SMA De Britto : Pentas Teater

[Selasa, 2 Juni 2009]
Malam Jahanam di Kantin JB
Yang Unik, Ribet dan Asik dari SMA Kolese De Britto

UNIK dan asik. Kedua kata itu yang bisa ngegambarin tiap aktivitas yang dibikin ama temen-temen kita dari JB --SMA Kolese De Britto Jogja. Kayak acara teater yang baru aja mereka selenggarain, sampai-sampai mereka harus menyulap kantin sekolah jadi panggung untuk pementasan.
Acara ‘’sulap kantin sekolah” itu merupakan langkah awal temen-temen kelas bahasa SMA Kolese De Britto sebelum mementaskan karya Moetinggo Boesye, Malam Jahanam. Dan Sabtu (30/5) lalu temen-temen kelas Bahasa yang jumlah personilnya cuman ada tigabelas biji itu mampu membuktikan kemampuannya. “Kami pengen bisa nunjukin eksistensi yang bisa sekalian nguri-nguri kebudayaan, jadi kami pilih teater,” kata Hosea Athanasius yang ngurusin publikasi acara ini.
Hosea yang juga kebagian peran jadi tukang cerita yang datang dari masa lalu itu ngejelasin, acara itu udah jadi tradisi tahunan. ‘’Bikin pementasan merupakan salah satu tugas wajib dari pelajaran teater,’’ jelas Hosea.
Katanya, saat awal masuk kelas Bahasa, pembimbing teater, Didik Christyanto Hadi udah memberikan naskah buat dipelajarin. Dasar temen-temen kelas Bahasa udah pada jago acting, maka para calon pengganti Lukman Sardi dan Nicholas Saputra itupun penuh semangat menyambutnya.
Karena seluruh siswa kelas Bahasa isinya cowok semua, otomastis tiap mementaskan drama, mereka butuh pemeran cewek dari sekolah lain. Dan pilihan itupun jatuh ke temen-temen SMA Stella Duce (Stece). Kenapa selalu SMA Stella Duce… jangan-jangan? Eits, daripada ngegosip, mending tanya aja deh…
“Tiap taun JB emang selalu kolaborasi ama Stece. Jadi kita udah tahu kemampuan mereka main teater. Mereka nguasai materi dengan baik karena di Stece juga ada pelajaran teater yang jadi satu ama sastra,” jelas Xandra Yeda Kurnia Pratama, cowok berpipi chubby, yang memerankan orang gila (Kutai) sekaligus pejabat seksi konsumsi ini.
Bikin acara kolaborasi seperti itu kira-kira banyak nggak sih kendala yang menghadang? “Yaiya lah… kesulitannya karena kita dari Stece latiannya baru-baru aja. Sementara temen-temen JB udah latian lebih lama. Jadi, kita mesti cepet nyesuaiinnya,” jelas Agnes Kenya Winanti, temen dari Stece kelas XI Bahasa yang akrab dipanggil Anya.
Dari sisi sekolah penyelenggara, pasti kendalanya segambreng dong. Karena kudu ngurus ini-itu. “Kalo dari JB nemu ganjelannya soal dana, trus karena waktunya mepet, banyak temen-temen Stece yang belum apal ama naskahnya, karena mereka baru ikut latihan,” kata Yohanes Denis pemeran Sulaiman yang juga pejabat seksi usaha dana.
Overall acara yang berlangsung di kantin JB malem minggu kemaren itu jadinya seru banget. Apalagi efek lightingnya mantab, properti dan segala macemnya juga sip. Dan yang tak kalah menarik, acara yang ditiketin itu juga banyak direspon oleh penggemar teater. Tiket yang dibandrol Rp 3 ribu perak itupun sold out, terjual 230 lembar, ck..ck..ck.. Good job, bro!! Lantas duitnya buat apa? “Tadinya kami bingung mau buat apa, trus kami inget, beberapa waktu lalu ada karyawan JB (Bu Anis,Red) yang meninggal, lalu kami mutusin untuk disumbangin ke beliau sebagai penghormatan. Suksesnya pementasan ini nggak bias lepas dari dukungan sekolah, wali kelas dan tentunya Pak Didik (pembimbing teater,Red)’’ ujar Camellus Julio yang selalu dibuat ribet karena perannya sebagai pejabat Humas sekaligus lightingman. Siiiip… you guys are amazing! Kita tunggu acara teater JB selanjutnya ya! (arm/gun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja