Miara Binatang Mungkin Nggak Ya?

[Senin, 2 November 2009]
Miara Binatang Mungkin Nggak Ya?
Dia Tuh Lucu, Nggemesin dan Nurut …

KEMARIN, Charlie keliatan sewot banget, tiap hari acaranya cuma uring-uringan. Sifat Charlie berubah setelah tau kalo gebetannya, Shasa melampiaskan rasa sayangnya bukan ke dia lagi. Pacarnya itu setiap hari cuma ngelus-elus Ronaldo, kucing barunya.
‘’Masak gua kalah ama kucing. Kemarin dia aku samperin, eee.... malah cuek-cuek aja. Sementara si Ronaldo malah dipeluk-peluk dielus-elus. Jengkel aku...’’ gerutu Charlie yang ngerasa jealous ama Kucing Persia piaraan pacarnya itu .
Ilustrasi di atas bisa aja dialami ama temen-temen kita. Karena kadang, binatang piaraan itu bisa ngedapetin rasa sayang yang berlebih dari tuannya. Dan perlakuan para pecinta binatang terhadap peliharaannya emang bisa aja melebihi kasih sayangnya pada sesama.
Bagaimana nasib Charlie-Charlie lain jika dari 300 an polling yang disebar kru Indikasi diperoleh data bahwa 56,5 persen responIn pada punya binatang peliharaan. Waow...banyak juga ya...?
Salah satunya adalah Arif Hasan sahabat kita dari SMAN 6 Jogja. Siswa kelas 3 IPS 3 ini punya banyak binatang piaraan loh. “Burung gagak, tupai, marmut dan sekarang sisanya tinggal ikan hias aja. Dari dulu aku seneng banget miara binatang, gara-gara ayah juga sih. Miara tupai juga gara-gara dibeliin ayah, tapi tupainya sekarang udah mati. He..he..he,” kenang Arif yang kepingin banget miara ular, tapi belum terwujud ampe sekarang.
Selain burung, tupai ama marmut, binatang peliharaan apa yang disukain ama para responIn? Ternyata ada sekitar 27,6 persen responin yang milih kucing sebagai binatang piaraannya. Biasanya, temen-temen miara kucing dari Persia ato Angora gitu. Tapi temen dari SMAN 2 Jogja, Joan Lucky Bornaugusta malah miara kucing kampung. Joan yang duduk di kelas XI IPA 5 ini ngaku sayang banget ama kucingnya itu. “Daripada aku jahatin adikku mending maen-maen ama kucing yang nggak ngerti omongan kita. Trus kalo mood aku lagi jelek, pasti aku langsung datengin kucingku dan moodku bisa bagus lagi. Makasih buat kucingku,” ungkapnya.
Selain kucing, ada juga temen kita yang nyukain ikan. Contohnya Stevani Reza Saputri dari SMA Stella Duce 2. “Kucing ini pemberian mantanku. Dulu dia mau ke Bandung, jadi ngasih kenang-kenangan gitu. Aku juga punya 3 ikan kesayangan. Yang pertama namanya Jojo, kedua Kuku dan yang terakhir namanya Memey. Nggak tau knapa aku ngasih nama-nama itu, pokoknya mereka itu lucu. Banyak banget kejadian lucu bareng mereka,” kenang Stevi (panggilan akrab Stevani) tanpa ngejelasin kejadian lucu yang dia maksud. O iya Stevi adalah salah satu dari 25,7 persen responIn yang miara ikan.
Sedangkan posisi ketiga ditempati oleh teman-teman yang suka miara anjing, jumlahnya nyampe 21,9 persen responIn. Mereka milih anjing soalnya bisa dijadiin penjaga rumah juga.
Misalnya Christina Mayang. Siswi kelas XI IPA 2 dari SMAN 8 Jogja ini milih miara anjing jenis Dalmatian. “Namanya Copi. Aku sering bawa dia jalan-jalan. Aku seneng banget ama anjing soalnya gampang deket ama manusia. Kalo nggak kenal pasti dia jahat, tapi kalo udah kenal bakal sayang banget ama kita. Kalo ama kucing aku malah takut, ngeliat matanya bikin serem,” ujar Christina.
Banyak temen-temen kita yang nentuin jenis binatang piaraannya berdasar pada kelucuannya, nggemesin dan penurut. Ada 41,9 persen responIn yang bilang kayak gitu. Seperti diungkapin ama Ramdini Ajeng Gayatri, temen dari SMAN 9 Jogja. “Aku punya 3 binatang piaraan, kucing, kura-kura, en ikan. Yang paling aku sayang kucing, soalnya lucu, nggemesin, trus juga nurut. Apalagi sekarang kucingku lagi hamil. Beda kalo ama kura-kura. Kura-kura itu aku sayang karena pemberian dari orang yang special, tapi itu dulu, en sekarang tentunya udah nggak. Kalo ikan sih cuma buat lucu-lucuan aja,” papar Ajeng yang sebenernya kepingin miara anjing, tapi nggak dibolehin ama mamanya.
Bisa dibilang binatang piaraan itu adalah sahabat kedua kalo kita lagi nggak ada temen yang mau ngedengerin curhat kita. Seperti yang dilakukan Khanza Karina dari SMAN 3 Jogja. Nurut dia, streesnya langsung ilang gara-gara liatin ikan. “Kadang aku juga curhat ama mereka. Ikanku tuh warna-warni gitu, nah itu yang bikin pikiranku jadi seger lagi. Aku cuma punya 2 ikan aja, aku piara di akuarium. Keluargaku juga suka banget ama ikan-ikan punyaku,” jelas siswi kelas XI IPA 5 ini. (eza)

-------------------------------------------------------------------

Sebenernya Suka, Tapi Koq Males

PUNYA binatang piaraan itu sama aja kita harus sediain waktu dan tenaga buat ngurus satu nyawa lho. Lagian, binatang piaraan itu nggak cukup kalo cuma dikasih makan, tapi juga harus diajakin main, dimandiin, and so dirawat penuh kasih sayang. Jadi kalo cuman didiemin ya pasti kasian buangeet.
Ntar kayak anjingnya Felisia Fanny Kirana, teman dari Padmanaba yang mati cuz nggak keurus baik. “Awalnya anjingku kelahi ama anjing tetangga, setelah mati terus dibeliin lagi, ee… malah mati lagi karena nggak aku urus,” ujarnya malu.
Ternyata guys, dari 300 an polling yang disebar ama kru indikasi, setidaknya ada 43 persen responIn yang nggak punya pets. Daripada punya, terus malah koit karena nggak keurus? Tapi sebenarnya bukan gitu sih masalahnya, karena 11,9 persen responIn ngaku nggak punya pets dengan alesan lingkungan yang nggak ngedukung untuk punya piaraan.
Ya masak peraturan mau dilanggar? Ntar malah kita dimusihin orang sekampung. Sementara beda ama persoalan yang diadepin temen kita Carolind Goeltom dari Stece. Carolind ama ortunya dibiasain nggak boleh deket ama binatang, apalagi ampe piara binatang. Ortunya takut bulu binatang bisa bikin sakit, apalagi sekarang Carolind tinggal di asrama. “Ya pastinya asramaku nggak kasih izin kita piara binatang. Bisa-bisa dibuang ama suster,” katanya sambil tertawa.
Ada juga sih alesan lain temen-temen, yaitu males ngerawat binatang. Dan tenyata alesan itu diandalin oleh 56,7 persen responIn yang nggak piara binatang. Emang, kalo udah kena virus males nggak bakalan mood untuk ngapa-ngapain. Menurut Ika Nurstiana dari SMAN 9, kalo udah males mendingan piaraan itu dihibahin ke orang lain aja. “Dulu aku pernah punya kura-kura, terus mendadak bosen, ya udah aku kasih temenku aja,” ujar Ika pasrah.
Mau gimana lagi, namanya anak muda, harus dilatih tanggung jawab. Nggak bisa disalahin juga kalo mendadak kita bosen he… he.. RespoIn yang dari awal udah nggak suka ama binatang peliharaan ternyata ada 29,9 persen. Yups, bener banget, mereka yang nggak suka binatang punya alesan sendiri. Kayak Erwin Prastiti dari SMKN 2 Depok yang ternyata lebih suka hewan ternak. “Aku nggak seneng binatang peliharaan ngeliatnya aja ribet. Mending hewan ternak aja ada gunanya,“ kata Erwin mantap.
Guys you must know hewan ternak itu emang lebih simple. Ya walopun sama-sama hewan, tapi chemistrynya sepertinya emang beda.
O iya guys, kalo 22,4 persen responIn punya alesan lain lho. Misal Dimas Andriaditya dari SMAN 8 udah nggak mau punya binatang peliharaan lagi. Karena kucingnya pernah mati karena ketabrak mobil. “Kalo malem tu, alm kucingku pasti keluyuran ampe pagi, trus pulang,” katanya sedih tanpa dibuat-buat. (sha)

-------------------------------------------------------------------

IN TALK

Ungkapan Kasih Sayang

SEBAGIAN besar binatang bisa dipelihara manusia, seperti anjing, kucing, burung, ikan, dan lain-lain. Binatang yang dipelihara biasanya sudah jinak, sehingga bisa dirawat dan disayang sebaik mungkin.
Perilaku memelihara binatang bisa disebabkan beberapa faktor, seperti hobi atau suka pada jenis binatang tertentu, bisa dijadikan teman, atau bisa juga sebagai penghilang stress. Akhir-akhir ini, hewan peliharaan juga bisa digunakan untuk terapi bagi anak-anak autis, apatis, maupun susah bicara.
Hobi memelihara hewan juga bisa karena keturunan di keluarga yang sejak dulu memelihara binatang, seperti anjing, kucing, maupun hewan lain yang mudah pemeliharaannya. Namun, binatang juga bisa bermakna khusus, jika binatang itu merupakan pemberian orang yang special.
Memelihara binatang adalah sebuah bentuk tanggung jawab. Dimana seseorang dipercaya untuk bisa merawat hewan layaknya manusia, karena hewan juga mahluk hidup yang butuh makan, minum, dan perhatian dari pemiliknya. Rasa kasih sayang juga dibutuhkan dalam memelihara binatang, agar binatangnya bisa terus menemani.
Dalam keseharian, hewan juga bisa dijadikan ajang sosialisasi bagi semua kalangan, termasuk anak-anak SMA. Diajak jalan-jalan, ikut, ketemuan, dan kumpul ama sesama penyayang binatang. Kegiatan-kegiatan ringan itu bisa menambah kedekatan emosi dengan peliharaanya, sekaligus ajang menambah pertemanan, dan sebagai bentuk kasih sayang pada peliharaan. Namun, yang jangan sampai lupa adalah menjaga kebersihan hewan dan orangnya.
Rumah hewan seperti kandang atau kolam sebaiknya sering dibersihkan, diberi makan yang cukup, dikuras airnya. Kalau sakit, segera beri pertolongan pertama, baik pribadi maupun hubungi dokter hewan langganan. Untuk yang punya hewan peliharaan, jangan lupa cuci tangan setelah memegangnya agar tidak terjangkit penyakit, ini sekaligus menjaga diri dari penyakit-penyakit binatang.
Dalam perkembangannya, kegiatan memelihara binatang bisa dijadikan alat bisnis. Yaitu menjual keturunan, apalagi jika indukannya sudah menang lomba maupun berjenis ras kualitas tinggi, sehingga orang tertarik dan nggak ragu membeli anakan berkualitas. (per)

Drh. Yuni Tita Sari
Praktek mandiri dokter hewan di Jogja dan sekitarnya


-------------------------------------------------------------------

IN VOICE

Christina Titi S. XII IPS, SMA Stella Duce 2 Jogja
Aku udah biasa ama anjing, karena di rumah dari dulu udah ada anjing yang dipelihara papa dan mama. Jadi ya sayang aja ama anjing. Udah gitu, cowokku juga aku kasih anakan saat anjingku beranak. Pas anaknya banyak, jadi aku kasih biar dia juga pelihara binatang.


Bagaskara Rizdian, X6 , SMAN 6 Jogja
Aku punya kucing kesayangan di rumah. Buatku, kucing bisa jadi temen mainku di rumah, selain bisa tak sia-siain. Dulu, kucingku pernah kabur gara-gara nggak aku kasih makan. Karena saat itu aku ke luar kota, tapi akhirnya dia (kucingku) balik lagi, kangen ama tuannya sepertinya. Hahaha….


Asmara Juwita, XII IPA 1, SMAN 9 Jogja
Dari dulu aku emang nggak tertarik ama binatang peliharaan. Jadi ya biasa aja kalo ngeliat hewan-hewan gitu. Lagian juga, aku orangnya nggak telaten, males ngrawatnya. Jadi kalo punya hewan peliharaan malah kasian, ntar enggak aku rawat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja