Sekolah Profesi (Share)

[Senin, 22 Juni 2009]

Ingatkan Pentingnya Bangun Link

BANYAK sekolah profesi baru bermunculan dengan kurikulum menjanjikan. So, temen-temen yang pengen masuk ke sekolah kejuruan jadi punya banyak pilihan. Entah karena ikutan temen ato buat pelarian. Maksudnya ngehindari mata pelajaran yang nggak disukai, misal masuk sekolah musik karena males belajar fisika. Bisa jadi dengan alasan pengen bisa cepet kerja, ato emang dianya bener-bener minat ama yang ditawarin sekolah profesi tersebut.
Dulu, aku masuk Sekolah Menengah Musik (sekarang SMKN 2 Bantul,Red) karena emang tertarik betul. Aku lahir dengan background keluarga yang cinta musik. Orangtua ku juga kebetulan support banget, meski seperti ortu kebanyakan, mereka sebenernya pengen punya anak yang gedenya bakal jadi dokter, insinyur, ato pilot.
He..he..he.. kebetulan ortuku udah tau banget kalo aku dari kecil cinta ama musik. Dari SMP hidupku nggak jauh-jauh dari dunia musik, jadi pas lulus aku pengen masuk sekolah yang bisa nampung minatku. Bukan pelarian lho, karena nilai kimia ama biologiku pas SMP emang bagus-bagus lho.
Skul di sekolah profesi emang dijanjiin bakal cepat kerja pas lulus. Tapi sebenernya cost yang dikeluarin juga gede, jack! Itu semua karena di sekolah kejuruan butuh banyak sarana dibanding sekolah biasa. Contohnya nih, aku kudu beli alat musik sendiri dan nyiapin duit kalo mau konser, de el el. Tapi semua itu juga tergantung personalnya sih. Percuma aja sekolah musik mahal-mahal, bahkan kalo lulus mau lanjutin ampe luar negeri segala kalo personalnya males atau nggak tekun. Jadi butuh kesadaran dalam menekuni sebuah profesi.
Beruntung, dulu keluarga dan temen-temen ngedukung penuh apa yang aku pilih. And see, now i can do my best. Aku bisa jadi apa yang aku inginkan.
Menurutku sekolah profesi sekarang udah ngalami pergeseran nilai-nilai. Kurikulumnya bergeser ke tepat guna. Maksudnya sekarang di era industri, disadari atau enggak disadari, disengaja atau nggak disengaja semuanya ngarah ke industri. Sudah ada gejala mengikuti kemajuan. Contohnya, sekolah musik sekarang mulai nyentuh musik-musik seperti jazz dan pop.
Kebetulan beberapa hari lalu aku baru aja ngasih workshop di SMM. Dan aku kagum ama skill temen-temen yang jauh ngalami kemajuan daripada angkatanku dulu. Tapi ada satu kekurangan, man. Kurang ada link antara industri dengan sumber daya manusia yang telah disiapkan untuk industri oleh sekolah itu. Kemarin itu aku ngadain workshop atas inisiatifku sendiri, bukan dari sekolah. Sekolah harusnya lebih komunikatif ama para praktisi.
Ato sekolah bisa ngasih kebebasan siswanya untuk cari info dari sumber lain. Misal, sekarang kan udah ada internet, di sana kita bisa cari apa aja buat nambah wawasan soal bidang yang kita ingin tau lebih lanjut. Bisa juga dengan ikut forum-forum yang sekarang udah rame, misalnya bikin forum alumni, karena dengan begitu kita bisa saling share. Or, nggak lupa juga buat rajin nyatroni toko buku buat nambah referensi. Thats a must, guys!
Intinya mereka kurang manfaatin networking dan penggunaan IT.
Pesan untuk para orangtua di seluruh belahan bumi, bebasin anak dalam milih sekolah sesuai minatnya. Pinter-pinter liat kemampuan si anak dan kalo udah tau, tinggal kasih fasilitas yang sesuai ama minatnya. Beda ama orang tua zaman dulu. Kalo denger anaknya pengen masuk sekolah musik, pasti jawabannya, ngapain masuk sekolah musik? Mau jadi pengamen? Karena bayangan orangtua dulu, soal sekolah profesi masih samar.
So guys, asal kita maksimal ama apa yang kita minati, mau bidang perhotelan, musik, desain, modelling, atau apapun itu, semuanya bisa menjanjikan, selama itu baik. Just do what you like, and be the best! Bisa tho? (arm)

Oni Krisnerwinto – Musician (Owner Sa’Unine Orchestra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja