Acara TV yang Banyak Disuka (Share)

[Senin, 26 Oktober 2009]

Skeptis Tayangan TV Lokal

PAS masih SD ampe SMP, aku paling seneng nonton kuis. Khan dulu tayangan kuis lagi ngehip banget. Tiap ada kuis, langsung aku dipantengin. Tapi sekarang udah kurang suka. Soalnya nggak ada kuis yang seinspiratif dulu. Kalo ada, biasanya adaptasi dari kuis luar negeri. Entah emang tim kreatifnya nurutin pasar, atau malah mungkin karena pasar juga lebih milih sinetron, daripada tayangan edukatif semacem kuis. Hehehe..
Recently, tayangan tv lokal yang aku tonton yaitu acara anak-anak, semacam bocah petualang. Atau kalo nggak acara penghilang stress, semacem Warkop DKI, ato komedi yang actually entertaining. All in all acara itu harus bisa ngilangin stress, dan bukan nambah stress. Soalnya khan kita seharian aktivitas di luar, jadi nyampe rumah udah capek banget.
To be honest, aku termasuk orang yang rada jarang nonton tv. Palingan kalo lagi bener-bener nganggur banget. Kira-kira jam-jam sebelum tidur gitu deh. Kalo nggak, ya lagi bener-bener kepaksa pengen nonton buat tau perkembangan tv di Indonesia, secara kan kebetulan aku kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi, yang mengkaji soal publiciting, broadcast, dan beberapa kajian yang berhubungan juga soal tayangan tv.
Kabar bagusnya, sekarang tv lokal lebih ngedepanin tayangan lokal daripada impor. Kabar buruknya, saking ngedepanin tayangan lokal, ampe-ampe nggak sedikit tayangan nggak bermutu juga disiarin. Efeknya, aku agak skeptis ama tayangan tv lokal.
Kalo aku amatin, saat ini yang lagi heboh banget tuh acara musik yang nyertain tangga lagu, acara gosip, dan yang jelas.. sinetron!
Amaze banget pas lagi mijit tombol ON di remote tv. I was like “WOWW.. ternyata hari gini sinetron jumlahnya bejibun!”. Mulai sinetron yang judul nama-nama pemerannya ex: Susanti, Ginanjar Cinta Lestari, and so on, sinetron dubbing, dan sinetron komedi yang nggak mendidik atau malah berbau pornografi. Komplit! Rata-rata temanya soal cinta-cintaan yang dibawain sangat hiperbolis.
No offense ya. Tapi pernah juga aku nonton tayangan FTV (Film Televisi) yang jalan ceritanya kayaknya jiplak dari film komedi barat. Dan bahkan nirunya kebangetan. Jadi kayak nonton film barat dengan bintang Indonesia. Hehehe.. Ya mungkin itu bagian dari kreativitas tim produksinya, tapi sayangnya kurang dikembangin.
Terus sekarang banyak banget bintang baru bermunculan, dab! Ampe aku nggak hafal nama-namanya. Apalagi ketambahan bintang-bintang blasteran, ato malah bule asli, baik dari negara tetangga yang notabene mukanya juga nggak beda jauh ama bintang lokal ato dari negara barat. Beda sama dulu, khan ada legend semodel Rano Karno, Yessy Gusman, dan masih banyak lagi yang asli ‘made in Indonesia’. Hehehe..
Dari dulu orang tua nggak pernah ngekang aku buat nonton tv. Nggak ada, drama orang tua nyembunyiin kabel tivi, antena, atau apalah. Tapi, meski orangtuaku nggak ngekang, aku juga udah punya kesadaran soal batasan nonton tv. Aku nggak akan nonton tv ampe larut malam.
Yeah, tv has been the people’s need. But the thing is, you have to be a smart television viewer. Agree? (arm)

Ika Putri - Penyanyi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja