Liburan Skul

[Senin, 15 juni 2009]
Ngapain ya Pas Liburan
Cari Duit ato Tamasya Aja Ya?

Libur telah tiba …….
libur telah tiba …….
Hatiku gembira ……

TERNYATA perasaan gembira menyambut liburan nggak hanya milik penyanyi cilik Tasya. Karena rata-rata temen suka itu. That’s right, kali ini kru Indikasi bakal ngebahas soal liburan para responIn. Gimana rencana mereka bikin acara pas liburan, apa yang bakal mereka dilakuin, and so pasti alesan responIn ngelakuin itu. Well, daripada kelamaan mending kita bahas aja dah… let’s go cap cus…
Kalo ngrunut hasil masukan yang diberikan responIn, rata-rata temen kita udah betul-betul bersiap diri menyambut hadirnya liburan. Karena sebagian besar responIn, yaitu ada 62,9 persen yang udah bikin persiapan untuk vacation. Emang sih, libuan itu baeknya direncanain … kalo nggak ntar nggak fokus, nggak jelas kemana-mana.
Seperti yang udah direncanain ama Wijayanti H dari SMKN 5 Jogja. Dia ngrencanain liburan dengan naik gunung ama temen-temennya. “Aku mau refreshing ngehirup udara segar di pegunungan. Biar sehat, masak harus ngehirup udara kotor dari kendaraaan di jalan terus-terusan,’’ kata penyuka warna hijau ini.
Di lain pihak ada 37 persen responIn yang masih bingung ngehadapi liburan mau ngapain aja. Mungkin gara-gara kebanyakan yang ngajak kali? Hal itu dialami Andhini Mutiara Putri dari SMAN 8 Jogja. “Ya, aku sih nggak punya jadwal tetep, masih bingung mau kemana. Yah…paling-paling tunggu temen ngajakin aja. Abis banyak yang ngajak jadi aku malah bingung milih yang mana,” ujar Andhini yang juga digenal doyan basket ini.
Rencana ngrasain libur panjang emang bisa diisi dengan macem-macem kegiatan. Ada yang suka tamasya, tapi ada juga yang ngemanfaatin liburannya dengan ikutan kursus supaya ilmunya tambah. Katanya sih itung-itung liburan biar enggak monoton. Secara liburannya sendiri lebih dari dua minggu. Makanya banyak hal yang bisa dilakuin.
“Aku mau ke Cirebon bareng keluargaku. Trus mau berenang ama sodara-sodara,’’ ujar Arma Dwipa Setyo dari SMM yang merupakan bagian dari 37,5 persen responIn yang milih tamasya sebagai kegiatan liburannya.
Tapi ada juga temen yang pulang kampung dan ngumpul keluarga. Seperti uyang dipilih Yogi Ismail dari SMK Muhammadiyah 2 Jogja yang berencana mancing. ‘’Seru-seruan nangkep ikan, terus dimasak sendiri, lebih fresh.’’
Beda lagi ama Shyerlly Anindia anak SMA Stella Duce 1 yang harus mudik. “Ya musti pulang kampung lah. Kangen keluarga di Wonosobo!” kata penyuka warna coklat ini.
Refreshing jadi alesan utama responIn buat liburan. Ya setelah otak diperes mati-matian buat belajar selama satu semester. Terbukti 47,6 persen responIn setuju kalo refreshing jadi tujuan untuk ngisi kegiatan berlibur.
Tapi ada juga ngemanfaatinya dengan nambah ilmu sekaligus nambah uang saku. “Liburan aku manfaatin untuk kerja, biar tambah pengalaman and uang saku, jadi bisa ngeringankan beban ortu,’’ kata Wijayanti H dari SMKN 5 kelas XII Jur Tekstil.
Sedangkan Rheza Firmansyah dari SMA Muhammadiyah 3 Jogja justru nyiapin MOS ato ikutan aneka pelatihan.
That’s right guys.. liburan emang ngasih kita banyak manfaat. Walopun enggak pergi-pergi ke luar kota, kita bisa ngelakuin hal positif lainnya. Hal terpenting yang perlu diinget-inget, jangan terlalu seneng saat liburan. Karena abis itu kita masih harus kembali ke medan perang. Gapai mimpi kita buat jadi yang terbaik. Selamat berlibur responIn! (sha)

---------------------------------------

Liburan…Malah Kangen Skul

BISA jadi liburan merupakan saat yang banyak ditunggu oleh temen-temen. Ada yang udah ngrancang aneka kegiatan. Ada juga lho yang asyik di rumah sekadar untuk nambah ilmu ato memperdalam pengetahuan agama dan banyak kegiatan lainnya.
Tapi nggak semua temen kita itu bisa menikmati liburan dengan gembira ria lho. Aneh ya? Nggak juga sih, karena dianya saat libura malah kangen dengan suasana sekolah. Buktinya 39, 6 persen responIn merasakan kekangenan itu. Mereka ada yang kangen seru-seruan ama temen-temennya, kangen gurunya, ampe ada yang kangen untuk ketemu ama sang pacar.
Christy Ayu Hapsari dari SMA Pangudi Luhur Jogja juga merasakan kangen itu. “Pas liburan ama keluarga, aku sering ngerasa kangen banget ama skul. Jadi rasanya pengen cepet-cepet beresin liburannya. he..he..” kata Christy.
Hal sama juga dirasakan Meilita Rahma Wati yang skul di SMKN 5 Jogja. Katanya sih dia sering kangen saat seru-seruan bareng temen-temen skulnya. Temen responIn yang punya perasaan seperti Meilita yaitu kangen seru-seruan ama temen skul itu ada 29,6 persen lho. Jadi lumayan juga ya?
“Pernah beberapa hari liburan, eeee …. tiba-tiba kangen ama skul. Kangen waktu ngumpul bareng, ngomongin temen, ngerjain PR bareng di kelas. Duhhh kangen kalian banget,’’ ucap Mei (sapaan akrab Meilita) yang duduk di kelas XI Jurusan Logam.
Tapi ada juga lho temen kita yang kalo liburan ampe luar negeri segala seperti Natana Elmona, temen kita Kelas X dari SMA Pangudi Luhur Jogja. “Pergi ke Jepang, ke rumah sodara en temen. Biasanya di sana aku diajak shopping, travelling en banyak lagi, abis liburnya satu bulan sih,” kata Natana penyuka cerpen and novel ini tanpa maksud nyombong.
Asyik khan, ternyata banyak banget cerita menarik dari temen kita soal liburan. Tapi ya itu deh, liburan sih bisa aja dinikmati. Tapi yang namanya pelajaran jangan trus dilupaik. Sesekali bika dong buku, karena tantangan ke depan masih banyak lho…. kyukei suru omodeto, sayonara getsuyobi mae ni (Selamet Liburan, dan Sampai Jumpa,Red). (eza)

---------------------------------------

IN TALK

Liburan yang Bermanfaat

ANAK sekolah memang harus mengalami liburan setelah menjalani proses belajar selama setengah semester. Hal itu dilakukan supaya anak-anak tidak stress dan tertekan dengan banyaknya pelajaran di sekolah.
Caranya ya dengan membiarkan anak-anak itu bersenang-senang dan refreshing. Jadi saat mereka menikmati liburan tidak perlu diganggu dengan kegiatan sekolah atau hal yang berbau akademik. Walaupun di lain pihak, sekolah juga menganjurkan agar mereka memprogramnya sebagai liburan yang bermanfaat. Namun semua itu tergantung pilihan anak sendiri. Segala keputusan anak harus didukung, jangan sampai sekolah malah menjerumuskan mereka untuk tidak berlibur.

Arif Jamali
Wakaur Kesiswaan SMA Muhammadiyah 3 Jogja

---------------------------------------

IN VOICE

Liburan merupakan saat untuk ngunjungin keluarga. Mulai Jakarta ampe daerah lain di negeri ini berusaha aku datengin, terutama tempat yang aku belum pernah rasakan. Mulai mall ampe museum-museum. I like holiday!!!
Windawati, 3 Tekstil SMKN 5 Jogja


Liburan merupakan saat kita bisa ngelakuin hal yang nyenengin hati kita. Enggak cuma seneng-seneng sih, tapi kita juga bisa ngelakuin hal berbau edukasi. Enggak perlu pergi-pergi juga bisa, yang penting seneng aja.
Fikri Bariz, XI IPA 1 SMAN 8 Jogja


Bisa basketan tiap hari ama temen-temen. Udah gitu, abis basket pasti tidur. Aku lebih milih untuk latian aja deh...ho...ho...
Adrianus Alen, XB SMA Bopkri 1 Jogja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja