Misuh

[Senin, 11 Mei 2009]

Misuh…. Nggak Banget Deh!!!

TEMA yang diangkat kali ini mungkin dianggap nyleneh juga ya? Mengumpat ato misuh ato juga disebut swearing nggak bisa dipungkiri adalah fenomena yang betul-betul harus disikapi secara serius. Karena kalo nggak, bisa ngalami kejadian yang dirasakan Kampret yang dikenal sebagai jago misuh di kampungnya.
Ceritanya begini, cowok bertampang keren itu akhirnya gagal ngedapetin pekerjaan lantaran nggak sengaja mengumpat ato misuhi bagian HRD yang tengah melakukan tes wawancara. ‘’Abis gimana kata-kata itu ngeluncurnya juga spontan aja…’’ keluh Kampret bernada kecewa.
Omong-ngomong soal misuh, kira-kira responIn pernah misuh nggak ya? Kapan dan kenapa responIn harus misuh? Padahal misuh adalah hal yang selalu dilarang ama ortu. Tapi dari hasil penelusuran kru indikasi soal misuh di kalangan pelajar bisa ketauan kalo misuh itu bukan hal baru bagi mereka. Karena rata-rata, bahkan mayoritas (89 persen) responIn ternyata pernah misuh, dan hanya 11% responIn yang nggak pernah misuh. Dan 58 persen ResponIn ngaku pertama kali misuh sejak di bangku SMP, sedangkan 26% malah pertama kali misuh sejak usia dini, yakni pas masih SD.
Faktor emosional dalam diri kita emang bisa jadi salah satu faktor mengapa kita misuh, mayoritas (77 persen) responIn misuh karena jengkel. Nah, makanya kalo nggak pengen dipisuhin jangan bikin responIn jengkel, truz 6,5% harus misuh karena kaget.
Seperti diceritakan Adelina Wulandari. Siswi kelas XII IS MAN III Jogja ini ngakui, bahwa misuh udah jadi hal biasa. Bahkan dia pertama kali misuh pas masih SD. Adelina juga mengatakan, pas sebel dia bias misuh. “Kayaknya sekarang misuh udah nggak tabu lagi deh. Aku misuh biasanya pas lagi jengkel ama temen. Kalo dah misuh, plong aja rasanya, rasa sebel katanya langsung bablas, he..he..he” ujarnya sambil senyum.
Meski sekelas dengan Adelina, Hernawo punya pendapat beda. “Pertama kali misuh pas aku SMP. Aku misuh justru gara-gara kaget,ato bingung. Pas kaget mau ngomong apa, ya uda pake misuh aja,” katanya.
Kayaknya nggak seru deh, kalo kita cuma tau dari pendapat responIn yang suka misuh, Fitria Alvionita dari SMA Negeri 4 Jogja termasuk kelompok minoritas dalam tema polling indikasi kali ini. Karena pelajar kelas XII SMA ini nggak pernah misuh. “Nggak enak aja kalo misuh, takut nyinggung perasaan orang lain. Temen-temenku juga banyak yang tau kalo aku nggak pernah misuh. Mereka malah ketawa kalo aku bilang Bxx**&&R. Katanya wagu tenan,” ucapnya.
Lain halnya ama Karina Septiana. Siswi kelas X SMA Negeri 3 Jogja ini punya pendapat menarik soal dia yang nggak pernah misuh. “Takut aja kalo misuh. Coz nggak tau artinya, paling kalo lagi sebel ama orang cuma ngomong nyebelin dan aku usahain itu nggak ngumpat ato bikin orang itu tersinggung,” ujar cewek yang juga dikenal polos oleh temen-temenya ini. (had)

---------------------------------

Pergaulan yang Menghanyutkan

PENYEBAB orang suka misuh itu sebenernya banyak macamnya. Mulai kepengaruh ama lingkungan tempat gaul mereka, or ngikut-ikut aja ama temen. Setelah ditelusurin ama kru Indikasi, ternyata 52 persen responIn ngaku suka ngumpat ato misuh lantaran kepengaruh ama pergaulan.
Emang, nggak bisa dipungkiri, macem-macem temen yang kita temuin bisa ngebuat kita kepengaruh. “Kalo lagi ama temen-temen genk nih, pasti ngikut omongan mereka. Mulai yang baik, ampe yang buruk keikut semua,” kata Aditya Suci (18) dari SMAN 4 Jogja.
Hal sama juga dialami ama Rika Prastuti (17) dari MAN 3 Jogja. “Aku kepengaruh misuh gara-gara kumpul ama temen yang gampang emosi dan suka misuh. Awalnya emang aneh aku ngedengernya, tapi mau gimana lagi?”
Pergaulan emang ngasih kita influence yang secara nggak sadar menghanyutkan kita untuk ikut nglakuin. Sayangnya yang kita lakuin itu kebiasaan jelek.
Selain itu pengaruh lainnya yang nonjol adalah Childhood, jumlahnya nyampe 28 persen. Jadi tempat kita digedein or tempat tinggal kita bisa jadi pengaruh gede. Yah...sebenernya lingkungan tempat tinggal masih bisa diantisipasi. Bimbingan ortu kita ngebuat kebiasaan itu jadi nggak berkembang.
Sekian banyak makian dan cercaan yang ada di muka bumi, ngebuat respon-In punya kata-kata favorit. Yah.. emang nggak wajar sih, tapi mau gimana lagi. Yupz, juara pertama polling kata-kata favorit misuh adalah BxJxGxR dan AxU (60%). “Aku benernya nggak suka kata-kata itu, tapi itu jadi andalan kalo aku ngumpat. Habis yang laen terlalu kasar sih,” tutur Astrid Grace Monica siswi kelas XI IPS SMA Stella Duce 2 Jogja.
Emang kata-kata itu cenderung nggak terlalu kasar dibandingin ama AxU yang nempatin urutan kedua 24,5%. “ Ngomong AxU itu kesannya mantep banget. Puas kalo ngatain orang dengan kata itu,” kesan Gembul (17) dari Stemsa Jogja.
Pengaruh yang dihasilin dari misuh macem-macem. Baik dari si pendengar or si pelantun pisuhan itu. Respon biasa aja bisa negatif. Sayangnya 60% respon-In kita udah biasa ngedenger orang misuh. “Zaman sekarang, ndenger orang misuh itu wajar. Apalagi ngedenger cowok yang ngomong. Tambah biasa banget. Misuh udah kayak omongan sehari-hari,” kata Rendika (18) dari SMKN 3 Jogja.
Yah..walopun biasa aja ngedenger orang misuh, tapi sebaiknya segera dihentikan. Inget masih ada 14,5% respon-In yang nggak seneng denger ama orang misuh. “Aku BT aja denger orang misuh. Kesannya nggak punya aturan. Apalagi yang ngomong cewek... gerah dengernya aku,” ujar Deavy Dwigamira (17) dari SMA Santa Maria Jogja.
Hem... dah kebukti khan... kalo anak muda zaman sekarang nempel banget ama kata-kata kotor. Yah, sebaiknya kita harus mulai ngubah itu semua. Boleh kita ngumpat en ngatain orang, tapi diusahain lebih halus (dan bikin orang itu bangga). Kayak ngasih kata-kata pengganti gigimu bertato or nyebut nama Tuhan. Dan jangan ampe kita ngomong kasar di depan orang tua kita. Nggak sopan banget. Yah... mulailah pelan-pelan diilangi dari sekarang. Jangan sampe jadi kebiasaan yap sob....(sha)

---------------------------------

IN-TALK

Jadi Kebiasaan Bisa Gawat

SATU bentuk pengungkapan ekspresi emosi seseorang kala terpicu situasi tertentu. Misal kaget, emosi, atau marah. Kebiasaan misuh itu bisa jadi karena kebawa ama lingkungan sekitar yang sering dipenuhi orang yang suka misuh. Maksudnya, belajar dari lingkungan.
Emang, awalnya cuman sekali dua kali, en kalo nggak cepet dikendaliin, lama-lama misuh bisa jadi kebiasaan. Bahkan jangan kaget kalo misuh itu lalu jadi bagian dari tiap ekspresinya.
Emang dampaknya abis misuh itu trus jadi lega. Eits…. tapi itu cuman sesaat lho.
Trus untuk saat-saat berikutnya dan perasaan orang ngedenger gimana? Entah ...
Tergantung ama siapa kita ngomong, dan macam situasinya kayak gimana? Because dampak yang muncul bisa macem-macem... Contoh, bisa ngundang reaksi marah, nyakitin ati, and so ngebuat orang nggak simpati ama kita (ngruntuhin image yang susah-susah udah kita bangun) hingga ngrugiin kita sendiri. Misal, gara-gara nggak sengaja misuh saat wawancara kerja , penilaian jadi runtuh dadakan donk ...
Yah yang namanya udah kebiasaan, seringnya muncul tanpa kita sadari... jadi gawat khan?
Ngapa kita nggak nyoba cari cara pengungkapan ekspresi yang lebih positif? heboh, kocak, lucu, dan segar...?
Tentu hal itu lebih enakkan untuk didenger dan so bisa diterima. And one more, kata orang ucapan itu doa, jadi jika yang kita ucapin hal-hal positif, lucu, kocak, deelel, tentu bakal bawa kesegaran bagi diri kita dan orang di sekitar kita …asyik khan ...
So, jika ada cara yang lebih baik, ngapain nggak dicoba untuk ngrubah? Nah, met mencoba yang lebih baikan ya…. (sha)

Anantasari, S.Psi, M.Si
Dosen Fak Psikologi Sanata Dharma

---------------------------------

IN-VOICE

Misuh itu biasa aja, ya manusiawi lah… kalo jengkel orang pasti keceplosan buat misuh. Ngungkapin kekeselannya pake kata-kata mutiara itu ... he...he..yah... Walopun sebenernya misuh itu nggak baek, tapi mau gimana lagi. Udah jadi kebiasaan banyak orang, he ..…
Florencia xf SMA Stella Duce 1 Jogja


Misuh itu nggak baik! coz yang keluar kata-kata buruk. Baeknya tiap orang tuh istigfar en lebih mahamin lagi omongan apa yang bakal keluar dari mulut. Cari solusi selaen Misuh, toh misuh nggak ada maknanya, malah buat dosa.
Saras Mita N XII IPA MAN 3 Jogja


Wah…. misuh itu sbenernya nggak baik. Kita harus bisa ngontrol emosi. Biar nggak ngomong kasar di depan banyak orang. Pelajar yang baek pasti bisa ngilangin kebiasaan misuhnya, he,,he,,,
Rydhan Bawara XI IPA SMA Muhammadiyah 3 Jogja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja