Berkendaraan dengan Baik dan Aman (share)

[Senin, 12 Oktober 2009]

Masih Suka Nelpon Sambil Nyetir

SAFETY riding? Setahu aku safety riding itu ketentuan-ketentuan yang benar dan aman kalo kita lagi ngendarai motor. Contohnya pake helm yang ada logo SNI, spion lengkap, nyalain lampu sein, dan masih banyak lagi. Trus aku pernah baca sebuah survey kalo 50% kecelakaan motor disebabkan kesalahan pengendara motor itu sendiri, sisanya ya faktor seperti alam, teknis kendaraan, dan lain-lain. Ngeri ya.
Mungkin itu terjadi karena kondisi para pengendara motor yang kadang suka ngebut-ngebutan, selip sana-sini, dan yang jelas mengabaikan safety riding.
Kalo menurutku, orang yang hobi kebut-kebutan di jalan tuh belum seberapa ngerti what exactly safety riding means. Oups, maksudku selain orang yang bener-bener keburu-buru. Kan banyak anak muda yang entah dengan maksud apa mereka naik motor atau mobil berkecepatan tinggi. Kecuali di highway lho ya. Kalo di highway nyetir dengan kecepatan 25km/jam ya jangan kaget kalo diseruduk kendaraan dari belakang, men! Hehehe..
Nah karena aku lebih sering nyetir mobil ketimbang motor, kayaknya lebih baik ngomongin safety driving deh ya. Hehehe..
So far aku nggak pernah kena tilang. Eh atau belum kena kali ya? Hahaha.. Soalnya aku selalu bawa SIM di dompet, dan STNK di mobil. Jadi soal kelengkapan surat-surat, nggak usah ditanya deh. Pasti lengkap! Ketentuan yang lain kayak pasang safety belt, posisi duduk yang benar, dan spion yang benar juga udah diperhatikan kok.
Tapi jangan kira aku udah ngerasa jadi pengendara yang baik ya. Kebiasaanku di mobil yang masuk kategori ‘membahayakan’ adalah... SUKA NELPON PAS NYETIR! Pernah gitu hampir nabrak gara-gara agak meleng pas nelpon. Setelah kejadian itu, aku ngangkat telpon kalo emang urgent banget, kalo nggak penting mending ngangkat pas nyampe tujuan aja. Oh iya, kalo urgent pun harus ngangkat telpon dengan ngurangin kecepatan. Remember that or you’ll crash them, Ananda Mikola! Hahaha..
Jangan dikira aku orang yang suka ngebut di jalan ya. Jangan samain gaya nyetir aku kalo di jalan biasa sama di sirkuit. Kalo di sirkuit mah kudu ngebut biar menang. Lagian aku suka balap bukan gara-gara ngebutnya, tapi karena situasi panik dan behind the scene-nya. Beda banget sama di jalan raya biasa dengan lubang, polisi tidur, lampu merah, motor yang main selip, dan lain-lain.
Last, aku pengen ngingetin ke temen-temen semua kalo kita kudu punya tatakrama kalo di jalan. Kita mulai dari diri sendiri dulu dengan nggak ugal-ugalan dijalan, taatin peraturan, dan nerapin safety riding or driving. Buktikan kalo kita bisa ‘sopan’ di jalan dan nyalurin ‘kesopanan’ kita kepada para pengendara dan pengguna jalan yang lain. Deal with it and you’ll ride safely. Ingat, safety first! (arm)

Ananda Mikola – Pembalap A1 Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Download MP3 Movie | DBL Radar Jogja