SMA 2 Jogja : Save our Culture

[Selasa, 2 Juni 2009]
Save Our Culture!
Make Bahasa Inggris untuk Nyelamatin Budaya Kita

SERASA ada di luar negeri lalu ketemu ama orang-orang Indonesia. Begitu kesan Indikasi saat datang ke acara Smada English Night 2009 yang digarap temen-temen SMA Negeri 2 Jogja. Karena sepanjang acara yang digelar Sabtu (30/5) malam itu semua dilakukan dalam bahasa Inggris, cas, cis, cus…. Tapi menu yang disuguhkan malam itu semuanya berbau tradisional, asyik khan…..
Salah satu konseptor acara, Aghnia Mega Safira bilang kalo acara malam itu bukan Pensi ato acara seneng-seneng. ‘’Acara ini special banget and jadi ajang unjuk kreativitas temen-temen,” jelasnya didampingi Galuh Anindita Wardhana yang juga konseptor acara.
Meski mereka bilang acaranya bukan untuk seneng-seneng, tapi mereka yang dateng selalu aja ngerasa senang. Napa ya?
Sebab, English Night yang dikasih judul Let’s switch the culture on! Ingenious javanical, intoxicated culture. Ya, bahasa Indonesia sederhananya temen-temen Smada ngajak kita smua untuk ngidupin kembali kebudayaan kita. Karena kebudayaan kita tuh udah mulai dilupain ama generasi muda seperti kita. Terutama seiring majunya teknologi.
Seiring judul yang dipampang, maka malam itu banyak disuguhkan kegiatan bersifat tradisional,tapi penyampaiannya menggunakan bahasa Inggris. Jadi unik …? Seperti penampilan Teater Kertas Smada lewat lakon Ande-Ande Lumut, yang penyampaiannya make bahasa Inggris. Masih ada lagi stan pameran kebudayaan, seperti stan wisata, stan batik, stan wayang yang khusus dibikin ama anak kelas X-1 ampe X-7.
Trus juga ada ansambel, lomba news reading untuk SMP, reading poem, dan ditutup ama pemutaran film pendek kreasi anak Smada. Soal genjreng-genjreng di panggung mereka nggak lupa ngundang guest star, Brown Sugar ama My Soul.
“Stand kebudayaannya bagus banget. Dengan acara ini temen-temen Smada udah nyampein pesen supaya kebudayaan sebagai warisan bangsa harus kita jaga dan lestarikan. Jadi belajar Bahasa Inggris dibarengi ama niat melestarikan budaya kita,” ujar Mizan Aji P dari SMA Muhammadiyah 1 Jogja yang nyempetin dateng malam itu.
Salah satu yang menarik malam itu adalah karawitan oleh para guru dan karyawan Smada. ‘’English Night merupakan program andalan tahunan Smada. Jadi kami selaku guru sangat antusias dan apresiatif dengan program ini. Apalagi melalui program ini, Bahasa Inggris yang kesannya susah dan tegang jadi santai dan rileks. Tapi percuma juga sih kalo Inggrisnya cas cis cus, tapi nggak tau adat dan budaya sendiri,” kesan Heru Adi yang kesehariannya dikenal sebagai guru pengampu Bahasa Inggris sekaligus penggagas English Night.
Malam itu juga menorehkan kesan bagi Katya Dara Ozzilenda, karena siswi SMP Negeri 8 Jogja itu terpilih sebagai juara pertama lomba News Reading. ‘’Jelas bangga dong, karena aku sekaligus ngukur sejauh mana aku jago Bahasa Inggris, he..he..he...,’’ canda Katya malam itu.
Jadi inget ya friend (wah ketularan make bahasa Inggris..) budaya warisan leluhur kita tuh jangan pernah kita lupakan. Walo zaman dah berubah tapi kita tetep harus bisa ngejaganya, biar nggak diakuin ama negara lain. he..he..he.. see you guys. (eza/per)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja