Kartun Serial Favorit

[Senin, 25 Mei 2009]
Hoi…..Baling Baling Bambu….
Doraemon Banyak Diminati

FILM kartun serial kayaknya nggak bakal ada abisnya dinikmati ama responIn, nggak percaya? Bayangin aja, mayoritas (94,8 persen) responIn doyan banget ama film kartun serial. Meski mereka udah SMA, kayaknya bukan hambatan buat responIn untuk tetep suka ama film kartun, khususnya film kartun serial. Kayaknya film kartun serial itu udah mendarah daging gitu deh. Terutama kisah kantong ajaibnya Doraemon dan malasnya Nobita dalam film Doraemon. Buktinya film animasi Jepang itu masih jadi favorit responIn dengan perolehan polling 20 persen. Terus disusul Spongebob dengan 18 persen. Tak kalah pamor yaitu genit dan jahilnya Shincan berada di tempat ketiga dengan 17,2 persen. Doraemon, Spongebob dan Shincan merupakan 3 film kartun favorit responIn. Pasti banyak cerita menarik dari para responIn seputar film kartun serial, kira-kira apa aja ya? Kita simak aja dech pendapat dan cerita mereka.
Mayang Minangranie (16) dari SMA MUGA (Muhammadiyah 3 Jogja) ingin berbagi cerita seputar film kartun. “Dari kecil, aku udah suka banget ama film kartun, dulu aku paling suka nonton Doraemon and Sailormoon, berhubung sekarang uda gede, One Piece jadi kartun favoritku,” ujarnya.
Kerennya permainan pedang Zorro dalam one piece dan cerita yang nggak ngebosenin bikin siswi yang hobby banget baca komik ini jadi berpaling dari Doraemon ke One Piece.
Lain halnya Rifki (16) dari SMA Negeri 7 Jogja yang bikin dia suka film kartun serial karena tokohnya kocak banget and bikin dia ketawa ngakak abis-abisan, seperti film Spongebob dan Patrick yang selalu aja berulah dan bikin Squidward jengkel. “Aku suka banget ama Spongebob, habisnya kelakuan tokoh-tokohnya lucu banget, terutama si Spongebob. Apalagi kalo dia udah ketawa ngakak,” ujarnya seraya menirukan ketawa ala Spongebob.
Jahilnya Shincan yang selalu bikin temen-temennya sebel dan ceritanya yang nggak ngebosenin bikin Denny Alexandra dari SMA Bopkri 1 Jogja betah banget ama film Crayon Shincan. “Nggak ada bosennya deh kalo uda nonton Shincan, selain ide cerita yang menarik, animasinya juga lucu and unik banget,” ujarnya.
Hmmm kira-kira apa aja ya, yang bikin responIn suka ama film kartun serial? Yang bikin responIn betah banget melototin and ngikutin film kartun serial sejak masih di PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) hingga di bangku SMA mayoritas (48,4 persen) milih lucunya film kartun, truz serunya cerita (28,4 persen) juga bikin responIn suka film kartun.
Seperti yang diutarakan Nindias Nur (16) dari STECE (SMA Stella Duce 1 Jogja). “Kalo film kartun mah uda aku gelutin sejak kecil, soalnya lucu dan bikin aku ketawa, pokoknya fun gitu dech kalo uda nonton film kartun.”
Cewek yang masih duduk manis di kelas XI IS 3 STECE ini juga nambahin kalo film kartun itu bisa ngehibur suasana hati kita yang lagi sedih dan bad mood. (had)

---------------------------------

Hidup Jadi Nggak Monoton

MAU kapan aja disiarin, film kartun tetep punya massa sendiri. Kali ini responIn ngeluarin uneg-uneg mereka tentang hobinya nonton kartun, khususnya film kartun serial. Mulai dari jam penayangan ampe hari penanyangan.
Ternyata dari hasil penyusuran kru Indikasi ketauan kalo, 52,8% responIn seneng banget nonton kartun, bahkan ampe tiap hari. “Kalo tiap hari nonton kartun bisa ngasih aku hiburan biar nggak stress gara-gara tugas,” kata Billy Kurniawan (16) dari SMA Bopkri 1 Jogja.
Emang bener sih nonton film kartun itu bisa ngilangin stress. Gimana nggak, aksi kocak tokoh-tokoh kartun serial itu pasti bisa ngebikin fresh pikiran sumpek kita. Yah.. gak itu juga, warna-warni tokoh kartun itu juga bisa nyegerin mata. “Kartun ngasih aku hiburan di kala senggang. Nikmatin warna-warninya ngebuat aku lebih semangat,” kisah Rini kelas XI IPS di MAN I Jogja.
Hari minggu jadi hari favorit kedua (28%). Yah… emang nggak bisa dipungkiri, hari minggu itu jadi harinya film kartun. Gimana nggak, dari pagi ampe siang siaran teve didominasi ama film kartun. “Kartun hari minggu itu nggak ganggu sekolah. Khan pas hari libur...he..he..” kata Dyah (17) dari SMA Negeri 7 Jogja.
Sama halnya pengalaman Victoria (16) dari Stelladuce 1 Jogja. ”Hari biasa itu belajar. Minggu nonton film kartun! ha..ha..ha,” katanya
Hem…enaknya nonton film kartun serial itu kapan ya? Wah..jawaban yang susah dijawab. Karena film kartun itu enak diliat setiap saat. Kali ini 46,8% responIn milih sore hari buat nikmatin kekocakan tokoh kartun serial. “Sambil nikmatin sore, ama nonton film kartun. Itung-itung biar nggak pusing gara-gara pelajaran. he...he…” tegas Rini (16) dari MAN 1 Jogja.
Wuah…sihir tokoh-tokoh film kartun di sore hari bisa ngasih angin segar. Setelah pusing sepanjang siang, terus disegerin ama film kartun sore. Tapi jangan salah 34% responIn milih pagi hari buat nonton kartun. ‘’Itung-itung buat ngawalin hari,“ tambah Listin (17) dari SMAN 7 Jogja.
Katanya, kalo bangun tidur terus ngeliat film kartun serial rasanya jadi lebih fresh. Nambah semangat buat ngejalanin hari. ”Emang bener banget ngawalin hari dengan ngeliat sesuatu yang buat ketawa,’’ kesan Listin.
Kartun itu bisa dinikmatin semua kalangan. Buktinya 89,2% responIn setuju hal itu. “Film kartun pantes buat semua umur. Orang tua harus nonton film kartun biar nggak gampang stress, he...he...,” celetuk Victoria Dian dari SMA Stelladuce 1 Jogja.
Ada benernya juga sih, film kartun serial itu nggak ada batasan umur untuk penikmatnya. Karena apa yang ditampilin di film kartun itu bisa ngasih kita kesegaran. Biar idup nggak monoton. (sha)

---------------------------------

IN-TALK

Jangan Terobsesi Berlebih

Kartun? Itu salah satu alternatif refreshing untuk semua umur. Karena tidak dipungkiri, bahasa melalui gambar lebih mudah sampai ke pikiran orang. Kartun juga menghidupkan imajinasi kepada para penontonnya.Selain itu kartun dapat dijadikan hiburan ringan.Terkadang dalam kartun terdapat unsur edukasi. Tidak jarang kartun memberikan inspirasi bagi penggemarnya.
Namun perlu diingat. Jangan sampai berlebihan. Kecanduan hingga lupa waktu dan tugas utama. Upayakan jangan sampai terobsesi berlebihan terhadap salah satu karakter kartun. Karena menyebabkan hanyut dalam alur cerita dan menimbulkan efek kurang baik.
Perlu pengendalian diri agar tidak terjebak dalam perilaku konsumtif. Dalam artiian, membeli semua pernak-pernik tentang kartun idola. Satu hal yang paling penting, jangan sampai luar negeri minded oriented. Jangan sampai melunturkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Harapan bagi penggemar, sebaiknya juga menyukai kartun ilmiah.
Sebaiknya tidak hanya jadi penikmat, tapi dengan adanya kegemaran ini bisa menghasilkan hal positif. Membangkitkan kreatifitas anak muda untuk menciptakan tokoh sendiri. (sha)

Anantasari, S.Psi, M.Si
Dosen Fak Psikologi Sanata Dharma


---------------------------------

IN-VOICE

Amalia Nurul F SMAN4 XI IPA 4
“Kartun buat hiburanku. Apalagi tokohnya bego banget. Buat ketawa terus. Gak ada batasan umur buat nonton kartun. Semua bebas nikmatin kartun.”


Haryo Suryo XI IPS SMA 17 ”1”
“Hiburan yang sehat itu kartun. Daripada nonton sinetron, mending ngeliat aksi kocak tokoh kartun. Yah....itung-itung ngisi waktu senggang sambil nikmatin animasi yang ok. He...he...”

Artharini Kun Pujiati XI S2
“Nggak cuma anak-anak yang suka kartun. Remaja sekita aja ngikutin ceritanya. Gimana gak, kartun bisa narik orang buat nonton karena kelucuannya.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja