Tari Smada Jogja

[Selasa, 5 Mei 2009]
Latih Kepekaan dengan Nari

PAS Kartinian beberapa waktu lalu, temen-temen SMA Negeri 2 Jogja punya gawe yang cukup menarik. Temen-temen SMADA – begitu julukan SMA Negeri 2 Jogja ini bikin acaranya nggak di sekolah, tapi di Taman Budaya Yogyakarta.
Ngliat proses persiapannya, Indikasi tertarik ama semangat temen-temen yang lagi ekskul tari tradisional.
Meski track record mereka belum begitu keliatan, tapi semangat temen-temen ekskul tari tradisional Smada ini cukup tinggi lho!
Ekskul yang dibina ama Bu Dewi ini lagi getol-getolnya latihan demi performa lebih maksimal. Bagi mereka, itu cara tepat buat ngenalin ekskul tari sekolahnya.
Ternyata, anggota ekskul tari tradisional Smada ini bukan cuma ngejalanin hobi, guys. ‘’Nggak cuma nari, tapi juga olahraga dan nglatih kepekaan otak. Soalnya, gerakan tari tradisional tuh nggak simple dan cukup meres keringet!’’ kata Nur Fitri Indah sejak kecil udah suka tari tradisional.
Menurut Fitri dia suka nari karena gerakannya bagus-bagus. ‘’Tapi susahnya pas ngapalin, karena gerakannya banyak dan bikin pegel. He..he..he..,” ujar Fitri.
Emang, gerakan tari tradisional itu banyak banget, ada yang istilahnya ngithing, nyempurit, nyelenkenthing, ngruji, dan banyak lagi deh! Macem-macem tarinya juga nggak kalah variatif, ada golek, teno asri, gunung asri, dan buaaanyak lagi lainnya. Tapi bagi temen-temen eksku tari Smada, Reno Asri jadi tari yang paling favorit.
Menurut Fitri, untuk ikutan ekskul tari nggak pake seleksi. (arm/gun)

---------------------------------

Rhea Janitra
Nglalangbuana Berkat Nari

MESKI ekskul tari tradisional Smada nggak terlalu nonjol, tapi ekskul ini juga ’’melahirkan’’ ato setidaknya dihuni seseorang yang punya prestasi ampe taraf internasional.
Namanya Rhea Janitra Ajiningtyas. Dia tuh anak SMA Negeri 2 Jogja kelas XI IPA 2. Rhea ini udah melanglangbuana ke Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Philipina karena prestasinya di bidang tari tradisional. Waoooo sangar dab!
”Enak lho kalo punya prestasi yang kinclong di bidang nari. Aku jadi bisa ngunjungin negara-negara lain tanpa keluar biaya, apalagi sekalian ngenalin kebudayaan negara Indonesia. Bikin bangga banget!” seru cewek yang akrab disapa Rhea ini.
Buah emang nggak jatuh jauh dari pohonnya. Ungkapan itu pas banget ama Rhea yang ternyata anak dari ayah dan ibu yang juga jago nari. Ayah Rhea, adalah guru tari dan guru bahasa Jawa di SMA Negeri 3 Jogja (Padmanaba). Sementara ibunya, dosen tari di Institut Seni Indonesia (ISI). Hmm.. pantes bisa jago gitu..
”Keluargaku juga punya sanggar tari di rumah. Namanya Puri Aji Pranata,” aku Rhea yang tanggal 23 Mei 2009 bakal ke Vietnam buat mewakili Indonesia di ajang Golden Flower ini.
Dari pengalamannya yang seabrek itu, Rhea jadi motivator juga pembimbing temen-temen ekskul tarinya. Anggota ekskul tari yang lain juga menjadikan Rhea sebagai sosok yang perlu dicontoh. Dia juga nitip pesen buat temen-temennya di ekskul tari tradisional Smada. “Jangan mrithili (keluar satu-persatu, red) dong. Latihannya kudu lebih rutin. Semangat ya temen-temen!” teriak Rhea sambil ngasih semangat. (arm/gun)

1 komentar:

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja