Disakiti Pasangan Saat Pacaran

[Senin, 19 Oktober 2009]
Aduh... Kenapa Dia Harus Selingkuh ...???

PUNYA pacar itu udah bukan hal baru bagi anak muda zaman sekarang. Nah, dari berbagai pengalaman responIn, ternyata selama menjalani pacaran menjumpai banyak persoalan juga. Bahkan tak jarang responIn yang disakitin ama pacarnya.
Tapi kalo pengen tau pengalaman para responIn saat disakitin pacar, tentunya kita harus tau dulu dong apa mereka pernah punya pacar ato nggak. Ternyata ada 83,5 persen responIn pada pernah pacaran. Salah satunya Mardhiyah Mutmainnah.
“Aku udah pernah pacaran. Tapi cowokku tuh kadang-kadang bikin kesel, ngeselinnya tuh pas aku sms trus dia jawabnya cuma singkat-singkat doang. Trus aku kesel juga kalo dia digosipin lagi deket ama temen sekolahnya di Jakarta,” jelas Dyah yang masih duduk di kelas X-B dari SMA Muhammadiyah 2 Jogja.
Kekerasan dalam rumah tangga udah sering kita denger, tapi yang ini agak nggak biasa, yaitu kekerasan dalam pacaran. Wouw ada juga ya yang kayak gitu! Tapi ini nggak sekeras yang ada dalam rumah tangga lo. Ada 84,5 persen responiI yang pernah disakitin ama pacarnya. Kasian banget. Salah cari pasangan ato kenapa ya?
Tim Indikasi nelusurin dan nemuin salah satu responIn yang punya pengalaman disakitin ama pacarnya. Dia adalah Redita Ayu Renjani, temen dari SMA 2 Jogja kelas XI IPA 5. “Aku udah pernah pacaran 6 kali, dan sering banget diboongin, diduain dan yang aku nggak suka tuh pas cowokku ngebatalin janjinya. Nah pas aku pacaran ama cowokku yang ketiga, aku tuh sering banget dimarah-marahin gak jelas. Gara-garanya aku keseringan maen basket lah, kebanyakan temen cowok daripada ceweknya lah, pokoknya alesannya tuh gak jelas banget. Bikin kesel banget dehh,” jelas Redita saat ditemui tim Indikasi di rumahnya.
Diboongin ato dimarahin sih biasa aja, yang paling nyakitin tuh kalo pacar kita selingkuh. Apalagi selingkuhnya ama sahabat kita sendiri. Ternyata ada sekitar 24,2 persen responin nih yang pernah disakitin karena dikhianatin ato diduain ama pacarnya. Nah ini contohnya, temen kita Yesita Dina dari SMAN 1 Banguntapan. Dia diduain ama cowoknya.
“Aku tuh diduain, padahal kita udah pacaran udah dari SMP, ya udah sekitar satu tahun gtu lah. Hampir tiap hari kita ketemu dan tiap malampun kita pasti ketemu en nggak bisa dipisahin lagi deh. Tapi ternyata tanpa sebab apapun dia ninggalin aku trus dia jadian ama cewek lain, kesel banget nggak sih,” curhat Yesita ama kru Indikasi.
Setelah kamu disakitin, reaksi kamu apa? Kayaknya mau marah tapi takut juga. Kayak Marsela Renasari Presty sahabat kita dari Stero kelas XI IPS 2.
“Aku punya cowok yang sering bohongin aku, trus dia juga pengen berubah dan aku maafin tapi gak pernah sadar-sadar juga. Dia juga ternyata lagi deket ama sahabatku dan ternyata dugaanku benar kalo dia jadian ama sahabatku itu. Aku tentunya marah banget, dan kayaknya udah nggak bisa maafin dia deh,” jelas cewek asal Kalimantan Barat.
Langsung putusin aja. Itu yang sering kru Indikasi denger saat ngobrol ama para responIn. Dan salah satunya adalah Aghnia Amalina. “Kemaren tuh aku pacaran yang ke 4, dan gara-gara pacarku yang terakhir itu, aku jadi males punya cowok lagi. Karena aku nganggep semua cowok sama aja. Mereka tuh sukanya maenin perasaan cewek. Masalahnya, dia ternyata punya cewek laen selaen aku, aku tau dari temenku gtu. Dan sehari kemudian langsung aku putusin,” jelas Aghnia kelas XII IPS 3 dari SMA 6 Jogja.
Dan ternyata ada juga responIn yang masih mau pacaran meski pasangannya udah sering nyakitin. Contohnya sahabat kita Friska Aritedi kelas XI dari SMA 3 Jogja. Masih mau pacaran soalnya pacarnya tuh udah janji bakalan berubah. “Mungkin cowok aku ini bakalan berubah kalo aku kasih kesempatan, toh dia udah janji gitu ama aku. Tapi tetep ngerasa takut juga sih kalo dia bakalan nyakitin aku seperti dulu,” ujar Friska yang hobi dengerin musik. (eza)

-----------------------------------------------

Dipercaya…Ee …Malah Dibohongi

BANYAK banget remaja berpakaian putih abu-abu yang jalan barengan berpasang-pasangan. Itu tuh bukan hal baru. Well … di balik semua itu ada 16,5 persen responIn yang nggak pacaran loh.
Seperti dipercaya ama Erika Sandra. Temen dari SMAN 11 ini nggak boleh pacaran, soalnya takut dimarain papanya. “Aku takut kena omel papa, katanya belum boleh punya pacar,” jelas Erika sambil senyum malu.
Lain halnya ama responIn yang udah pernah pacaran. Biasanya, pacaran tuh ngalamin pasang surut, kadang cukup drastis. Untungnya masih ada 15,5 persen responIn yang nggak penah disakitin ama pacarnya.
Putra, anak Stemsa yang punya kebiasaan begitu sayang ceweknya ini enggan buat nyakitin. Biasanya mereka udah sayang banget ama pasangannya, makanya nggak ada maksud buat nyakitin pujaan hatinya. Ada 31,4 persen responIn yang setuju ama hal itu.
Kalo ada responIn yang disakitin ama pacarnya gimana ya dia nanggepinnya? Bakal disakitin balik apa gimana ya? Emang nggak enak banget kalo dikibulin pacar. Ternyata yang ngerasa sakit ada 59,6 persen responIn. Gimana nggak sakit kalo akhirnya ketauan boongnya di depan mata. Temen kita Ana Marlina dari SMAN 10 pernah ngeliat pacarnya lagi beduaan ama cewek laen, padahal ngakunya lagi pergi ama mamanya. “Sial banget emang aku udah percaya eh malah dia boong,” ujarnya marah.
Well guys, ternyata ada 28,3 persen yang milih buat diem aja kalo udah disakitin. Mungkin bener yang diungkapin ama Brian dari SMA Bopkri Satu. “Aku lebih milih diem aja biar dia nyadar apa kesalahannya.”
Kebanyakan mereka milih filosofi diem itu emas. Hem… tapi kalo diem terus juga nggak baik tau. Mending diomongin baek-baek ama pacar kita jangan diem-dieman. Emang jujur itu nyakitin, tapi daripada salah paham en akhirnya putus! Hayo pilih mana?
Setelah proses naik turun ternyata berbuah baik bagi responIn. Ada 32,3 persen responIn yang milih nggak putus! Veronica Ayu dari Stero ngungkapin. ‘’Kalo cepet-cepet putus berarti kita cepet nyerah ama hubungan yang udah dibangun,” katanya sambil senyum.
Horay... akhirnya ada pelajaran yang bisa dipetik. But you must remember guys! Kalo nyakitinnya udah keterlaluan mending dibuang ke laut aja tuh pacarnya. (sha)

-----------------------------------------------

IN TALK

Aibat Kurangnya Komunikasi

ADA kalanya hubungan antar manusia itu mengalami perasaan turun-naik. Dlam arti kata yang dimaksud naik adalah baik-baik atau harmonis. Sementara yang dimaksud turun dalam artian sedang menemui persoalan.
Hal tersebut berlaku juga pada hubungan khusus atau yang lebih dikenal dengan sebutan pacaran. Hubungan khusus antara dua insan berbeda jenis ini terkadang menghadapi permasalahan, baik skala kecil maupun besar. Dalam pacaran juga bisa terjadi suatu keadaan dimana salah satu pihak merasa dirugikan, atau merasa disakiti oleh pihak lain, seperti dibohongi, dikhianati dengan orang ketiga, dipukul, dimaki-maki, dan lain sebagainya.
Dalam kehidupan pacaran anak muda usia sekolah menengah atas, disakiti baik secara psikis maupun fisik di atas terjadi karena hubungan yang tidak seimbang atau juga kurangnya komunikasi antara dua pihak laki-laki ataupun perempuan. Perasaan disakiti oleh pacar kebanyakan dialami oleh perempuan dan sedikit pula laki-laki yang merasa tersakiti oleh pacarnya. Penyebab kekerasan yang dilakukan oleh laki-laki cenderung akibat rendahnya harga diri laki-laki, sedangkan pada perempuan sebaliknya, yaitu terlalu tinggi harga dirinya.
Anak-anak usia remaja dalam kehidupannya selalu bergaul dengan teman-teman sebayanya dan dalam pergaulan itulah sering terjadi tekanan di dalamnya seperti perasaan ingin pacaran seperti teman lainnya dan lain sebagainya.
Nah, dalam tekanan tersebut bisa terjadi kekerasan dimana salah satu pihak menyakiti pasangannya dengan cara berbohong, di duakan dengan orang lain, atau bahkan dimaki hingga dipukul atau tindakan fisik lainnya saat menghadapi permasalahan. Yang menyebabkan kekerasan seperti di atas biasanya rasa ingin memiliki yang berlebihan sehingga muncul perlakuan yang kasar.
Namun juga dalam masa-masa remaja dimana kemampuan berpikirnya belum matang sehingga perlakuan-perlakuan pada pasangannya tu bertujuan agar diakui oleh teman-temannya, sehingga itu merupakan proses pencarian jati diri yang salah.
Dalam kasus diduakan oleh pasangannya, hal itu terjadi karena salah satu pihak merasa tidak puas dan kurang bersyukur terhadap pasangannya, sehingga mencari sosok yang lebih baik, lebih sempurna. Padahal semuanya pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Dalam hubungan pacaran yang baik dan semoga jauh dari masalah-masalah yang serius dan menyebabkan salah satu pihak merasa tersakiti, kuncinya adalah komunikasi yang baik. Komunikasi bukan hanya sekedar ngomong, tapi komunikasi dengan obrolan yang efektif dan penuh rasa perhatian yang jelas dan spesifik karena dalam pacaran salah satu yang dicari adalah perhatian yang lebih dari pasangannya sehingga menimbulkan rasa kasih sayang.
Selain komunikasi, dalam menjalin hubungan juga harus ada perasaan kerjasama, empati (saling merasakan satu sama lain), dan saling menghormati agar terjadi sebuah hubungan yang komunikatif, baik, dan harmonis. (per)

Liesye Zulfia Rahmah, S.Psi Psikolog. Psikolog GMC Health Center Universitas Gadjah Mada

-----------------------------------------------

IN VOICE

Dyah Ayu Yoanita, XII IA 2, SMAN 6 Jogja
Dulu pernah pacaran pas SMP kurang lebih udah 3 tahun. Nah pas masuk SMA kita pisah karena beda sekolah. Pas beda itu dia jadi beda, ganti no. hp ga bilang-bilang, udah gitu deket ama cewek lain. Langsung aja aku minta penjelasan ke dia gimana maunya, dan keputusannya dia gak mau pacaran dulu, yaudah aku tungguin sampek mau pacaran lagi. Eh, gak taunya dia jadian ama cewek yang dia deketin, hancur deh hatiku. Hiks.. hiks..


Camellus Julio Christie Tamtama, XII Bahasa, SMA Kolese De Britto
Pengalaman dibohongin ama cewekku. Ceritanya dia tu tak ajakin ke open housenya JB, tapi alasannya ada acara ama temennya. Yaudah aku berangkat sendiri, ee gak taunya di acaraku, aku ngeliat dia lagi gandengan ama temenku sendiri. Abis peristiwa itu, 4 hari setelah valentine cewekku tak putusin.


Putri Wahyu S, XII IA 3, SMAN 1 Banguntapan
Pacarku yang dulu beda sekolah. Karena beda sekolah, aku ga bisa tau siapa aja yang jadi temennya. Dugaanku bener, dia punya cewek lagi di sekolahnya. Sakit banget rasanya dan rasa percayaku udah ilang. Walaupun masih sayang, tetep aja aku putusin, cari yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja