Freaky Riders Jogja

[Selasa, 5 Mei 2009]

Freaky Riders
Nggak Puas dengan Gaya Biasa

BIKIN deg-degan. Perasaan itu langsung muncul saat ngliat temen-temen Freaky Rider latian di Stadion Mandala Krida. Bagaimana nggak deg-degan kalo ngliat mereka naik motor dengan gaya-gaya nggak lazim dan cenderung ekstrim.
Layak kalo ngliat mereka itu bikin deg-degan, karena Freaky Rider itu merupakan salah satu komunitas freestyle motor anak-anak Jogja. Mereka bergaya dengan mengangkat roda belakang ampe nungging, roda depan diangkat ampe tegak membentuk sudut 180 derajat. Mereka juga menempatkan beberapa aksesories, sehingga pas nyentuh aspal bisa ngeluarin percikan api. Jadi keren banget diliatnya.
Menurut seniornya, Nur Andi Pamungkas, Freaky Riders itu tempat ngumpulnya orang-orang yang nggak waras kalo naik motor. Komunitas itu udah ada sejak taun 2006-2007. ‘’Anggota yang aktif nongol ada sekitar 15 orang,’’ujar Andi.
Soal aktivitas, Freaky Riders sepertinya nggak pernah sepi. Bahkan mereka udah sering terima job ngisi acara balap motor, ato ikut kompetisi keliling kota-kota besar di Indonesia. Bahkan mereka juga udah ngantongin berbagai gelar juara di event-event freestyle motor.
Soal gaya atau style, menurut Andi dapet referensi dari nonton-nonton film soal motor-motor gede ato nonton temen mereka yang lagi ngaksi. ‘’Nggak jarang ada yang jatuh dan cedera. Tapi itu udah risiko, mulai lecet-lecet ampe yang paling parah seperti gegar otak. Itu pernah loo, yaitu jatuh pas stoppie,’’ kenang Andi.
Untuk itu mereka pun meminimalisirnya make alat pelindung semacam body protector, helm, dan sepatu. ‘’Itu perangkat yang wajib dipake pas action,” tegas Andi yang juga penggagas komunitas ini.
Sementara manajer Freaky Riders, Dwi Utama ato yang akrab dipanggil Tama mengatakan, nggak gampang ngelola mereka. ‘’Mereka itu orangnya macem-macem dengan latar belakang beragam. Mereka juga ada spesialisasinya. Seperti Wenda dan Fitri jago di motor sport, sementara beberapa temen lainnya lebih jago pake matic,’’ ujar Tama.
Freaky Riders tetap bertahan karena diterapkan model patungan, terutama untuk dipake buat beli bensin. ‘’Kita belum punya sponsor, jadi kalo mau ikutan event harus patungan,’’ katanya.
Soal latian, mereka menjadwalkan minimal seminggu tiga ampe empat kali di Lapangan Parkir Stadion Mandala Krida. Khususnya hari Senin, Rabu, Jumat, dan Sabtu. ‘’Buat temen-temen yang mau gabung, langsung dateng aja. Kalo malam minggu kita nongkrong di Balaikota Timoho ato basecamp kita di Gendingan, Notoprajan, Ngampilan Jogja. Mau gabung syaratnya gampang, punya motor, berani jatuh, rajin nabung dan ga boleh sombong,’’ ujar Tama. (per)

Trik (gaya) Freestyle :
Stoppie (Endo) : Ngangkat ban belakang
Whilie : Ngangkat ban depan alias standing
Circle : Whilie sambil muter dalam satu poros alias rotary whilie.
Burn Out : Ngegas pol motor sambil ngerem depan pas posisi brenti ampe ban belakang muter di tempat dan ngluarin asap putih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja