Nonton Pasar Malem di JB

[Selasa, 17 November 2009]

Nonton Pasar Malem di JB

NGOMONGIN SMA JeBe (John de Britto) emang nggak ada abisnya. Sekolah yang muridnya cowok semua ini adaaa aja akalnya buat ngehibur diri. Kayak acara Sabtu (14/11) yang digelar di lapangan sepak bola sekolah. Yaitu mereka ngadain acara yang dikasih tajuk Pasar Malem Ning JB. Kali ini bukan untuk ngerayain ulang tahun sekolah, tapi untuk senang-senang. “Ini bukan pensi tahunan, tapi hari senang-senangnya anak JB,” ungkap Gregorius Ragil Wibawanto yang ribet ngurusin keseluruhan acara, secara doski kan koordinator Presidium.
Temen-temen JB juga sempet ganti status secara massal sesuai tagline yang diusung ama acaranya. ‘’Tinggalkan (sejenak) Facebookmu, biar bener-bener ada kesan ‘ninggalin kemodernan’ bentar, dan nyempatin diri buat nengok budaya Indonesia kuno,” terang Abraham Adi menirukan status di facebook.
Konsep acara yang dibikin anak JB emang cukup unik en nggak main-main, cing! PASAR MALEM. Ide muncul dari keinginan temen-temen JB buat ngembaliin konsep awal pasar malem. Pasar malem itu sejatinya adalah acara kuno dimana orang-orang bersyukur atas wahyu yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW pada malem ke 21 Ramadhan. Jadi konsep awal pasar malem adalah syukuran atau pengajian religius. Lalu VOC datang dan memasukkan budaya gipsy (Barat) yang menawarkan judi dan kawan-kawannya itu. Nah.. temen-temen JB pengen ngusung konsep awalnya, supaya temen-temen yang lain tau gimana asal-muasal pasar malem sampai bisa jadi seperti pasar malem yang sekarang ini. Caranya? Caranya dengan mempererat interaksi orang-orang (dalam hal ini pengunjung) dengan dolanan (games) dan dengan iringan musik santai, karena aslinya pasar malem dulu diisi sama hiburan wayang. Jadi untuk musik yang agak dekat dengan wayang, ya kudu musik yang halus.
Soal musik santai dipercayakan pada Mocca sebagai guest star, Risky Summerbee and The Honeythief, en The Monophones. Alasannya, selain band-band itu jarang manggung di pensi anak SMA, musik yang dibawa band-band itu sangat halus dan nunjang suasana Pasar Malem yang beda ama konsep pensi lain. “Ngapain ngundang band yang udah biasa tampil di pensi? Kita bener-bener pengen beda,” kata Vito Adriono yang ribet urusan publikasi.
Pengaplikasian konsep di segi dekorasi juga total banget, jack! Nggak tanggung-tanggung, mereka ampe datengin bianglala yang biasanya nangkring di pasar malem beneran, demi ngebangun suasana pasar malem di lapangan sepak bola JB. “Kita pengen nyulap lapangan sepak bola jadi pasar malem beneran,” jelas Konkordius Nobel yang ngurus dekorasi.
Nggak ketinggalan bomber spot yang digarap anak JB dan beberapa alumni buat meriahin acara dengan gambar-gambar yang temanya JB banget, dipajang dari pintu masuk ampe pinggiran lapangan.
Selain stan jajanan pasar malem semodel martabak, arum manis, dan sate ayam, ada juga stan-stan games menarik yang nggak bakal ditemui di pensi lain. Dan yang jelas.. bener-bener nge-taste pasar malem! Pengunjung cuman butuh ngeluarin duit dua rebu perak buat nikmatin games dan bianglala. Gamesnya lucu-lucu lho. Ada Tutuk Sak Modare (Pukul Sampai Mati), Hajar Kolor, Nujep Manuk, dan lain-lain. Oh iya, ada juga stand ramal kartu tarot yang kesemua aktornya adalah cah JB! Wooo to the hoooo!!
“Biasanya anak-anak yang nunggu guest star tampil ngisi waktu dengan duduk-duduk atau nggak ngobrol dengan temennya, tapi kemarin lain banget. Mereka ngisi waktu dengan main games dan makan jajanan. Pokoknya stand games dan jajanan rata-rata keisi semua!” komentar Bernard Widi, siswa JB kelas XII IS 1.
“Acaranya bagus. Timingnya nggak ngaret. Konsepnya unik banget. Baru sekali ini ada pensi SMA pake bianglala meskipun ngantri buat naiknya panjanggg banget. Hahaha.. gamesnya juga kreatif ada bebeknya. Artisnya keren dan yang paling keren fireworksnya! Overall dahsyat abis meskipun sorenya ujan dan lapangan agak becek!” komentar Anindya Putri dari Padmanaba yang terlihat sangat menikmati acara dari awal sampai akhir.
“Wahhh.. hebat banget! Kebanyakan SMA lain cuman nawarin guest star keren biar tiketnya laris. Tapi JB menyajikan pensi menarik dari segi konsep, dekorasi, dan guest starnya. Ini pensi paling menawan so far. Sukses terus buat JB!” komentar Yohanes Budyambara dari SMA Pangudi Luhur yang datang bersama temen-temennya.
Endingnya, setelah fireworks menggelegar bersemburat di langit, anak JB langsung berlarian mengelilingi lapangan sepak bola sebagai ritual yang menandakan acaranya berjalan lancar dan sukses. Lalu bersama-sama menyanyikan mars JB. They were full of the joys of spring at last Saturday night dan berhasil bikin acara yang berkesan buat kita. Proficiat! (arm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja