Filateli SMAN 1 Jogjakarta

[Selasa, 19 Mei 2009]
SMAN 1 Jogja
Ngumpulin Si Kecil yang Gemesin



KOLEKSI perangko yang biasa disebut ama filateli? Yippi. Benar cing, filateli merupakan aktivitas yang nyerempet ke hobi ngumpulin perangko dan benda-benda pos lainnya. Biasanya, para kolektor ngutamain edisi benda pos lama, tapi juga nggak mengesampingkan edisi baru. Jadi, makin usur benda pos itu, makin tinggi harganya. “Makin langka dan unik perangko atau benda pos itu, makin dalam kocek yang harus kita rogoh,” seloroh Yan Restu Freski, seorang kolektor perangko yang punya koleksi perangko zaman kakeknya. Kakeknya dulu juga demen filateli. Kalo di Indonesia, kegiatan ini dapet dukungan penuh dari PT Pos Indonesia.
Weww.. sounds uninteresting mungkin dimata anak muda zaman sekarang. Masa hari gini ngoleksi perangko sih? Jadul en nggak gaul deh kayaknya. Weitss.. tunggu dulu, cing! Kata itu nggak berlaku bagi anak-anak Flister (anggota ekstrakurikuler Filateli SMA Negeri 1 Jogja yang lebih beken dengan nama SMA Teladan). Bagi mereka, filateli itu banyak manfaatnya lho! Dengan ngoleksi perangko, kita bisa ngelatih kejujuran. Lho kok bisa? Ya bisa dunk, misalnya aja nich kalo ada yang mau tukeran perangko, kita bisa jual dengan harga sesuai pasaran, jadi nggak usah bohong soal harga. Terus soal ketelitian, karena seorang filatelis kudu telaten ngerawat koleksinya. Sebagai media pembelajaran dan apresiasi terhadap benda-benda pos itu. Mereka dengan bangga mamerin koleksi perangko yang didominasi dengan tema. Hmm.. emang bener-bener teladan nih anak filateli Teladan.
Then, about the collections? Biasanya sich yang kita sering ngliat kalo mau ngirim surat cuma gambar bunga atau pemandangan-pemandangan aja. Kalo temen-temen Flister pastinya nggak cuma yang common aja dong… Intip yuk koleksi mereka!
“Koleksi kami yang paling mahal itu edisinya Bung Karno and Art. Edisi ini memperingati 100 tahun Bung Karno yang diproduksi PT Pos Indonesia divisi Filateli, yang lain juga banyak. Sebagian besar temanya tentang pahlawan,” ungkap Mirzania Mahya Fathia, anggota Flister yang duduk di kelas XI IPA 5.
Temen-temen dari Flister ini rajin banget ikutan kompetisi filateli lho. Terakhir, kakak angkatan mereka yang sekarang udah lulus, nyumbang tropi sebuah kompetisi perangko bertema yang diadain di Singapura. Hebattttt!! Gimana dengan tahun ini, guys?
“Kami sekarang didampingi kolektor di Jogja, namanya mbak Wati buat ngumpulin perangko tema ‘Kehidupan Bawah Laut’ kira-kira untuk satu frame (sekitar 16 lembar HVS), untuk mengikuti kompetisi yang diadakan Panfila (sebuah komunitas pemerhati filateli) di Jakarta,” lanjut Yan Restu panjang lebar. Ini nih cowok yang jadi ketua Flister tahun ini.
Perjuangan mereka untuk ngedapetin perangko juga nggak gampang lho. Selain dapet lungsuran dari kakak angkatan yang ikut filateli, mereka juga mesti usaha sendiri. “Aku pernah nitip perangko ke temenku yang ikut pertukaran pelajar ke Amerika. Aku nitip dari jauh-jauh hari supaya dia nggak kelupaan. Hehehe..,” kenang Yan Restu yang sekarang duduk di kelas XI Internasional 1.
Ternyata asyik juga ngumpulin perangko. Selain bisa nglatih ngerawat benda-benda kecil yang berarti, juga bisa nambah pengetahuan tentang benda pos. So, nggak ada salahnya buat kalian iseng-iseng ngisi waktu luang dengan ngoleksi perangko. (arm/gun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja