Misuh (Share)

[Senin, 11 Mei 2009]

Pengin Belajar Bahasa Jawa, Dijahili ama Teman

SESABAR-sabarnya orang, pasti bisa emosi juga khan. Nah, salah satu pelampiasan yang dipake ngeluarin emosi biasanya ya mengumpat, atau kalo di Jawa akrab disebut misuh. Yups. Termasuk aku, kalo kaget atau marah kadang suka keluar umpatan-umpatan yang nggak jelas maksudnya. Kayak bajigur, asem, dan temen-temennya itu.
Hmm.. hal yang suka bikin aku swearing (misuh,red) salah satunya adalah saat aku ngadepin kesemrawutan jalan. Pernah ceritanya mobilku mau ngantri buat belok, pas waktu itu jalannya emang agak padet gitu. Trus ada mobil di depan yang udah ngasih jalan buat mobilku…. eh tiba-tiba aja ada motor nyelonong dari samping! Jadilah mobilku lecet-lecet karena senggolan ama tu motor. Phew! Udah gitu, bukannya yang nyerempet minta maaf, eh malah misuhin aku. Wihh.. sebel banget tho jadinya. Yaudah akhirnya aku umpat balik! He…he…he.. refleks, dab!
Aku udah tau soal pisuh-pisuhan sejak kelas empat SD. Khan anak kecil segitu masih suka ngikut ngata-ngatain temen, padahal ya nggak ada maksud apa-apa. Aku khan aslinya orang Lombok, nah aku bisa ngomong bahasa Jawa itu awalnya dari interaksi ama temen-temen, bukan dari interaksi di rumah. Akhirnya temen-temenku itu yang ngajarin aku bahasa Jawa, dan ternyata mereka juga nyempilin kata-kata pisuhan dalam kosakata bahasa Jawa ku, he…he…he...
Kalo pas SMA, namanya juga cowok, jadi suka ngikut-ngikut kalo ada temen lagi seru misuh-misuh, aku jadi kebawa misuh juga. Tapi kalo sesama temen, apalagi cowok, khan misuhnya mungkin nggak berbobot ya. No hard feeling maksudnya. Khan orang misuh juga bisa diliat dari esensinya. Misalnya aja, “Kowe wingi neng ngendi wae, dhus? Ora melu ngangkring po?” gitu. Khan orangnya yang di “wedhus”-in juga biasa aja nanggepinya.
Hmm.. fenomena misuh ini udah jadi fenomena umum mungkin ya? Sekarang banyak muncul film-film yang misuhnya nggak pake disensor. Eh iya, kalo nggak salah misuh ini asalnya dari Jawa Timur. Tapi sekarang nyebar di Jawa. And there is no exception for Jogja.. Tapi yang jelas, misuh, bagaimanapun itu bentuknya, kita ambil sisi baiknya aja ya. Memang nggak bisa disangkal kalo masih banyak orang yang risih atau malah masih anggep misuh itu hal yang tabu, apalagi orang Jawa yang adat tatakrama-nya masih jadi pedoman. Tapi mungkin bagi sebagian orang ngerasa bisa jadi lebih ngakrab kalo make misuh. Iya tho? Setuju tidaknya kembali lagi ke orangnya masing-masing aja deh.

Duta – vokalis Sheila On 7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja