SMK Negeri 5 Jogjakarta

[Selas, 23 Juni 2009]

Menengok SMKN 5 Jogja

Kalau Nggak Kotor, Nggak Belajar


MESKI nggak tepat lagi kalo disebut anak-anak, tapi temen-temen kita dari SMK Negeri 5 Jogja ini sering pulang sambil tangannya berlepotan tanah, cat atau lainnya. Ya, emang itu udah resiko mereka sekolah di SMKN 5. Tangan mereka itu sering kliatan kotor bukan akibat disuruh ngebersihin kelas lho! Tapi karena ulah mereka sendiri.
Dan uniknya, meski mereka keliatan berkotor-kotor ria, namuan tetep aja enjoy. Tangan mereka jadi kotor karena musti nglaksanain pelajaran, yaitu ngebuat aneka macam karya kerajinan. Dan biasanya, bahan-bahannya itu yang bikin kotor tangan, baju, seragam, de el el. SMK Negeri 5 ini dulunya emang lebih ngetop disebut SMIK ato Sekolah Menengah Ilmu Ketrampilan.
Di sekolah ini ada tujuh jurusan yang keren. Untuk Seni Rupa nya aja dibagi dua jurusan, Animasi dan DKV (Desain Komunikasi Visual). Sedangkan untuk Kriya dibagi lima jurusan, Kayu, Logam, Tekstil, Kulit, dan Keramik … hmm.. sounds interesting bukan?
Sekolah ini emang asyik banget. “Dari kelas X mereka sudah mulai memilih jurusan yang diminati. Memang kadang ada yang sudah punya bakat, tapi nggak sedikit juga yang belum tau apa-apa,” terang Bu Indah Septi Asyarani yang udah ngajar DKV selama empat tahun.
Yupz, cara belajar di sekolah ini nggak jauh beda dengan sekolah lain. Cuman di sini mereka bisa sukses nyiptain aneka karya yang unik-unik, mamen! Oh iya, for your info nih ya. Kerajinan yang mereka buat itu nggak cuman sekadar buat belajar doang, tapi ada juga yang dipesen ama hotel-hotel atau instansi lain. Wuihh.. seru banget khan?!
Jadi karya mereka nggak cuma dipajang di showroom sekolah aja, tapi juga berguna buat yang lain. Nah, karena udah dilatih buat bikin kerajinan, lulusan-lulusan SMIK banyak yang jadi wirausahawan.
Selain beberapa hal menarik soal mata pelajaran, mereka juga punya ekskul yang nggak kalah seru, seperti ekskul bahasa, olahraga, dan seni lainnya. Dan jangan diremehin lho...karena dari anak voli (maksudnya ekskul volley,Red) ada tiga orang yang ikut Pelatnas DIY. “Mereka yang ikut ekskul rata-rata punya prestasi di bidang itu,” jelas Pak Eri Yuliantoro Wakasek Kesiswaan.
Well, ternyata seru juga ya ngintipin kegiatan temen-temen kita di SMK Negeri 5 Jogja, selain mereka kreatif bikin kerajinan, ternyata juga jago di bidang lain. Pokoknya, di sekolah ini nggak ada kotor nggak belajar deh! (gun/eza/arm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja