JUMPalitan Jogja

[Selasa, 12 Mei 2009]

JUMPALITAN (PARKOUR)
HALANG RINTANG VERSI URBAN

NGELIAT orang lagi lompat sana-lompat sini, trus make gaya ngeper pas mendarat emang asik banget. Kadang mereka pas lompat make gaya muter, kaki duluan trus tangannya napak blakangan, and ending-endingnya make rool di tanah buat nahan tekanan. Hmm… skilas itu gerakan olahraga Parkour yang punya basic jumpalitan. Menarik ya..
Parkour pertama kali ditemukan di Kota Lisses Perancis, sebelum parkour, namanya The Art of Duplescement, gitu kata Sentra, yang udah lama ikutan olahraga parkour.
Parkour itu olahraga asik, tapi kebanyakan orang nilainya itu olahraga ekstrim. Tapi sebenernya nggak juga. Semua badan dapet manfaat, dan emang capek banget. Parkour tuh gerakan olahraga yang diambil dari gerakan militer, terus diadopsi ama David Belle. Yang nyiptain pertama kali juga orang Perancis. Bapaknya David emang kebetulan tentara. Trus ama David dimodifikasi biar pas dan nggak serumit gerakan tentara.
“Parkour itu olahraga yang nggak cuma fisik dan teknik, tapi juga harus make pikiran buat nglakuin gerakan. Karena filosofi parkour itu, parkour itu kayak hidup, banyak rintangan yang harus diadepin. Nah, kita harus yakin bisa nglewati rintangan itu biar hidup terus berjalan,” ujar Sentra.
Parkour menentang kompetisi, karena gara-gara kompetisi itu dipaksakan untuk jadi yang terbaik. Padahal beda banget ama tujuan parkour, yang nggak perlu memaksakan kehendak. ‘’Kita harus bertahap buat mencapai tujuan, pemaksaan bukanlah hal yang benar,’’ tambah Asto, yang udah jago berparkour.
Rasa takut bisa ilang kalo ikut parkour. Anggota parkour ampir semua phobia ketinggian, tapi latiannya ya manjat-manjat, trus lompat gitu-gitu, karena udah jadi kebiasaan, maka nggak takut lagi. Apalagi kalo latian bareng komunitas parkour dari kota lain. Mereka biasa latian bareng dengan parkour Solo di Teknik Industri UII.
Dalam pertemuan itu biasanya mereka saling tukar ilmu. (per/eza)

Kamus Singkat Vault (nama gerakan parkour)
  • Presicion : Lompat tanpa pake awalan
  • Gap Jump : Lompat yang pake lari buat awalan
  • Kong : Lompat hampir kaya monyet yang pake tangan buat tumpuan trus mendarat dilanjutin berguling
  • Lazy : Melewati obyek dari samping dengan tangan gentian
  • Dash : Lompat dengan tumpuan 2 tangan tanpa kehilangan kecepatan dari awalan lari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja