Mencontek (Share)

[Senin, 18 Mei 2009]

Sempat jadi Playmaker Contekan

NGEBET jawaban hasil jerih payah temen alias nyontek, udah jadi tradisi mendarah daging buat siswa di Indonesia. Bahkan, ada motto tanpa survey yang mengatakan, ‘’kalo nggak nyontek, itu namanya bukan anak sekolah.’’ Beuhh.. sampe segitunya nyontek mempengaruhi kehidupan generasi penerus bangsa seperti kita ini di kehidupan sekolah, ck..ck..ck.. Kok aku jadi sok alim ya? he..he..he..
Jangan salah, man! Aku dulu juga sering nyontek. Aku mulai sadar trik-trik nyontek itu pas kelas satu SMA. Cara nyonteknya sih standar banget yah. Dari nulis di kertas kecil dengan tulisan super minimalis, terus ditaroh di kaos kaki, sms-an ama temen yang duduknya jauh, dan nengok kanan-kiri untuk temen-temen yang duduknya deketan ama aku.
Barulah kelas dua SMA aku mulai mahir nyontek. Aku jadi playmaker buat contekan anak-anak sekelas. Jadi aku pilih temenku yang jago banget dalam pelajaran itu dan cuma dia yang boleh ngasih jawaban, yang lain nggak boleh. Ntar kalo hasilnya bagus kita patungan buat traktir dia makan. Aku bikin bahasa sendiri, yang ternyata efektif banget buat nyontekin anak-anak pas soal pilihan ganda.
Aku ambil suku kata dan diganti dengan nat-nit-nut-net-not. Misalnya nat-nut, untuk nanyain soal nomer satu (dari suku kata sa-tu), lalu nut-nat untuk soal nomer dua, dan seterusnya. Terus untuk jawabannya, kalo jawaban A itu nat-nut, B itu nut-nat, dan seterusnya. Dan itu semua berjalan sangat lancar, sodara-sodara! Kebetulan kelasku kompak banget, ha..ha..ha..ha..
Lalu bagaimana hasilnya?? Jangan ditanya. Hasilnya pada bagus semua! Nilainya seragam sekelas. Sejak itu aku dan temen sebangku, yang aku angkat jadi partner in crime, mulai bikin ‘sandi-sandi’ baru yang selalu beda tiap ulangan. Itu semua biar gurunya nggak ngapalin ‘sandi’ kita. Jahaha.. udah mirip mafia ya?
Pasti kalian bertanya-tanya, gimana kalo yang jaga gurunya killer banget? Gimana kalo pas ulangan nggak boleh ngeluarin suara apapun sampe suara kentut pun kudu diredam? Gampang, bung! Kita ganti sandi nat-nit-nut-net-not dengan sandi gestur tangan. Jadi organ tubuh yang ada di sekitar kepala kan selalu punya dua sisi, contohnya mata kan punya dua, sisi kanan dan kiri. Nah alis mata kanan itu untuk nanyain soal nomer satu, mata kanan untuk soal nomer dua, hidung kanan untuk soal nomer tiga, telinga kanan untuk soal nomer empat, last bahu kanan untuk nomer lima. Lalu untuk nomer enam sampe sepuluh di organ sebelah kiri. Untuk jawaban, kembali ke struktur awal. Jawaban A itu alis mata sebelah kanan, B itu mata sebelah kanan, de es te. Mantab kan, mamen? Hehehe..
Tapi nggak selamanya aku nyontek, cing! Pas kelas tiga aku ngebut belajar sebagai bentuk usaha untuk bisa menaklukkan soal-soal apa aja yang ada. Kan udah mau lulus. Lagian bosen ah dapet nilai bagus. Terus pengen ditanyain juga sekali-sekali, masa terus-terusan aku yang nanya. Mungkin aku udah nemuin ‘titik jenuh’ dalam menyontek. Hehehe..
Saran dan kritik untuk para pencontek di seluruh dunia, kalo nyontek jangan nanggung-naggung. Sekalian yang invisible, dab! Terus kalo nyontek jangan nyontek plek jawaban temenmu itu, kan kasian temenmu udah berdarah-darah mikir, eh kalian cuma ngebet doang. Nyontek sesuai kebutuhanlah intinya. Hehehe.. Setuju ndak? (arm)

Tendra – bassist Gruvi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja