurin perjuangan responIn buat ngadepin UAS. Check it out….
Biasanya temen-teman males buat nge-review lagi pelajaran yang udah mereka dapet. Namun untungnya 86,3 persen responIn tergolong sosok yang rajin, karena udah nyiapin strategi buat perang ngelawan UAS. ‘’Aku jadi lebih rajin ngerjain soal-soal UAS taon lalu. Juga soal-soal dari sekolah lain. Itung-itung untuk memperkaya materi,” begitu pengalaman temen kita dari SMAN 9 Jogja, Annisa Noviastri.
Soal persiapan emang jadi item putih, ada yang santai, ada juga yang serius. Karena nggak semua responIn ngadepin UAS pake persiapan. Seperti yang dilakuin ama Jasmine Alvinia. Cewek SMAN 8 Kelas X SBI yang doyan softball dan penganut SKS (Sistem Kebut Semalam,red). “Yang penting naik kelas dulu, he..he…he...” katanya.
Berdoa and belajar adalah dua hal yang banyak jadi pegangan responIn saat ngadhepin UAS. Buktinya 59,2 persen responIn nglakuin itu. “Aku biasa sholat lima waktu ditambah sholat sunah and so sholat malem biar lebih pede,” ujar Arina Athiyallah anak SMAN 1 Teladan anggota Tonti yang pecinta warna biru dan ungu.
Tapi selain itu ada juga lho temen yang ampe nempuh tambahan jam les. Setidaknya 8,3 persen responIn nglakuin itu. “Aku belajar dari pengalaman SMP. Waktu itu aku ikut tambahan les, eh ternyata nilaiku naek,’’ kata Quinda kelas X dari SMAN 6.
And pastinya saat jalani UAS, temen-temen punya harapan akan hasilnya. Dan 64,6 persen berharap nilainya bisa lebih baik dari semester sebelumnya. Bahkan temen kita Endi dari MAN 1 berharap bisa dapet beasiswa seperti yang ada di papan pengumuman sekolahnya.
Sehingga beda dengan Yohanes Aditya temen dari SMA Kolese de Britto. Cowok smart ini sih ngakunya sih targetnya nggak muluk-muluk. “Ya… yang penting aku naik kelas. Jangan ampe jadi veteran (tinggal kelas,red) Malu ama temen-temen,” katanya nyantai.
OK deh, bagi temen-temen met ngejalanin UAS ya. Bagi yang bloom segera siap-siap. Met belajar guys, yupz ..we must do the best!!!. See you next theme… (sha/eza)

----------------------------------------

Bertahan jadi SKS Mania

SISTEM Kebut Semalam (SKS) ato juga sering disebut metode wayangan ternyata masih jadi andalan temen-temen SMA. Maksudnya, mereka belajar ampe nglembur-nglembur gitu. Metode itu ketahuan dari hasil polling temen-temen responIn. Karena ada 20% responIn yang milih jawaban alternatif dengan menempuh SKS untuk ngejar hasil baik dalam UAS.
Waduh, jadi inget ama Rhoma Irama yang suka begadang dong! Padahal dari sisi kesehatan, begadangan tuh nggak bagus.
Tapi saat mereka ditanya, rata-rata bilang kalo langkah itu ditempuh buat pelajaran-pelajaran tertentu aja, khususnya yang butuh diinget-inget terus. “SKS kalo pas mata pelajaran yang materinya banyak. Soalnya, hari-hari sebelumnya aku jarang belajar hehehe… jadi numpuk deh materi yang harus dipelajarin,” jelas Andriana temen dari SMA Negeri 3 Jogja.
Well, selain itu, biasanya temen-temen ngelakuin SKS kalo ada dua mata pelajaran yang besoknya diuji. Emang ribet yach kalau ada lebih dari satu mata pelajaran yang buat ujian. Kalau cuman belajar salah satu aja, khan pelajaran yang satunya jadi jealous. Nah lho… gimana dong kalau gitu? “Itu gunanya SKS, gara-gara pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang materinya banyak banget, jadi aku pelajarin siangnya sampek malem nggak abis-abis… Akhirnya aku nggak sempet belajar yang satunya. Nah, yang satunya itu aku kebut belajar pas subuh,” jelas Demas, cowok kelas X SMA Kolose de Britto.
Kalo Jasmine yang kelas X SBI SMA Negeri 8 manfaatin waktu belajar sebaik-baiknya di kelas. “Pas di kelas dengerin guru ngejelasin, jadi kalo mau ujian, malemnya tinggal ngebut buat bahas lagi,” tuturnya.
Terus hasilnya gimana? “Ya sukses lha, kalo nggak ngapain diulangin terus,” imbuh Jasmine sembari senyum.
Wah, kalau gitu SKS bisa juga jadi salah satu jurus agar bisa ngerjain soal-soal ujian. Tapi, bukan berarti kita sehari-harinya nggak belajar sama sekali lho. SKS itu bisa aja dipake kalo emang banyak banget materi yang harus dipelajari, dan nggak cukup kalo uman dipelajari sehari aja. Terus kita juga harus nyemak penjelasan guru saat ada di kelas jadi nggak cuman ngandelin SKS doang. Well, apapun usahanya, yang penting halal deh… good luck for the test! (gun/sha)

----------------------------------------

IN-TALK

UJIAN akhir semester memang memberikan kesan tersendiri bagi sebagian murid. Banyak dari mereka yang menghadapinya dengan kerja keras dan aktif bertanya. Di lain pihak, ada pula murid yang tetap santai menghadapinya.
Sudah seharusnya sekolah memberikan dukungan ke semua murid agar menghadapi ujian akhir semester, terutama kepada anak yang kurang aktif di sekolah. Contohnya memberikan pelajaran tambahan di pagi hari kepada murid bisa memberi pencerahan bagi mereka yang kurang paham.
Memberikan perkiraan soal dapat memicu murid untuk lebih menguasai pelajaran. Untuk anak yang tertekan dan stress ketika akan menghadapi UAS, sebaiknya sekolah memberi cara yang berbeda. Guru harus lebih mengerti bahasa tubuh murid. Dan jangan sampai murid melakukan hal sembrono sebelum UAS.

Edy Prajaka Sp.d
Pembina OSIS SMAN 11 Jogja


----------------------------------------

IN-VOICE

Yang ada di benakku pas denger UAS itu ya belajar kelompok. Aku ngerasa kalo belajar kelompok lebih ngerti aja, cuz lebih enak dijelasin langsung ama temen. Apalagi matematika. Wah….kudu beneran belajarnya. Yah, aku juga enggak lupa doa biar semuanya lancar. he..he..he…
Stella Octaviani, XI IPS 3 SMA Stella Duce 2 Jogja


Ngrangkum catetan jadi rutinitasku pas mau UAS. Biar lebih keinget, makanya aku tulis lagi. Minum vitamin and istirahat teratur juga jadi prioritas sebelum UAS. Sayangnya itu enggak berlaku buat mata pelajaran bahasa jawa. he…he… pasrah aku ama mata pelajaran itu.
Deavy Dwigamira Setiani Guan, XI Bahasa SMA Santa Maria Jogja.


Berhenti maen trus nglengkapin catetan, kalo nggak ya fotokopi gitu deh. Pernah sih cuma baca en nyicil-nyicil dikit begitu mau ujian. UAS tuh penting banget, cos hidup mati ato naek tidaknya kita ditentuin ama nilai ujian. Nyesel banget loh kalo nilai ujian kalian jeblok. he…he...he…
Mikhael Elsafan Setiawan, X SMA Kolese De Britto Jogja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja