SMKN 2 Jogja : Ngrakit Komputer

[Selasa, 29 September 2009]
SMKN 2 Jogja
Ngrakit Laptop, Dah Biasa Tuh!!

SEKOLAH Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia sekarang ini dah ngalami progress (ciyeee.. progress.. hehe) yang sangat signifikan. SMK emang nggak bisa dipandang sebelah mata. Ya dong, sekarang aja udah ada standart SBI (Sekolah Berstandart Internasional) yang diterapkan di SMK. Tapi syaratnya sekolah kejuruan itu musti punya produksi untuk dijual ke masyarakat ato pesanan yang produksi sekolah, en.. yang paling penting sob.. siswanya juga harus terlibat! Weitss.. hebatnya syarat ini bisa dengan mudah dilakoni ama temen-temen di SMK Negeri 2 Jogja.
Mamennn.. asal tau aja ya, temen-temen kita di SMK Negeri 2 Jogja ini pernah kebagian job bikin laptop! Hebat to? Job ini muncul karena ada pesanan sepuluh biji laptop yang dipesen ama lembaga pemerintah.
Dikerahkanlah sepuluh tim yang masing-masing terdiri tiga orang. Jadi totalnya tiga puluh anak didaulat buat ngerakit laptop-laptop itu. Mereka adalah murid kelas XII Teknik Komputer Jaringan yang memang udah akrab banget ama yang namanya komponen komputer. Meski peran guru masih ada dalam produksi laptop ini, tapi paling hanya sekitar tiga puluh persenan. Selebihnya temen-temen SMKN 2 Jogja yang ngerjain. Guru-guru cuma menjelaskan dan ngecek hasil garapan temen-temen SMKN 2 Jogja.
Laptop berlabel NEC SMK ini harganya lebih murah lho dari pada laptop-laptop buatan Jepang, Korea, Cina, Amerika, gitu-gitu deh. Tapi nggak usah khawatir bos, kualitasnya jelas nggak kalah keren kok sama laptop-laptop buatan negri. Anyways kalo kalian bertanya-tanya kenapa namanya mesti NEC SMK? Ini nih si Andri Afriyanto, salah satu anggota tim perakit laptop punya jawabannya, “Ohh.. nama tersebut diambil dari NEC sebagai produsen laptop. Nah, terus ditambahi embel-embel SMK karena yang ngerakit temen-temen SMK ya kayak kita ini.” Reasonable answer, Dab. Hehehe..
NEC memfasilitasi temen-temen kita buat praktek ngerakit biar mereka skill mereka semakin terasah. Ehem.. bisa dibilang simbiosis mutualisme gitu deh. Hehehe.. “Dari NEC udah ngasih laptop dalam keadaan layar, motherboard, casing udah terpasang. Jadi kita tinggal pasang wifi, batre, dan lain-lain. Oh iya, sama nginstall Operating System-nya juga ding,” terang Ana Yuliani panjang lebar.
Temen-temen kita ini ngaku kalo mereka dapet banyak pengalaman dan ilmu soal rakit-merakit laptop ini. Yaiyalah.. secara mereka udah mempelajari itu selama beberapa bulan terus langsung dipraketekin lagi. Karya temen-temen SMKN 2 Jogja ini udah jadi bukti kalau anak-anak negri kita juga bisa memproduksi barang-barang yang biasa diproduksi luar. Semangat deh buat temen-temen SMK… SMK bisa! (arm/gun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja